Senin, 22 Januari 2018

Musical ly

"Maaahh... beliin kakak hape napa mah!"  rajuk anakku. Aku tetap bergeming.
Kesepakatannnya kan nanti kakak kelas satu SMA, kataku.
Tapi temen-temen kakak udah punya hape bagus-bagus mah.  Anakku tetap ngeyel dan memohon.  Namun aku tetap bergeming dan tetap pada kesepakatan semula.

Aku dan anakku Rayhaan sebelumnya sudah sepakat.  Aku akan membelikan hape saat nanti dia kelas satu SMA.  Saat ini Rayhaan duduk di kelas 7 SMPIT Fatahillah. 

Ternyata teman-temannya kulihat  memang memiliki hape yang bagus ( smartphone android ) dengan berbagai type dan merk.  Duh jadi galau juga.  Sebenarnya kasihan karena kayaknya kok anakku kuper gitu jadinya.

Tapi aku masih coba bergeming.  Kubilang "kak.. buat apa hape? Toh kakak masih ketemu temen-temen tiap hari, bisa cerita apa aja.  Ga perlu facebook, instagram dan lainnya.  Kakak masih 12 tahun juga. " mau update status? Kayaknya juga belum perlu deh kak ", kataku lagi.

Jujur aku memang takut anakku kena virus gadget. Anak seusia itu belum bisa memilah mana yang baik dan buruk.  Ini juga kesepakatan dengan suami.  Saat Rayhaan kelas 1 SMA usia sekitar 14-15 tahun, kami pikir saat itu kami bisa melepas dan memberi tanggung jawab untuk rayhaan.  Tanggung jawab untuk bisa menggunakan gadget dan medsos dengan benar.

Sejauh ini rayhaan nurut dan tidak menuntut. Namun seperti yang kuceritakan diatas,  ternyata anakku ingin membuat "Musical.ly"

Haduh denger kata "Musical.ly" aja baru ini. Hihii kudet banget aku ya.  Hmm kucoba searching aja dulu aja deh.


musical.ly adalah platform kreatif terbesar di dunia. Platform ini menjadikannya supermudah bagi semua orang untuk menciptakan video menakjubkan dan membagikannya kepada teman atau siapa pun di seluruh dunia.

Kategori populer di musical.ly termasuk:
komedi
talenta (menyanyi, menari, sulap, dll.)
mode & kecantikan
vlog
hewan

Waduh sebenarnya aku tetap ga mudeng hehe.. maklum pake hape untuk nguis  aja nih.  Selain kepoin status temen juga hahaha.

Nah saat kemarin temen rayhaan dateng kerumah.  Mereka bikinlah si musical.ly itu memakai hape temennya.




Muka dicoreng-coreng, bergaya.  Ternyata itu toh musical.ly !. 
Jujur aku kurang suka.  Karena kok terkesan main-main yang ga berguna. Muka kok dicoreng-coreng gitu. 

Untuk kali ini tak apalah.  Biarlah anakku menikmati dunianya bersama teman-temannya.  Yang penting masih dalam batas kewajaran dan tidak merugikan orang lain. Dan satu lagi, anakku hilang sejenak keinginan memiliki hape sendiri hahaha.. jahat banget yah aku !.  Masak ngandelin hape temen rayhaan.

Pokoknya apapun itu.  Aku tetap pada kesepakatan, dan mudah-mudahan anakku bisa mengerti dan menerimanya.

Maafin mamah yah kak,  semua ini demi kebaikan kakak nantinya.
Boleh main musical.ly tapi sholat, ngaji, hafalan dan pelajaran sekolah tetap prioritas yah 😍😙.


Kututup lembaran cerita diskusi dengan rayhaan. Dan berharap semoga ia memang mengerti kalau ini untuk kebaikannya.

10 komentar:

Anita mengatakan...

alhamdulillah ya mba bisa konsisten menerapkan aturan..jadi inget.saya juga baru sma dikasih hp dulu hehe..setuju banget mba nunggu usia dimana dia udh bisa memilah dan ckup dewasa..sip mba..moga rayhan jdi anak soleh...

Anita mengatakan...

alhamdulillah ya mba bisa konsisten menerapkan aturan..jadi inget.saya juga baru sma dikasih hp dulu hehe..setuju banget mba nunggu usia dimana dia udh bisa memilah dan ckup dewasa..sip mba..moga rayhan jdi anak soleh...

Tetty Hermawati mengatakan...

Aku juga suka galau mbak kalau mau ngasih gadget ke anak, sekarang pun dia punya, cuma makenya aku batasi.

Muna mengatakan...

aq juga galau mba, anakku masih 1 tahun.. tapi udh minta mainin gadget tiap hari... mungkin karena efek kidz zaman now kali ya

Fathiyah Herdianto mengatakan...

Emg bener yaa pemakaian gadget pd anak emg harus kita awasi dan kita batasin. Spy ga kebablasan. Aku jg kaya gt bun. Mdh2an kita bs terus konsisten yaa...

Unknown mengatakan...

Waah baru tu ada musical ly. Makasih mbak

Ika Sukma A.Y mengatakan...

Siiipp...aku suka sama ketegasan & konitmen bunda. Jadi si anak bisa belajar untuk saling menghargai & menyepakati kompromi yg sdh dibuat :)

Selvijua31 mengatakan...

Untuk hape memang aku juga ga mau kasih ke anak sebelum dia remaja, dan saat ini anak2 hanya pegang tab untuk hiburan mrk aja, tp ga pakai inet.

farmarindya15 mengatakan...

Anakku jg sabtu minggu aja boleh pegang hape. Itu pun pas mkn...mklum anak susah mkn...jd buat main game kelamaan ga akan...kasian mata dan mental anak..

iienoiz mengatakan...

Anak aq skrg no gadget
..waktu massh pegang gedget emosinya ga stabil ya banting hp lah ya omel omel lah padahal balita