Senin, 24 Juni 2024

Peran Bank Syariah Indonesia untuk Mendukung Ekosistem Halal dengan Memfasilitasi Pelaku UMKM untuk Mengakses Pasar Global Melalui Business Matching


                  


Ekosistem Halal Indonesia

Ekosistem industri halal merupakan hal sangat yang penting untuk diwujudkan di tanah air, mengingat ekosistem akan mendorong perkembangan industri halal secara lebih optimal dan produk halal Indonesia menjadi semakin kompetitif di pasar dunia.

Ekosistem Halal dapat mempercepat dan memperkuat industri halal di Indonesia. Mendorong efisiensi dan efektivitas pembangunan industri halal di Indonesia, dengan produk halal yang dihasilkannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga menjadi komoditas ekspor dengan daya saing tinggi di pasar halal global.

Mengutip dari laman Kemenag bahwa halal sebagai standar yang melekat pada produk merupakan nilai tambah produk yang mampu meningkatkan daya saing produk di pasaran. Sesuai dengan pasal 3 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal (JPH), bahwa penyelenggaraan JPH bertujuan selain untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk, juga untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal.  Jadi produk UMKM, juga harus bersertifikat halal.

Terbuka lebarnya peluang produk halal di Indonesia tak lepas dari fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, memiliki sumber daya alam yang melimpah, dan posisi Indonesia berada di belahan dunia di mana terdapat kebutuhan halal global market sebesar 62% di Asia Pasifik

Untuk lebih memaksimalkan manfaat atas potensi halal di Indonesia, pemerintah menggencarkan pengembangan ekosistem halal yang mencakup berbagai aspek. Ada industri, perdagangan, pariwisata, jasa keuangan, fesyen, hingga produk makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika.  Hal inilah dibutuhkan sertifikasi halal agar  semua yang dikonsumsi atau digunakan sudah sesuai syariat Islam

Pentingnya Sertifikasi Halal Bagi UMKM

Sertifikasi halal adalah suatu jaminan bahwa produk yang dikonsumsi atau dihasilkan oleh produsen telah memenuhi standar halal yang diakui oleh pihak berwenang.

Dengan adanya sertifikasi halal dapat menjadi nilai tambah dalam memasarkan produk mereka. Sertifikasi halal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada produk yang dihasilkan oleh produsen yang telah bersertifikat halal. Makan dari itu sangatlah penting adanya sertifikat halal ini.

Diperlukan kerja sama antara UMKM sebagai produsen, pemerintah dan lembaga sertifikasi halal untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan dan dikonsumsi oleh masyarakat telah terjamin kehalalannya. Dengan begitu, kesehatan dan keamanan konsumen dapat terjaga serta memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan oleh UMKM sebagai produsen.

Mengutip dari laman Bank Syariah Indonesia bahwa  PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) menyediakan sertifikat halal tanpa bayar kepada UMKM guna mendorong peningkatan ekosistem halal. Dengan memberikan sertifikat halal kepada 1.000 UMKM dari segmen food & beverages, kosmetik, dan fashion untuk memberikan stimulus bagi para UMKM agar usahanya bisa segera naik kelas.

"Dengan semakin berkembangnya pelaku UMKM di Indonesia, semakin besar juga kebutuhan untuk sertifikasi halal. BSI berusaha untuk menyediakan platform yang bisa membantu mereka mendapatkan sertifikat halal."

BSI juga melakukan optimalisasi proses hulu hingga hilir di mana BSI memfasilitasi dari sisi akses pendampingan financial capacity, penyediaan tempat untuk pemasaran serta mengikutsertakan UMKM dalam pameran-pameran di dalam dan luar negeri.

Peran Bank Syariah Indonesia untuk Mendukung Ekosistem Halal dengan Memfasilitasi Pelaku UMKM untuk Mengakses Pasar Global Melalui Business Matching di BSI International Expo 2024

              


BSI International Expo 2024 berlangsung dari selama 4 hari yaitu tanggal 20-23 Juni 2024  di Hall A & Hall B JCC, Jakarta.

Exhibition 

• Business Matching 

• Seminar & Entertainment 

1. Exhibition 

Pameran yang melibatkan peserta dari dalam dan luar negeri, khususnya UMKM.

2. Seminar & Entertainment 

Seminar tentang ekonomi dan keuangan syariah diadakan dengan pembicara internasional, para pemangku kepentingan, dan ahli industri.

Untuk Entertainment, pengisi acara seperti RAN dan Kahitna serta penyanyi asal luar negeri Mostafa Atef

3. Business Matching 

Menghadirkan sekitar 20 negara dengan pembeli potensial yang akan memungkinkan UMKM Indonesia untuk masuk ke pasar global.

BSI International Expo 2024 " CONNECTING YOU TO HALAL LIFESTYLE ECOSYSTEM"  PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri untuk mengakses pasar global melalui business matching dengan potential buyer dari negara-negara sahabat termasuk Indonesia.

Melalui business matching BSI menghubungkan para pelaku UMKM dalam negeri untuk bertemu dan menjajaki kerja sama yang saling menguntungkan secara bisnis dengan para pembeli potensial dari luar negeri ( SVP Marketing Communication BSI, Kemas Erwan Husainy )

             


Business matching  bertujuan  mempermudah UMKM menemukan mitra bisnis mereka yang tepat sesuai kebutuhan mereka, meningkatkan peluang bisnis, memperluas jaringan, dan meningkatkan efisiensi serta visibilitas bisnis mereka. Dengan menghubungkan mitra yang cocok, business matching akan mendorong kolaborasi, inovasi, dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan

Kegiatan business matching di BSI International Expo 2024 merupakan upaya konkret BSI dalam mendukung UMKM Indonesia dan diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM nasional untuk bisa mengekspor produk ke pasar global. Dengan demikian, pelaku UMKM bisa naik kelas menjadi usaha yang lebih sustain, bersaing secara dan membangun jaringan bisnis yang luas.

UMKM di Indonesia merupakan salah satu sektor yang menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi UKM, kontribusi UMKM terhadap PDB nasional mencapai 60,5%. Ini menunjukkan bahwa UMKM yang ada di Indonesia memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan, sehingga dapat berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian Indonesia.

Pameran ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal ini dapat menjadi dorongan besar bagi pertumbuhan ekonomi halal di Indonesia, mempromosikan literasi dan inklusi ekonomi halal.  Dengan tujuan jangka panjang untuk mendukung Indonesia menjadi pusat industri halal global. 

Seiring berjalannya waktu, BSI International Expo akan menjadi salah satu acara utama BSI, sehingga Indonesia memiliki hubungan  halal untuk melakukan  business matching yang sifatnya global dan menjadi salah satu penopang ekonomi syariah Indonesia agar tumbuh berkelanjutan.

                 


Business Matching merupakan bukti nyata dari Peran Bank Syariah Indonesia untuk Mendukung Ekosistem Halal dengan Memfasilitasi Pelaku UMKM untuk Mengakses Pasar Global.  Selain itu, transaksi yang besar di berbagai industri membuktikan ekosistem halal bisa diperkuat bersama sehingga tumbuh berkelanjutan sebagai salah satu penopang ekonomi nasional.

BSI berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal ini  bekerja sama dengan stakeholder lokal dan internasional untuk membuat ekosistem Islam di Tanah Air semakin kuat dan berkembang.

Eksplorasi Produk dan Bisnis Halal

Sebagai konsumen yang ingin belajar menerapkan Halal Lifestyle / Gaya Hidup Halal, berniat dan semangat  banget dari Bogor, untuk ekplorasi produk dan bisnis halal dari 14 negara, termasuk Indonesia, di BSI International Expo 2024.

               


Halal lifestyle adalah gaya hidup halal yang merujuk pada kewajiban seorang muslim dalam mengonsumsi dan menggunakan segala sesuatu yang dikategorikan halal menurut ajaran Islam. Gaya hidup halal merujuk pada cara kita menjalani hidup dengan mengedepankan dan menjaga prinsip halal pada setiap aspek kehidupan.

Alhamdulillah di BSI Internasional Expo 2024 ini aku bisa : 

✓ Tanya-tanya seputar pembiayaan rumah & dapetin promo dari BSI Griya

✓  Pengen banget ganti mobil, langsung gas aja karena banyak promo menarik dari BSI OTO!

✓ Merencanakan  mau berangkat Haji atau Umrah,  mudahnya karena ada banyak pilihan tour & travel yang Insya Allah siap bantu menjawab semua pertanyaan tentang Haji dan Umrah

✓ Dapat flashsale harga bombastis di booth tenant UMKM halal.

Puas  banget deh eksplorasi nya  di BSI Internasional Expo 2024, exhibition berkualitas lebih dari 265 tenant dengan berbagai penawaran istimewa, serta Business Matching UMKM binaan BSI bertemu buyer international.

Seneng banget bisa datang dan jadi bagian dari keseruan BSI International Expo 2024!

Peran Bank Syariah Indonesia untuk Mendukung Ekosistem Halal dengan Memfasilitasi Pelaku UMKM untuk Mengakses Pasar Global Melalui Business Matching terbukti nyata di BSI Internasional Expo 2024

Tidak ada komentar: