Kamis, 18 Januari 2018

Anakku Ga Bisa Diam Di Kelas !

Curhat Mama 

Kali ini aku akan bercerita tentang anakku sendiri yaitu Muhammad Naufal Alrazak Sukresno ( 8 thn) biasa dipanggil Naufal.
Saat ini Naufal duduk di kelas 3 SDS Tiara School , Klapanunggal, Bogor.

Naufal anak yang istimewa bagiku. Karena aku hamil dia saat kondisi keluarga kami sedang terpuruk. Makanya saat dia lahir diberi nama Alrazak yaitu " Pemberi Rejeki".
Saat hamil dia aku tidak menyadarinya. Malah saat itu aku sedang outing kantor ikut arung jeram, flying fox dll.
Beruntung kandunganku kuat dan tanggal 13 Maret 2009 lahirlah Naufal.

Kembali ke cerita Naufal. Bayi nya normal seperti yang lain.  Tumbuh dengan menggemaskan dan lucu. Memasuki usia 3 tahun kumasukkan ke PAUD. Berlanjut TK.A dan TK.B.
Nah dari sejak masuk SD ini baru keliatan kalau Naufal termasuk hyperaktif.  Waktu itu aku sebagai ibunya belum menyadari.  Setelah bertemu wali kelas nya yang menanyakan kenapa Naufal tidak pernah bisa diam di kelas.  Tidak pernah mendengarkan dan cendeeung acuh tak acuh saat guru menjelaskan.  Namun anehnya saat ditanya soal, Naufal dapat menjawabnya dengan benar.


 Mulai saat itu aku searching tentang anak hyperaktif.

Masalah hiperaktivitas adalah masalah dikenal dengan nama Attention Deficit Disorder (ADD). Masalah hiperaktif ini biasanya disebutkan untuk anak yang masih muda namun sangat aktif dalam melakukan suatu aktifitas, namun hal negative dari hal ini adalah kurangnya berkonsentrasi, terlalu menuruti kata hati, dan sulit diatur. Mereka yang mengalami masalah hiperaktif ini biasanya mempunyai suatu tingkat efektivitas yang tinggi dan juga menjadi sulit diatur. Anak yang aktif bukan berarti anak ini mengalami masalah hiperaktivitas. Masalah hiperaktif pada anak merupakan salah satunya ditandai dengan gejala saat bayi terus menerus menangis atau juga berteriak. Tidurnya sebentar dan sulit untuk beristirahat.

Beberapa gejala dari masalah hiperaktif pada anak ditandai dengan anak ceroboh dalam melakukan sesuatu, tidak bisa diam atau duduk untuk waktu sebentar saja. Biasanya anak yang mengalami masalah hiperaktif ini lebih agresif, susah tidur, dan beberapa gejala lainnya.

Jadi Naufal ini termasuk hyperaktif namun kognitif nya cerdas. 
Jadi saya dan guru sepakat untuk mengatasi agar Naufal bisa sedikit memperhatikan dan duduk diam saat dikelas, seperti :
1. Memberi soal latihan yang lebih banyak dibanding teman-temannya.
2. Guru lebih sering menegur dan bertanya  tentang soal pelajaran padanya.
3. Guru memberikan reward jika Naufal bisa anteng dan diam saat guru menjelaskan.
4. Naufal diberi sanksi jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan.
5. Naufal diberikan tempat duduk didepan agar guru lebih mudah mengawasinya.

Alhamdulillah sejauh ini kesepakatan itu bisa berjalan, walaupun belum efektif sepenuhnya. Namun bisa mengatur dan mengawasi Naufal.

Apapun itu, anakku adalah anugerah terindah dari Yang Maha Kuasa yang harus selalu kujaga dan kusayangi. Naufal pun membalasku dengan mendapatkan nilai-nilai yang cukup bagus. Sejak kelas 1 hingga 3 sekarang, Naufal selalu menduduki peringkat 3 besar dikelasnya.


Bersyukur memiliki anak yang istimewa. Walaupun harus lebih ekstra menjaganya, Naufal adalah kesayangan dan kebanggaanku.

Momies , apapun keadaan anak kita, sayangilah mereka sepenuhnya. Karena kita tidak akan tahu kedepannya akan ada kejutan-kejutan membahagiakan seperti apa yang akan kita dapatkan dari anak kita nantinya. 😍

Mama sayang Naufal 😍
Love you so much and many more babang mamah 😙

11 komentar:

iienoiz mengatakan...

wihh si ganteng pinter nya ....oh iya bun mau nanya juga kalo anak 3 taun di masukin paud gpp kebetulan aq mau masukin ank aq paud pada pro and kontra di bilang perampasan hak bermain hehehehe ad ad aja

Fathiyah Carey mengatakan...

Sama nih bun anakku yg ketiga jg hiperaktif. Kalo udah keluar rumah udah kaya ayam lepas dr kandangnya. Meuni ga bisa diem.. hahahaha.. tp ya sudahlah aku diemin aja. Yg penting ga bikin rusuh aja. Heheheh

Fathiyah Carey mengatakan...

Sama nih bun anakku yg ketiga jg hiperaktif. Kalo udah keluar rumah udah kaya ayam lepas dr kandangnya. Meuni ga bisa diem.. hahahaha.. tp ya sudahlah aku diemin aja. Yg penting ga bikin rusuh aja. Heheheh

Tetty Hermawati mengatakan...

Alhamdulillah ya bunda punya anak yang sehat dan banyak bergerak, anak2 memang kadanh begitu, aktif gerak tapi otaknya tetap merekam apa yg disampaikan gurunya di kelas. Semoga bakat dan kecerdasannya makin terarah ke depannya ya, insya alloh.

Selvi mengatakan...

Makasih tips nya yah, anakku juga suka ga mau diam, tp blm dibilang hyperaktif sih.

Muna mengatakan...

makasih bunda untuk sharingnya, nambah ilmu lagi nih aq cara mengahadapi anak, anakku juga gabisa diem nih..

Dian Haryani mengatakan...

Nice to share mbk...
Salam jauh buat babang naufal ��

Unknown mengatakan...

Ibu hebat dan sabar

Unknown mengatakan...

😘😘😘😘 hrus kuat dan hebat ibunya ya mbk

Ika Sukma A.Y mengatakan...

Trima kasih sudah berbagi ceritanya bunda, sangat bermanfaat sekali buat saya yang sepertinya anak perempuan saya juga gak bisa diam tapi kemampuan kognitifnya lumayan baik.

anita mengatakan...

mantap ya mba tantanganny tapi bener mba apapun itu pasti ada kejutan yang indah dariNya