Kamis, 04 April 2019

Nestlé 7-Days Wholegrain Challenge: Cara Kreatif Meningkatkan Konsumsi Gandum Utuh Keluarga



                       


Tahukah Anda gandum utuh memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh karena kaya akan anti oksidan, vitamin B, zat besi, zinc, magnesium dan masih banyak lagi.

Berdasarkan penelitian tentang gandum utuh, para ahli merekomendasikan masyarakat dunia untuk lebih banyak mengonsumsinya.

Apa saja manfaat gandum utuh bagi tubuh, serta bagaimana mengolahnya menjadi bagian dari asupan harian yang bergizi?

Kali ini, Nestlé Breakfast Cereals mengajak untuk mengikuti Nestlé 7-Days Wholegrain Challenge : Cara Kreatif Meningkatkan Konsumsi Gandum Utuh Keluarga.

Dalam kegiatan  yang berlangsung di
Café Three Buns , Jl. Senopati no 90, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, Kamis 28 Maret 2018, dihadiri oleh Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir Ali Khomsan MS  dan berbincang langsung tentang manfaat gandum utuh, serta mencoba secara langsung mengolah gandum utuh sebagai bahan sarapan bergizi dalam sesi cooking demo bersama Chef Steby.


                        


Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS  ( Guru Besar Pangan  dan Nutrisi IPB ) , mengatakan bahwa sarapan lebih dari sekedar mengawali hari, sarapan adalah dasar untuk mengejar masa depan yang lebih baik.  Perilaku siswa di kelas dan performa akademik siswa terjadi dengan kebiasaan sarapan.  Anak-anak yang sarapan seimbang dan bernutrisi cenderung memiliki konsentrasi, energi, dan bahagia sepanjang hari.

Namun pada kenyataannya, pada saat ini hanya 10,6% dari sarapan anak-anak yang benar-benar memenuhi kebutuhan energi lebih dari 30%.  Makanya mengkonsumsi sarapan lengkap dan seimbang mencakup karbohidrat, protein, vitamin mineral, dan serat sangatlah penting.  Salah satu sumber energi yang direkomendasikan adalah gandum utuh.  Gandum utuh memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan ditengahnya yang sangat penting untuk kebutuhan nutrisi seimbang karena merupakan sumber vitamin, mineral , dan serat.  Sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan proses pencernaan. 

Penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa mengkonsumsi serat lebih banyak dapat mengurangi resiko penyakit diabetes, obesitas dan penyakit jantung koroner sebanyak 15-30%, dibandingkan mereka yang mengkonsumsi serat lebih sedikit.

Lebih lanjut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS  mengatakan bahwa beliau melihat masyarakat Indonesia belum mengkonsumsi gandum utuh secara cukup dalam makanan mereka sehari-hari.  Padahal mengkonsumsi gandum utuh bersamaan dengan buah , sayuran , dan kacang-kacangan adalah sangat baik. 

48 gram whole grain setara dengan mengkonsumsi 3 lembar roti.
Denmark paling tinggi konsumsi whole grain.  Jagung adalah whole grain indonesia. Konsumsi whole grain di Indonesia cuma sekitar  4 gram dan itu kira-kira sama dengan 10 butir jagung.
                              
Untuk menumbuhkan kegiatan mengkonsumsi gandum utuh, Nestle Breakfast Cereals meluncurkan tantangan " 7 Days Whole Grain Challenge " atau " Tantangan 7 Hari Gandum Utuh" yang mengajak para orang tua di Indonesia untuk menambahkan gandum utuh dalam menu sehari-hari.  Para orang tua diajak berbagi ide menu kreasi mereka di media sosial untuk mengisnpirasi orang-orang agar memulai kebiasaan sehat tersebut.  Melalui tantangan ini, orang tua juga diedukasi tentang manfaat gandum utuh bagi tubuh dengan cara yang menarik. 


                       


Alaa Shaaban, Business Executive Officer Cereal Partners Worldwide Indonesia, mengatakan " Tantangan 7 Hari Gandum Utuh " merupakan bagian dari partisipasi Nestle Breakfast Cereals dalam kegiatan PESAN ( Pekan Sarapan Nasional ), sekaligus bentuk komitmen kami dalam menyediakan sarapan yang sehat dan bergizi bagi keluarga.  Kampanye ini juga sejalan dengan inisiatif global " Nestle For Healthier Kids" yang menargetkan untuk membantu lima puluh juta anak-anak agar hidup lebih sehat dan bahagia.  Kami percaya bahwa setiap keluarga di Indonesia sebaiknya rutin mengkonsumsi gandum utuh setiap harinya, misalnya dengan menambahkan kandungan tersebut kedalam porsi sarapan.  Hal ini tentu akan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi sarapan bergizi seimbang memiliki nilai akademis 4,5 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan.


                        


Chef Steby kali ini memperagakan dua menu praktis yang diolah menggunakan whole grain yaitu :
1.  Whole Grain Breakfast Shaksouska khas Timur Tengah , adalah  tortila (tepung gandum) disajikan dengan telur,  saus tomat.  Bentuk nya seperti pizza dan rasanya enak.
2. Sweet Kokoda masakan dari Fiji Island ini  menggunakan santan, buah alpukat, di taburi bubuk kelapa juga ditaburi buah buahan diatasnya. Disajikan menggunakan kelapa yang masih ada batoknya. 
Sungguh sarapan yang menggoda selera.

Senangnya kami juga diajak untuk membuat menu menggunakan whole grain dengan kreasi sendiri.  Aku pun semangat sekali membuatnya. 


                       


Tara.. Inilah " Nice Cereal with rainbow fruits"  paduan Nestle Cereals dengan berbagai macam buah-buahan yang menggoda untuk dinikmati.  Sarapan jadi mudah dan menyenangkan.

Apalagi menggunakan Produk Nestle Breaksfast Cereal.  Mengapa?  Karena setiap produk Nestle Breakfast Cereals menggunakan gandum utuh sebagai bahan utama, dan tiap porsinya mengandung sedikitnya delapan gram gandum utuh.  Nestle Breakfast Cereals memiliki berbagai macam produk cereal dengan kandungan gandum utuh yang tinggi, seperto Koko Krunch, Koko Krunch Duo, Milo Balls, Honey Stars, dan Corn Flakes.  Produk-produk ini juga tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kemasan, yaitu kemasan kotak, combo, pouch, dan sachet. 


                       


Yuk moms biasakan sarapan sehat menggunakan whole grain sebagai bahan utama untuk keluarga kita.  Sarapan jadi praktis, mudah , dan menyehatkan tentunya.

Jangan lupa ikutan tantangan " 7 Days Whole Grain Challenge " atau " Tantangan 7 Hari Gandum Utuh" : Cara Kreatif Meningkatkan Konsumsi Gandum Utuh Keluarga.

Untuk informasi lebih  lanjut mengenai gandum utuh dan aneka resep sehat gandum utuh, silahkan mengikuti akun
FB : Nestle Breakfast Cereals Indonesia.

                   


2 komentar:

Selvijua31 mengatakan...

Favorit anakku yang koko crunch. Salfok sama chef-nya, ngefans sama chef steby

Mila Kamila Rahmat mengatakan...

Emang penting bgt ya mba sarapan tuh, apalagi dgn makanan yg bergizi, makanya klw ngajar juga suka ketahuan klw anak yg g sarapan pasti belajarnya gk fokus.