Senin, 02 Januari 2023

Momen Bonding Bermakna dengan Si Kecil Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Anak

                 


Halo Bunda,

Bagaimana khabarnya dan Si Kecil? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat yah aamiin.  Alhamdulilah seperti aku dan Baby Almira nih, kami lagi asik bermain.  Baby Almira sekarang udah 21 bulan lho, dan pastinya aku selalu menemaninya dan tidak melewatkan momen bonding ini dalam setiap pertumbuhannya.  Dan dari beberapa artikel yang pernah kubaca bahwa bonding dengan anak dapat dimulai sejak ia lahir dan diperkuat seiring berjalannya waktu.  Aku juga menyadarinya, untuk itu aku selalu berusaha untuk terus dekat dengan si Kecil, karena Momen Bonding Bermakna dengan Si Kecil Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Anak.  Owh iya Bun, ada banyak cara untuk menjalin bonding dengan si kecil.  Misalnya saja dengan memandikan, memijat, memeluk, atau bahkan sekadar menemaninya bermain.

Menghabiskan waktu bersama Si Kecil menunjukkan bahwa dirinya dicintai dan akhirnya meningkatkan kepercayaan diri anak.  Ikatan yang kuat antara orang tua dan anak juga dapat membuat Si Kecil membangun identitas positif

Meningkatkan bonding dengan anak merupakan hadiah terindah yang bisa aku berikan untuk Baby Almira.   Aku selalu berusaha memberikan perhatian yang positif kepada Si Kecil agar ia tahu betapa dirinya sangat berharga.   Aku meningkatkan bonding dengan cara yang  simpel,  sering tersenyum kepada Baby Almira,  mengucapkan kalimat penyemangat, dan tentunya bermain bersamanya.

Momen Bonding Bermakna dengan Si Kecil Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Anak 

Dalam memilih produk untuk perawatan Baby Almira, aku memilih Zwitsal.  Bunda udah pada tahu kan brand Zwitsal? Sejak dulu, produk-produk Zwitsal yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi dengan wangi lembut khas Zwitsal, telah dipercaya menemani momen-momen bonding antara orangtua dan anak melalui sentuhan.  Baik saat memandikan, memijat, atau mengusap. 

                

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna via daring

Memperingati 50 tahun kehadirannya di Indonesia sekaligus merayakan Hari Ibu, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orang tua menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan.  Kampanye ini diawali dengan gelaran Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang menghadirkan ragam inspirasi dan aktivitas agar orang tua memahami manfaat serta cara menciptakan momen bonding dengan Si Kecil. 

Tentunya aku pun tidak ingin terlewatkan acara ini, banyak hal bermanfaat yang bisa kudapatkan.  Aku bisa semakin meningkatkan bonding dengan Si Kecil Almira.

                  

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna

Keren banget lho!  Karena peluncuran kampanye #MomenBondingBermakna melibatkan kehadiran 1.000 orang ibu secara langsung maupun via daring melalui serangkaian aktivitas yang menginspirasi.

Mahnessa Siregar (Nessa), Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia, menyampaikan,“Selama 50 tahun, Zwitsal dengan kelembutan dan keharumannya yang ikonik telah menemani keceriaan perjalanan ibu bersama Si Kecil melalui rangkaian produk berkualitas"

"Tidak hanya itu, Zwitsal juga ingin terus mendampingi orang tua, khususnya new parents, dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan peran baru mereka, terlebih di era modern seperti sekarang yang semakin tak terpisahkan dari media sosial,” jelasnya dalam Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna di Mall fX, Sudirman, Jakarta, pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2022 lalu.

                 

Mahnessa Siregar, Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia

Studi Priory Group memperlihatkan 40% dari 1.000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di media sosial telah memicu kecemasan mereka. Di tengah fenomena ini, tekanan sebagai orang tua ternyata lebih banyak dirasakan oleh para ibu.

Menurut studi Cornell University, para ibu merasa lebih stres menjalani peran sebagai orang tua dibanding ayah, salah satunya karena selalu ingin menyesuaikan image mereka dengan konsep “ibu yang baik”.

Sedangkan berdasarkan studi lain dari BabyCenter menunjukkan bahwa 80% ibu milenial merasakan tekanan dari sekitar mereka untuk menjadi ibu yang sempurna.

Samanta Elsener, M.Psi, psikolog anak dan keluarga, menjelaskan bahwa keinginan untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi.  

                 

Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog anak dan keluarga 

Selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai ibu, hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu millennials dan Gen-Z di Indonesia.

Lebih lanjut Samanta menjelaskan bahwa untuk menyikapi hal tersebut, penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebetulnya, hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna.  

Ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti :

  • Membuat anak selalu merasa aman dan tenang.
  • Lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru.
  • Membentuk rasa percaya pada orang lain.
  • Memiliki self-awareness yang baik.
  • Merasa dirinya berharga.
  • Mampu berempati pada orang lain.

Bersyukur akupun menyadari hal ini sehingga aku pun berusaha untuk bisa selalu bisa mendampingi si kecil dalam setiap pertumbuhannya dengan menciptakan momen bonding bermakna seperti yang dilakukan bersama Zwitsal ini.

Dalam kesempatan selanjutnya, Nikita Willy, Brand Ambassador Zwitsal, ikut berbagi, “Aku sangat mengerti tekanan yang sering ditemui oleh new parents sepertiku dan suami."

                

Nikita Willy dan suami

"Di saat kita sendiri masih banyak belajar menjadi orang tua, terkadang komentar dari lingkungan sekitar ataupun media sosial membuat kita merasa cemas sampai gemas sendiri, ya!" katanya.

"Tapi aku selalu percaya bahwa aku dan suamilah yang paling tau apa yang terbaik untuk Issa, dan yang paling penting adalah bagaimana kami bertiga selalu punya waktu untuk membangun attachment secara fisik ataupun emosional," tutur Nikita.

                

Baby spa Baby Issa bersama Zwitsal 

 "Misalnya, saat memandikan Issa, momen ini jadi kesempatan buatku dan suami untuk menyentuh Issa dengan lembut dan berkomunikasi sambil bercanda," ucapnya.

"Melalui momen-momen seperti ini, aku harap Issa percaya bahwa aku dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti,” terangnya.

#MomenBondingBermakna Si Kecil bersama Zwitsal

Menanggapi kebutuhan para orang tua dalam menciptakan momen bonding dengan Si Kecil, Zwitsal percaya bahwa setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk melakukannya, dan di saat itulah bonding yang bermakna dapat terjalin.

"Oleh karenanya, melalui kampanye #MomenBondingBermakna, Zwitsal memfasilitasi para orang tua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi," kata Nessa.

                

Salah satu cuplikan dari video Zwitsal 

Salah satunya video tentang 3 sosok orang tua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka. Diharapkan tayangan ini mampu menggugah para orang tua agar terus mengekplorasi cara dan kesempatan untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga mereka. 

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna

Zwitsal mempersembahkan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna bertempat di Mall fX, Sudirman, Jakarta dan salah satu highlight dari festival ini adalah kelas Baby Spa sebagai salah satu cara untuk menciptakan momen bonding bermakna.  Ditemani rangkaian produk Zwitsal, kegiatan yang melibatkan 1.000 ibu secara offline maupun online ini mampu membantu menstimulasi sejumlah indera Si Kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensianya.  Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi the Asian parent – selaku mitra penyelenggara festival.

                 

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna
                 
Rekor 1000 peserta Baby spa bersama Zwitsal 

Selain itu, di festival ini Zwitsal juga mempersembahkan rangkaian diskusi interaktif bersama sederetan pakar untuk menginspirasi orang tua akan pentingnya menciptakan momen bonding bermakna, terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan yang krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.“Ke depannya, kampanye #MomenBondingBermakna akan terus hadir melalui rangkaian signature activities dari Zwitsal seperti kelas-kelas Baby Spa dan talkshow 1.000 HPK Zwitsal dengan para ahli dan praktisi kesehatan yang diadakan secara berkala," jelas Nessa. 

Harapannya, kampanye ini dapat mengedukasi lebih banyak orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama Si Kecil, tentunya ditemani kelembutan dan keharuman Zwitsal,” tutup Nessa.

Zwitsal menghadirkan formula baru Zwitsal Baby Bath Hair & Body dan Zwitsal Minyak Telon

Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman."Hal ini sejalan dengan brand purpose Zwitsal: menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding yang bermakna melalui skin to skin contact antara orang tua dan anak.

                  

Zwitsal Baby Bath Hair & Body dan Zwitsal Minyak Telon

Oleh karena itu, menurut Nessa, Zwitsal menghadirkan formula baru Zwitsal Baby Bath Hair & Body yang mengandung 4x Prebiotic Moisturizer yang melembabkan kulit bayi sehingga tetap lembut dan sehat.  Dilengkapi keharuman lembut khas Zwitsal, inovasi ini membuat momen mandi menjadi momen bonding yang bermakna.

Ada pula Zwitsal Minyak Telon yang memberikan kehangatan dan kelembutan pada Si Kecil di setiap usapan dan pijatan, untuk menemani momen bonding bermakna dengan Si Kecil sebelum ia tidur.

Alhamdulilah setelah festival ini, aku semakin yakin untuk meningkatkan Momen Bonding Bermakna dengan Si Kecil Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Anak.  Karena memang sangat bermanfaat dan bisa dirasakan langsung antara aku dan Si Kecil Almira.  Bersama Zwitsal, dengan keharuman lembut khasnya, membuat setiap momen bersama si Kecil Almira menjadi momen bonding yang bermakna.

                

#MomenBondingBermakna si Kecil bersama Zwitsal 

Terimakasih Zwitsal, sudah memfasilitasi dan menginspirasi kebutuhan orangtua seperti aku untuk membangun momen bonding yang seru dan menyenangkan dengan si kecil lewat kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan setiap saat.  Juga melalui #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orang tua menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan.            

Bagaimana, Bun, sudah dapat inspirasi momen bonding dengan si kecil? Semoga Bunda selalu bisa menciptakan momen-momen menyenangkan bersama si kecil di rumah dan di mana pun, ya!

34 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Favorit banget deh zwitsal dari dulu kualitas nomor 1 pokoknya

hendro mengatakan...

Moment yang tak bisa tergantung saat bersama sikecil, ditemani zwitsal yang aroma bayi nya khas banged...jadi lengkap dah.

Nia mengatakan...

Zwitsal emang andalan keluarga

dessy achieriny mengatakan...

Kalau aku moment bonding masak2an bareng dan belajar main lulur2an sama anak. Ahaha. Seru dan mengasikkan sekaligus mendekatkan.

Bayu Fitri mengatakan...

Moment bonding sama anak ini sebentar ya waktunya tau2 udah gede aja tuh anak hehehe sehat selalu ya buat ananda nya

YSalma mengatakan...

Momen bonging bareng anak yang kudu dimaksimalkan, karena waktunya tak dapat diulang dan sebentar banget. Keren idenya zwitsal yang produknya menemani momen2 istimewa tersebut.

Maria G Soemitro mengatakan...

wah Zwitsal, babycare favorit saya nih

walau anak2 udah besar, saya tetep pakai baby oil dan baby colognenya

karena cocok dan harumnya bikin nyaman

Annie Nugraha mengatakan...

MOMPETITION. Duh ini benar banget. Terkadang tanpa sadar kita sering membanding-bandingkan diri dan pencapaian dengan orang lain yang menurut mata kita lebih berkualitas dan lebih sukses. Padahal skala ukur kemampuan dari kita berbeda-beda.

Bagus banget nih acaranya ZWITSAL. Acaranya sangat konseptual dan bisa membuka mata para orangtua tentang artinya bonding, kebersamaan yang berkualitas dengan anak-anak. Gak heran sih karena memang ZWITSAL adalah salah satu produk premium yang sangat disegani. Jenama yang sudah 50an tahun dan terkenal dengan kualitasnya.

Cindi mengatakan...

Setuju Mba, orangtua adalah orang yang paling tahu dan mengerti apa-apa yang dibutuhkan anak. Keren ya Zwitsal bisa menginisiasi acara seru seperti ini, sekaligus bisa menyemangati para orangtua untuk selalu membangun bonding terbaik dengan anak..

Suci mengatakan...

Bonding dgn abak mmg harusnya dilakukan sedari kecil ya. udh keburu besar biasanya susah membuka hatinya.
swtzal pavorit emak2 nih, wanginya lembut

Ila Rizky mengatakan...

Wow keren mba. Banyak ortu yang ikutan yah. Jadi para ortu bisa ikutan menstimulasi dan mendorong perkembangan otak dan intelegensia anak2nya ya

Adi mengatakan...

Mantab abis! Memang khususnya untui era sekarang bonding antar buah hati dan parents sangat penting. Keren dan salut untuk Zwitsal.

Yuni Bint Saniro mengatakan...

Aku setuju dengan pernyataan Nikita Willy. Kadang komentar dari sekitar tentang parenting yang dilakukan pada anak tuh bikin kita kepikiran.

Tapi kenyataannya yang paham tentang anak itu ya orang tuanya. Apa yang dibutuhkan anak ya orang tuanya.

Makanya, kadang cuek dengan pendapat orang lain itu perlu. Demi kewarasan emak dalam menemani buah hati.

Fenni Bungsu mengatakan...

Orangtua jaman now jadi makin asik dalam merawat dan mengasuh anak ya, karena banyak ilmu parentinng yang dapat dipelajari serta trik dalam menciptakan bonding dengan anak.

Irawati Hamid mengatakan...

Huhuhu saya nih masih sering membandingkan diri sendiri dengan ibu lain. Selalu merasa ada aja kekurangan dalam merawat anak-anakku.

Bonding dengan anak ini memang harus dibentuk sejak dini yaa, karena akan sangat bermanfaat bukan cuman untuk anaknya tapi juga untuk orang tuanya

lendyagassi mengatakan...

Seneng banget membaca Momen Bonding Bermakna bersama Zwitsal.
Rasanya memang orangtua sekarang bisa memanfaatkan sosial media untuk belajar sekaligus untuk membandingkan. Huhu, semoga engga ya... Semoga kita bisa memberikan yang terbaik versi kebutuhan anak kita masing-masing.

Nanik nara mengatakan...

Baby Almira udah mau 2 tahun ya, makin pinter dan lincah pastinya ya. Apalagi bundanya juga selalu kasih perhatian, meluangkan waktu juga untuk membangun bonding dengannya.

Tanti Amelia mengatakan...

Penasaran dengan video 3 sosok orang tua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka. Bonding moment inipenting banget ya mbak

Wahid Priyono mengatakan...

Selalu pakai Zwitsal untuk si kecil karena harumnya itu bikin tenang bayi...

Diah Alsa mengatakan...

Momen bonding itu memang perlu banget, inilah yang akan dikenang oleh anak dan tentunya kita juga sebagai orang tua dong ya, kalau saya biasanya momen bonding itu saat sebelum tidur, bacakan buku anak-anak.
Zwitsal ini udah jadi andalan parents banget ya, wanginya khas banget, lembut dan bikin anak jadi tenang :)

nurfitri wardani mengatakan...

Sebisa mungkin selalu menghadirkan bonding bersama kedua anakku. Kayak main Lego bersama, mewarnai, main tebak-tebakan, dan lain- lain. Apalagi yang sulung, udah tambah gede aja.
Buat acara Zwitsalnya, keren banget. Pengen bisa ikutan. Ayo dong bikin event di Medan.

Indrifairy mengatakan...

happy banget bisa ikutan acara menarik ini, bisa menambah ilmu seputar pengasuhan anak dan produk bayi yang tepat untuk si kecil

Andiyani Achmad mengatakan...

bonding bersama anak adalah momen membahagiakan bagi setiap orangtua khususnya seorang ibu ya

Keke Naima mengatakan...

Bonding memang harus terus dijalin. Biasanya ketika anak-anak sudah besar dan masih bisa dekat dengan orangtua. Itu karena momen bonding yang selalu terjalin dengan baik sejak masih anak

Fenni Bungsu mengatakan...

Nah bener nih kak Nanik..
Peran bundanya Almira nih jadinya si dede cantik makin cerdas. Makanya bonding itu sangat besar manfaatnya ya

lendyagassi mengatakan...

Dengan adanya momen bermakna ini menjadi penguat bagi sesama Ibu agar terus memberikan waktu terbaiknya untuk membersamai anak. Apalagi sentuhannya menggunakan produk Zwitsal yang wanginya bikin happy.

www.kisahsejati.com mengatakan...

Moment bonding sangat mengesankan ya mom dengan si kecil.Ada rasa kedekatan yang tinggi apalagi adanya sentuhan dari produk Zwitsal

Salam:Dennise Sihombing

Lia Yuliani mengatakan...

Bener banget ya kata Nikita Willy. Saat sedang belajar jadi orang tua kadang yang bikin cemas itu adalah komentar dari orang lain tentang tumbuh kembang anak. Malah jadi insecure sendiri. Bonding ibu dan anak itu penting buat perkembangan emosionalnya. Itu saya setuju Mba

Yayat mengatakan...

Bonding time emang tantangan banget buat buibuk jalan sekarang di mana banyak yang tenggelam sama aktivitas sosmed.. edukasi kayak yg dilakukan Zwitsal ini perlu sik.. ku suka wangi produk zwitsal yang enakkk banget

Tian Lustiana mengatakan...

Bonding itu sangat penting yah, buat perkembangan emosional anak

Marantina mengatakan...

Produk Zwitsal ini yang memang paling enak deh wanginya untuk bayi. Aku pun setuju kalau momen bonding itu berguna baik untuk perkembangan anak maupun untuk ortu

Farahdjafar mengatakan...

Produk Zwitsal emang paling enak wanginya dan cocok banget buat bayi

Echi Mustika mengatakan...

Memang bener sih apapun yang anak lakukan kadang kita pengen mengenangnya lewat memori terlebih lagi kita pengen buat yang terbaik untuk mereka aku suka switsal yang wangi minyak telon dan tuh anget-anget banget di badan

Faradila Putri mengatakan...

Wah sama mom artist yang lagi hits nih, Nikita Willy. Aku setuju bonding itu manfaatnya sangat banyak, bahkan untuk jangka panjang sampai anak kita besar nanti