Minggu, 22 Januari 2023

Solusi Sehat dan Cantik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Kulit Terawat Anak Sehat


Halo Moms, bagaimana khabarnya? Kondisi saat ini , cuaca yang tidak menentu, bikin  kita dan keluarga selalu waspada yah.  Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan selalu, aamiin.


Momen hamil dan menyusui pasti sudah dialami oleh Moms bukan?  Setiap pasangan yang sudah menikah dan berkeluarga pasti ingin merasakan momen ini.


Begitu inginnya seorang ibu memberikan yang terbaik untuk buah hati, tentunya agar sehat selalu, terkadang malah abai dengan kecantikan diri sendiri.  Banyak ibu hamil dan menyusui yang menyetop perawatan kulitnya. Padahal tadinya mereka rutin memakai skincare.  Termasuk aku juga nih.


Menurut Dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, FIHA Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, bahwa kehamilan merupakan suatu anugerah bagi perempuan, dimana salam kondisi hamil terjadi berbagai perubahan, mulai dari perubahan suasana hati, perubahan kebiasaan, bahkan sampai perubahan sikap serta perubahan fisik termasuk perubahan pada kulit.  Hal ini wajar terjadi karena saat hamil terjadi banyak perubahan secara fisiologi dalam tubuh.


Salah satunya adalah perubahan kulit yang lebih sehat saat hamil sehingga perempuan hamil merasa lebih cantik karena kulitnya menjadi lebih sehat, berseri, cerah, dan kenyal.  Perubahan ini biasa disebut dengan pregnancy glow.  Namun, ada pula perempuan hamil yang mengalami perubahan ke arah negatif karena terjadinya peningkatan produksi minyak pada kulit sehingga jerawat lebih rentan muncul.


Demikian pula pada masa pasca-persalinan dan masa menyusui, kulit dapat mengalami gangguan, seperti hiperpigmentasi pada lipatan kulit, infeksi jamur, linea nigra, stretch marks, gangguan mata panda, dan lain-lain.


Begitu inginnya seorang ibu memberikan yang terbaik untuk buah hati, tentunya agar sehat selalu, terkadang malah abai dengan kecantikan diri sendiri.  Banyak ibu hamil dan menyusui yang menyetop perawatan kulitnya. Padahal tadinya mereka rutin memakai skincare.  Termasuk aku juga nih


Saat si Kecil Almira hadir ke dunia ini, merupakan anugerah yang tak ternilai, setelah belasan tahun masih diberikan kesempatan untuk merawat baby lagi.  Namun dengan riwayat kelahirannya yang prematur dan dengan penyakit yang dideritanya, hingga saat ini usia Baby Almira  22 bulan, kulitnya masih sensitif.  Apalagi ditambah dengan alergi susu sapi,  akan muncul gatal dan merah di seluruh tubuhnya.   Misal pakai minyak telon aja udah merah-merah gitu kulitnya. Bingung dan khawatir pasti dong.  Banyaknya mitos-mitos yang berkembang seputar kesehatan bayi bikin aku makin bingung.  Solusi Sehat dan Cantik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Kulit Terawat Anak Sehat sangatlah diperlukan. 

Book Launch & TalkShow Serial " Solusi Sehat dan cantik "

Alhamdulillah, bersyukur  pada Sabtu, 14 January 2023 lalu bertempat di Soehana Hall, The Energy Building SCBD, Jakarta  bersama Momblogger Community, turut hadir dalam 

Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat Dan Cantik”

Dengan Speakers :

    1. dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV (Penulis Buku)

    2. dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS

    3. Caca Tengker (Moms Influencer)

MC : Jean Girsang, S.Psi

 

Book Launch serial #solusisehatdancantik berjudul :

1. Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik

2. Kulit Terawat Anak Sehat


Kupas Tuntas Seputar Kesehatan Kulit & Kelamin Ibu dan Anak, Dokter Klinik Utama Sakti Medika Tebet Luncurkan Buku Serial “Solusi Sehat dan Cantik”


Ilmu Kesehatan Kulit & kelamin sangat luas dan terus berkembang sesuai waktu. Namun, masih banyak gaya hidup yang kurang tepat pada masyarakat serta berkembangnya berbagai mitos yang dibawa secara turun–temurun yang tidak sesuai dengan faktanya, sehingga dapat menimbulkan masalah atau gangguan pada kulit dan kelamin. Alangkah baiknya apabila semua itu dapat dituangkan dalam bentuk tulisan agar siapa pun dapat membaca, mengakses informasi yang tepat, tidak terbatas ruang dan waktu, dan menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari.


Melihat urgensi dari isu tersebut, dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, seorang dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang sudah mengabdi di dunia Kesehatan Kulit & Kelamin selama lebih dari 26 tahun ini tergerak untuk mengedukasi masyarakat dengan menulis dua buku berjudul ‘Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik’ dan ‘Kulit Terawat Anak Sehat’.

dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV

Dokter yang aktif berpraktik di Klinik Utama Sakti Medika Tebet ini meluncurkan kedua buku karyanya yang merupakan bagian dari empat buku Serial Solusi Sehat dan Cantik 


“Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu, bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin, bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit.” ungkap dr. Tina, dokter spesialis kulit dan kelamin yang ketika ditanya mengenai tujuannya membuat buku ini.


Proses penulisan buku dimulai pada tahun 2020.  Saat pandemi melanda Indonesia, dr. Tina memiliki lebih banyak waktu untuk menulis sehingga mulai mengumpulkan tinjauan pustaka, journal, textbook dan juga tulisan beliau sebelumnya.  Karena ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin sangat luas dan masalah/ gangguan yang timbul berbeda di tiap kelompok usia, dr. Tina berencana membuat buku serial yang terdiri dari 4 buah buku, yaitu buku untuk Ibu Hamil & Menyusui, Bayi & Anak, Remaja serta Dewasa.  


Dalam penulisannya, dr. Tina dibantu oleh penulis pendamping, tim desain sampul dan tata letak, pengulas desain, model serta pihak–pihak yang ikut berkontribusi dalam pembuatan buku ini, dua buku pertama selesai tuntas di tahun 2022 dan diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara.


“Saya mendapatkan inspirasi dari kedua orang tua saya,. Alm. Papa saya yang seorang dosen di Fakultas Sastra Indonesia dan seorang penulis, beliau juga membuat buku ajar yang digunakan di lingkungan mahasiswa di pusat pendidikan. Almh. Ibu saya adalah seorang guru, beliau juga menjadi inspirasi bahwa dengan mengajar dan menulis ilmu yang kita miliki akan semakin bertambah, begitu pun bagi yang membaca karya tulis kita. Dosen saya selama pendidikan kedokteran juga menginspirasi bagaimana menulis dengan cara dan ejaan yang benar. Mereka merupakan tauladan bagi saya dalam penulisan buku serial ini.” lanjut dr. Tina.


Alhamdulillah seneng banget bisa hadir di Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat Dan Cantik” yang sangat menginspirasi.  Buku yang dibuat oleh dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K) ini sangat bermanfaat banget buat kita sebagai seorang ibu.  Berbagai problem dan juga solusi untuk kita sebagai Ibu agar tetap Sehat dan Cantik dalam merawat diri dan juga anak kita walau memiliki segudang aktifitas, dijelaskan secara tuntas.


Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat Dan Cantik”

Selain itu acaranya juga diisi oleh talkshow dengan dr. Tiwi SpA & Caca Tengker sebagai narasumbernya. Pangalaman dia menjadi seorang wanita sekaligus ibu menjadi insiprasiku juga agar lebih Self Love.  Dengan aku yang mempunyai anak yang kulitnya sensitif dan juga masih menyusui jadi banyak dapat ilmu baru juga tentang  tips perawatan kulit.


Solusi Sehat dan Cantik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Kulit Terawat Anak Sehat


Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat Dan Cantik”

Buku-buku karya dr. Tina, dokter spesialis kulit dan kelamin, memiliki berbagai keunggulan yang membedakannya dengan buku sejenis di pasaran.  Buku serial Kesehatan Kulit & Kelamin ini dibuat dr. Tina berdasarkan kelompok usia sehingga tiap buku dapat menjelaskan secara terperinci mengenai kondisi kulit dalam keadaan normal/ fisiologis maupun bagaimana kondisi penyakit/ patologis sesuai kelompok usia serta menyajikan kiat-kiat melakukan penanganan sehari-hari sehingga dapat mencegah sebelum timbulnya gangguan.


Menggunakan Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti, buku seri buatan dr. Tina juga mengulas mitos dan fakta seputar Kesehatan Kulit & Kelamin agar dapat memberikan wawasan secara lebih mendalam. 


Bagian akhir buku dilengkapi dengan lampiran kamus istilah untuk memudahkan para pembaca memahami istilah-istilah kedokteran yang digunakan. 


Buku: Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik


Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat Dan Cantik”


Merupakan buku pertama dari serial buku #solusisehatdancantik yang merupakan rangkaian buku pengetahuan mengenai kesehatan kulit dan kelamin dari sejak bayi dilahirkan sampai dengan usia dewasa.


Buku karya dr. Tina, dokter spesialis kulit dan kelamin ini : 

 - Edukatif dan mudah dimengerti,  "Sebagai perempuan, saya sangat kagum saat membaca buku yang berjudul Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik ini.  Ada berbagai tips yang mudah dilakukan dan dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Buku ini dikemas dengan sangat edukatif dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Dengan membaca buku ini, saya percaya akan sangat membantu bagi ibu- ibu yang ingin tetap terlihat cantik dan mempunyai kulit sehat dalam masa kehamilan, pasca-melahirkan, maupun masa menyusui.

Ungkap Dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, FIHA Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta."


- Memberi pengetahuan lengkap, seperti yang diungkapkan oleh dr. Teguh Haryono Karyadi, SpPD, KAI ( Direktur Medis dan Operasional Klinik Utama Sakti Medika, Staf Pengajar Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Jakarta), Buku ini ditulis untuk menjadi rujukan apa yang sebenarnya terjadi pada seorang perempuan yang sedang mengandung dan menyusui. Berbagai perubahan bentuk tubuh, emosi, dan juga sistem organ tubuh akibat kehamilan akan dapat menyebabkan perubahan penampilan pada seorang perempuan.


- Informatif dan Menarik, berisikan pandangan serta pemikiran dari penulis yang merupakan ahli di bidangnya, dikorelasikan juga dengan pustaka ilmiah ter-update.  Buku ilmiah populer yang membahas tentang ibu hamil dan menyusui sangat dibutuhkan karena masih belum banyak ditulis.  Buku ini mudah dibawa dan disampaikan dengan bahasa awam yang mudah dimengerti. Tidak dapat dimungkiri apabila pasien bertemu dengan dokter untuk periksa kehamilan mungkin dokter tidak dapat menjelaskan secara lengkap dan detail terkait keterbatasan waktu kunjungan, oleh karena itu diperlukan tambahan informasi, baik dari buku maupun media sosial serta e-learning. Buku ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui karena di buku ini dibahas lengkap mengenai permasalahan yang dapat terjadi selama kehamilan ( Dr. dr. Junita Indarti, SpOG(K) - Staf Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM Jakarta Dokter praktik di RSCM Kencana, RSIA Brawijaya Duren Tiga, dan RSU Hermina Ciledug).


- Ibu hamil dan menyusui bisa tetap rawat kulit. 

"Setelah membaca buku ini, saya baru paham bahwa ibu hamil dan menyusui tetap dapat melakukan perawatan untuk menjaga kulitnya tetap sehat dan glowing dengan menggunakan krim perawatan yang tepat dan tentunya harus sesuai anjuran dokter" 


Pada buku ini dibahas mengenai fakta dan mitos yang sering kita dengar seputar kehamilan dan menyusui. Diterangkan juga kiat-kiat bagaimana cara perawatan rambut, kulit wajah dan tubuh, dan memilih secara tepat produk-produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui agar bayi dalam kandungan tetap sehat dan moms tetap tampil cantik dan menawan, ujar 

Marini Zumarnis (Selebriti & Womanpreneur )


Buku: Kulit Terawat Anak Sehat


Book Launch & Talkshow Serial “Solusi Sehat Dan Cantik”


Merupakan buku kedua dari Serial  #solusisehatdancantik yang merupakan rangkaian buku pengetahuan mengenai kesehatan kulit dan kelamin dari sejak bayi dilahirkan sampai dengan usia dewasa.


- Pembahasan Jelas, Berurutan, dan Sistematis


Seperti yang diungkapy oleh Dr. Teguh Haryono Karyadi, SpPD, KAI (Direktur Medis & Operasional Klinik Sakti Medika, Staf Pengajar Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Jakarta),  bahwa buku ini ditulis dalam bahasa awam yang banyak menerjemahkan istilah kedokteran dalam bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti oleh masyarakat. Tulisan mengenai kulit dalam buku ini berisikan bagaimana perkembangan kulit sejak dalam kandungan dan setelah bayi dilahirkan. Berbagai kelainan yang ada dimulai dari waktu pembentukan dalam kandungan sampai kulit anak kontak dengan dunia luar, dibahas dalam buku ini. 


- Informasi Berguna, Membuat Orang Tua Lebih Santai Merawat Anak

dr. Tiwi, SpA, MARS (RSIA Bunda Menteng Jakarta, Pendiri www.klinikdrtiwi.com),  sebagai Dokter Spesialis Anak (SpA) yang telah cukup lama berpraktik, kategori pertanyaan yang kerap diajukan oleh orang tua di kamar praktik adalah kondisi kesehatan kulit, terutama pada bayi yang baru lahir. "Mengapa, kok, kulit bayi saya merah-merah, ya Dok?" atau, "Mengapa kulitnya kering dan mengelupas?" Pertanyaan bahkan tidak jarang disertai hipotesis dini, "Sepertinya, bayi saya alergi, ya Dok?"

Saya sangat memahami kecemasan ini. Bagi kami para dokter anak, bayi adalah anugerah Surga yang dinanti sehingga harus dijaga hati-hati.   Namun, orang tua sebaiknya jangan terlalu cemas menghadapi berbagai gejala yang dialami Tidak semua perubahan adalah masalah.


Dasar pemikiran inilah yang membuat dr. Tiwi sangat bahagia ketika membaca buku karya dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), untuk pertama kali.  Buku yang dibuat dengan bahasa lugas dan gambar yang informatif ini akan membantu orang tua dalam merawat kulit anak.  Memahami kondisi yang normal, dan sebaliknya mengantisipasi masalah serius.


Buku ini sangat bermanfaat karena memberi informasi yang "mengenyangkan" orang tua sehingga menjadi lebih santai untuk menikmati masa perawatan si kecil anugerah Surga


- Edukatif dan mudah dimengerti 

dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS

( Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta)


Buku bagi masyarakat awam dengan judul Kulit Terawat Anak Sehat dikemas sangat edukatif dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Buku ini mempermudah para orang tua untuk memberikan pertolongan sedini mungkin jika terjadi kelainan kulit pada bayi atau anak, serta dapat memberikan nasihat dan pengertian kepada anak mereka tentang bagaimana menerapkan kebiasaan baru agar anak-anak kita bisa hidup sehat dan kuat.


- Buku Ini Wajib Dimiliki!

Maudy Koesnaedi

(Selebritas, ibu seorang putra)

"Saya punya pengalaman pada anak saya ketika masih kecil. Awalnya timbul reaksi alergi yang hilang timbul pada wajah dan badannya. Alhamdulillah semakin dewasa kondisi kulitnya semakin membaik"


Buku ini sangat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar problem kulit pada bayi dan anak yang sering dihadapi sehari-hari, dan membantu ibu memberikan info apa yang perlu dilakukan. 


-  Informasi Lengkap, Pembaca Dapat Belajar Mandiri

Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K)

( Praktisi dan Pengajar Ilmu Kesehatan Anak )

" Buku Kulit Terawat Anak Sehat yang ditulis oleh dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV. berisi pengetahuan mengenai kesehatan kulit anak sejak bayi baru lahir sampai anak usia sekolah. Di dalamnya terdapat penjelasan untuk mengenali kulit bayi dan anak yang sehat beserta tips cara perawatannya, mulai dari memandikan bayi, spa bayi, kosmetik buat bayi, sampai nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit.  Pelbagai kelainan kulit yang umum ditemukan, baik fisiologis maupun patologis, diuraikan disertai gambar yang jelas. Hal ini memudahkan pembaca untuk mengenali kelainan yang dimaksud, mulai dari biang keringat, kerak kepala, ruam popok, sampai dengan cacar monyet. Penulis pun menambahkan tata laksana dari setiap kelainan tersebut, termasuk rujukan multidisipliner. "


Setelah aku membaca kedua buku dari dr. Tina, dokter spesialis kulit dan kelamin ini, aku jadi gak khawatir lagi untuk tampil cantik dengan menggunakan skincare, juga agak bingung lagi untuk  perawatan kulit Baby Almira.  Aman deh karena udah tahu kiat dan tipsnya. Beneran kedua buku ini jadi Solusi Sehat dan Cantik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Kulit Terawat Anak Sehat buatku. 


Owh Iyah Moms, bagi kalian yang ingin memiliki kedua buku  karya dr. Tina ini, dapat dibeli melalui beberapa jaringan toko buku di Indonesia yaitu Gerai.kompas.id, www.gramedia.com, Tokopedia Harian Kompas, Shopee Harian Kompas, Toko Buku Gramedia, dan Klinik Utama Sakti Medika.


Untuk buku ‘Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik’ dibandrol dengan harga Rp189.000,00 sementara buku ‘Kulit Terawat Anak Sehat’ seharga Rp159.000,00.  Cukup terjangkau yah Moms untuk kita kaum Ibu.  Karena selain banyak kiat dan info yang bermanfaat, buku ini juga dikemas sangat menarik untuk dibaca.


Selamat membaca ya Moms ☺️

8 komentar:

hendro mengatakan...

Buku yang bagus nih..buat ibu dan calon ibu...

Mugniar mengatakan...

Penting nih buku seperti ini buat para calon ibu supaya aware dengan perawatan diri. Dengan demikian bisa lebih percaya diri dan bahagia. Keren.

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Perempuan selalu ingin cantik dalam keadaan apapun. Seneng banget ya sekarang semakin banyak produk untuk ibu hamil dan menyusui. Juga ada buku yang memberikan pengetahuan agar para ibu peduli untuk merawat diri

Erin Herlina mengatakan...

Walau sedang hamil dan menyusui, ibu memang harus merawat diri, ya. Dan buku ini wajib nih dimiliki bu-Ibu hamil, menyusui, dan yang gak hamil juga. Karena, banyak edukasinya dari ahlinya langsung.

Maya Rumi mengatakan...

mba aku juga hadir disini, acaranya wuah bgt deh dan bukunya juga sangat2 relate dg kondisi bumil & busui yg kebanyakan malas tampil cantik ataupun para ibu lain yang skrg tengah mendampingi anak-anak usia balita yang kerap kali bermasalah dengan kulit, must to buy bukunya gak cuma untuk diri sendiri tapi juga bisa jadi kado

Diah Alsa mengatakan...

Jadi ingat waktu hamil anak ketiga, eksim saya kambuh bahkan sampai harus ke dokter kulit juga karena udah gak tahan lagi, Alhamdulilah ditangani dengan baik. Eehyaa anak ketiga ini sensitif banget kulitnya.
Sure, wajib baca dan punya buku ini juga. Belinya via online bisa kan ya ini?

Fenni Bungsu mengatakan...

Senang kalau seorang dokter sharing melalui buku, karena banyak orang yang akan mendapatkan insight positifnya langsung dari pakarnya

www.kisahsejati.com mengatakan...

Jadi ingat, dulu lagi aku hamil anak pertama tahun 1997 Rachel informasi mengenai kehamilan dan menyusui sulit didapat. Banyakkan aku tanya-tanya sama orangtua dan mereka yang sudah berpengalaman. Tetapi ibu sekarang enak sekali sudah ada buku yang bisa memandu dan menambah wawasan seperti buku ini. Wajib dibaca ya bumil...

Salam: Dennise Sihombing