Rabu, 11 September 2019

Hal Penting Yang Harus Dilakukan Agar Anak Tidak Mudah Sakit



                       
Blogger gathering stimuno


Halo moms..  Apa khabar?  Semoga mom's dan keluarga selalu sehat-sehat yah.  Aamiin.
.
Ngomong-ngomong tentang kesehatan,  cuaca saat ini ,  yang menurut BMKG memang tahun 2019 mengalami kemarau yang lebih panjang, membuat cuaca terasa panas sekali,  debu-debu beterbangan,  polusi udara semakin meningkat,  membuat  kita rentan terhadap penyakit . Apalagi anak -anak yang daya tahan imunnya buruk,  mudah sekali terkena sakit batuk, pilek.   Mungkin terlihat sepele hanya batuk pilek saja,  tapi moms jangan anggap remeh,  dari penyakit yang ringan,  jika dibiarkan akan meningkat menjadi penyakit yang lebih berat.

Moms sebagai ibu pasti tidak mau dong anaknya sakit.   Sedih hati kita bila anak yang biasanya aktif bergerak tiba-tiba hanya diam terbaring lemah di tempat tidur,  rasanya dunia tidak ceria lagi.   Betul kan moms?   Anak adalah permata hati,  belahan jiwa, berbagai cara kita lakukan untuk menjaga anak kita.

Seperti halnya aku,  betapa lemah jiwa jika anakku sakit,  cepat-cepat mencari solusinya nih, suplemen atau vitamin pun kuberikan agar anakku cepat sehat kembali. 

Pernahkah moms bertanya-tanya, mengapa anak sering sakit? Bahkan lebih sering daripada anak-anak seusianya. Akibatnya kegiatan anak bermain dan belajar menjadi terhambat.

Ternyata moms, tanpa sadar pola hidup orangtua yang diterapkan pada anak turut berperan dalam meningkatkan atau malah mengurangi kekebalan tubuh anak.
.
Sebenarnya, anak mudah sakit utamanya karena daya tahan tubuh yang buruk. Tanpa disadari, penyebabnya adalah infeksi dari orang dekat dalam rumah seperti orangtua, kakak, kakek atau neneknya yang berpotensi sebagai sumber utama penularan.


                     
blogger gathering stimuno


Nah beruntungnya aku bisa ikutan acara produktif yaitu :

Blogger Gathering Stimuno
"KENAPA ANAK MUDAH SAKIT? "
Bersama pembicara :
Prof. Dr. dr. Zakiudin Munazir, Sp. A(K)

Acara ini diselenggarakan pada Jumat,  6 September 2019 lalu di Kembang Goela Resto,  Jakarta


                     
Prof. Dr. dr. Zakiudin Munazir, Sp. A(K)


Menurut dr Zakiudin,  bahwa anak-anak terutama diusianya yang masih balita memang mudah sekali sakit apabila terpapar virus dan bakteri di sekitar lingkungannya, karena anak diusia ini kadar imunoglobulin nya yaitu sistem pertahanan tubuh yang ada di dalam tubuh manusia,  masih sedikit sehingga pertahanan tubuh kurang dan inilah yang menyebabkan anak-anak menjadi rentan terserang penyakit.

Untuk mewaspadai agar anak tidak mudah sakit,  beberapa hal penting yang harus dilakukan mom's yaitu :

1. Moms bisa mengajak anak untuk berolahraga ringan,  jalan kaki misalnya, dengan rutin setiap hari dapat mengurangi resiko anak-anak terserang flu, karena metabolisme tubuh yang aktif bergerak mampu meningkatkan sirkulasi kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus.

2. Pastikan anak kita telah mendapatkan kebutuhan tidur yang cukup.  Karena jika tidak,  risiko terserang penyakit lebih tinggi 2 kali lipat.

3. Menyajikan makanan sehat dan bernutrisi seimbang, termasuk buah dan sayuran beraneka warna. Jenis buah dan sayuran tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

4. Menjaga kebersihan lingkungan,  dikamar anak,  di ruangan-ruangan yang memang terjangkau untuk anak. 

5. Biasakan rajin cuci tangan. Apalagi ya Moms, anak-anak kan senang banget main. Setelah pulang dan ada makanan, langsung diambil dan dicomot deh makanannya tanpa cuci tangan lebih dulu.

Nah misalnya aja ketika orang sekitar sakit, sebisa mungkin anak jangan dekat-dekat ya moms, bukan nggak mungkin anak bakal tertular virus atau bakteri penyebab penyakit.  Untuk itu anak membutuhkan Imunomodulator.  Moms harus pintar dalam memilihnya yah!

Imunodulator


Jadi Imunomodulator adalah senyawa tertentu yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh baik secara spesifik maupun non spesifik, dan terjadi induksi non spesifik baik mekanisme pertahanan seluler maupun humoral.

Syarat imunomodulator yang baik :
1. Dapat modifikasi respon imun pejamu
2. Efek samping minimal, efek farmakologi sesuai yang diharapkan
3. Bebas efek berbahaya seperti Autoimun atau limfoma seperti pada beberapa zat kemoterapeutik dan C. Parvum

Imunomodulator ada 2 jenis
1. Imunomodulator alami/herbal
2. Imunimodulator sintetis / buatan

Dr. Zakiudin saat menjelaskan tentang Imunomodulator yang alami /herbal, bahwa imunomodulator herbal ini masih menjadi perdebatan  karena banyaknya bahan aktif yang terkandung dan belum banyak uji klinis dan farmakologi yang baik.

Salah satu tanaman yang telah diuji yaitu Tanaman Phyllanthus Niruri L atau lebih dikenal sebagai tanaman meniran.  Melalui uji klinis Fitomarmaka ( tanaman herbal yang telah diteliti melalui uji farmasi dan laboratorium dengan standar tinggi) diketahui bahwa bahan aktif meniran memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi serta imunomodulator.

STIMUNO


Kandungan tanaman Meniran ini ada pada Stimuno.  Bahwa Stimuno adalah obat dari jenis fitofarmaka yang digunakan untuk membantu memperbaiki sistem imun dan membantu mempercepat proses penyembuhan dari sakit. Bahan aktifnya yang berasal dari herbal alami tanaman Phyllanthus atau lebih dikenal sebagai tanaman meniran. Bahan aktif meniran diketahui memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi serta imunomodulator.

Jadi Stimuno merupakan pilihan yang pas yah moms saat kondisi anak kita tidak dalam keadaan baik.  Dan tidak perlu khawatir akan kualitasnya.  Karena saat acara berlangsung pun disampaikan oleh Bapak Andrew Sulistya, Board of Director Dexa Medica,  bahwa Stimuno ini bukan lagi disebut jamu tapi Fitofarmaka, artinya obat dengan kandungan alami dengan proses yang modern dan uji klinis yang memadai.

     
                       
Bapak Andrew Sulistya, Board of Director Dexa Medica


PT. Dexa Medica itu sendiri merupakan salah satu perusahaan nasional Indonesia yang bergerak dalam bidang Healthcare & Pharmaceutical.  Sudah 50 tahun Dexa Grup berdiri,  yang membuktikan bahwa Dexa mampu menjadi produsen Obat Modern Asli Indonesia kenamaan yang berkualitas.

Stimuno sebagai imunodulator diberikan kapan saja saat dirasa memang diperlukan.  Saat cuaca tidak menentu seperti saat panas dan kita mulai melihat kalau anak kita sepertinya akan terserang sakit,  atau saat disekolah banyak temannya yang menderita sakit, dan saat dilingkungan rumah terjangkit penyakit menular yang berbahaya, itulah saatnya moms memberikan Stimuno.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Zaki,  kalau saat anak sehat, tidak perlu diberikan Stimuno,  juga ketika anak sudah sembuh dari sakitnya  juga jangan memberikan Imunomodulator ini dalam waktu yang panjang.  Stimuno dibuat untuk memperbaiki dan memperkuat sistem imun (daya tahan atau kekebalan) tubuh.

Pemberian Stimuno sebaiknya tidak dalam jangka panjang dan terus menerus karena Imunomodulator bukan vitamin biasa. Penggunaannya dalam jangka panjang dan dalam dosis berlebih dapat merangsang respon kekebalan pada tubuh yang berlebihan serta dapat merangsang reaksi alergi dan menyebabkan hipersensitifitas pada penderita alergi menjadi meningkat.  Pemakaian yang tidak tepat juga dapat merugikan tubuh, karena merangsang timbulnya alergi.  Stimuno ini bukanlah suplemen harian yang bisa diberikan ke anak untuk dikonsumsi sehari-hari, tapi hanya bila diperlukan saja, dan akan sangat baik bila dalam masa pengobatan.


                     
Ibu irene


Head of Marketing ibu Irene menjelaskan bahwa Stimuno bekerja pada sistem kekebalan tubuh , untuk memproduksi lebih banyak antibodi , untuk meningkatkan dan memperkuat sistem imun.

Keunggulan Stimuno :
• Bekerja langsung pada sistem imun
• Fitomarmaka,  teruji klinis khasiat dan keamanannya
• Herbal,  terbuat dari ekstrak tanaman meniran

Jadi bila ingin memberikan Stimuno kepada anak, bacalah informasi yang tertera pada label kemasan Stimuno anak atau ikuti petunjuk dokter yah moms.  Setelah digunakan,  dan belum habis,  simpanlah Stimuno anak pada suhu ruangan. Jangan lupa untuk menutup botol dengan rapat setelah dibuka. Lindungi Stimuno anak dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, Stimuno anak dapat mencegah penyakit atau mempercepat penyembuhan penyakit, seperti batuk pilek atau TBC.

Seminggu yang lalu kebetulan anakku Naufal sakit  batuk flu dan meriang,  sampai 2 hari tidak masuk sekolah.   Bersyukur sudah sedia Stimuno dirumah, aman deh karena ada Stimuno yang memperbaiki dan memperkuat sistem imun (daya tahan atau kekebalan) tubuh.  Biasanya sampai seminggu lho batuk pileknya ga sembuh-sembuh.  Alhamdulillah setelah minum Stimuno,  sekitar 2-4 hari Naufal sudah sehat kembali. 


                     
Varian stimuno


Produk Stimuno syrup atau Stimuno anak tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu rasa original tutty fruity, anggur, dan orange berry. Setiap 5 ml obat sirup mengandung 25 mg ekstrak meniran hijau yang dikemas dalam botol berukuran 60 ml dan 100 ml, serta kemasan stick pack atau sachet sekali minum.

Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk meredakan batuk pilek. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membantu penderita merasa lebih baik hingga batuk pilek sembuh dengan sendirinya.  Moms harus menanyakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat herbal dan jangan menghentikan obat lain yang diberikan oleh dokter tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

Nah dari sini aku sebagai mom jadi lebih tahu kenapa anak mudah sakit dan bisa lebih memewaspadainya juga bagaimana memberikan Imunomodulator  yaitu Stimuno yang tepat penggunaannya untuk anak.   Mom's juga kan?

Workshop Kreasi Bento Sehat Bareng Stimuno


Seperti yang sudah aku tuliskan diatas bahwa untuk mewaspadai agar anak tidak mudah sakit  salah satunya adalah Menyajikan makanan sehat dan bernutrisi seimbang, termasuk buah dan sayuran beraneka warna. Jenis buah dan sayuran tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Saat acara gathering Stimuno,  para Mom Blogger Stimuno Clozette diajak membuat kreasi bento dengan bahan-bahan dan alat yang sudah disediakan,  juga diajarkan cara membuat bento yang unik dan lucu agar anak menyukainya sehingga lahap makan makanannya.

Awalnya aku malas sekali sungguh,  heheheh ya ampun, kebayang ribet banget.  Ini beneran yang pertama kali aku membuat kreasi bento.  Namun pelan dan pasti dengan sungguh -sungguh akhirnya aku bisa membuat bento nya.  Dan yeaayy aku menjadi salah satu pemenang dan mendapatkan hadiah voucher bermain ke Kidzania ๐Ÿ˜.  Asyiknya bisa ajak Naufal nanti kesana.
Memang moms mesti kreatif nih๐Ÿ˜.


                   
Kreasi bentoku dan menang yeayy


Thank's to Stimuno yang sudah mengajak aku dan para Momblogger Clozette,  banyak ilmu dan pengetahuan baru yang didapat tentang tumbuh kembang anak.

Semoga anak-anak kita selalu sehat yah moms dan tumbuh kembang secara optimal.  Aamiin


54 komentar:

hendro mengatakan...

Boleh tuh stimuno buat menjaga kehatan anak,
Acara nya seru banged ...komplit

Unknown mengatakan...

baguus..perlu diikuti dan dicoba buat anak2 kita

Indri astuti mengatakan...

Wah iya ya aku jadi banyak tahu nih, apalagi cuaca lagi kaya gini anak jadi sering sakit. Terimakasih info lengkapnya ya bun, kalo Stimuno mah anakku selalu konsumsi, rasanya yang enak dan manfaatnya yang bagus untuk kesehatan anak

Rodhiyatum Mardhiyah mengatakan...

Perlu banget ya mba menjaga pertahanan tubuh buah hati.. Jadi stimuno ini solusi yang tepat banget yaa.. Apalagi musim kemarau panjang seperti ini..

Khusnul khotimah mengatakan...

Acaranya keren dan komplit ilmunya

Nia mengatakan...

Ilmu yang paling emak emak butuhkan ini, makasih info lengkapnya ya Bun..
Mesti sedia Antimo dirumah.

Pujianto mengatakan...

Stimuno sangat membantu untuk daya tahan tubuh anak, selagi konsumsi olahraga terasa kurang, apalagi dengan kondisi cuaca seperti saat ini panas dingin yang ekstrim...

Mutiara Fhatrina mengatakan...

Stimuno emang kecintaan banget utk jaga imunitas anak.

Laily Desy mengatakan...

Saya malah siap sedia Stimuno dirumah mba, karena terbuat dari ekstrak tanaman meniran makanya aman dan alami untuk anak.

Erfano mengatakan...

Bener banget nih...cuaca yang nggak menentu membuat.kita harus memerhatikan kondisi tubuh, nutrisi makanan, asupan cairan, kebersihan diri dan lingkungan. Acaranya keren dan bermanfaat banget ๐Ÿ˜Š

nurul rahma mengatakan...

Penting bgt Stimuno ini, karena jadwal anak jaman now padeettt bgt
Saya aja sering ngos2an kalo ngelat schedule bocah
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Ika mengatakan...

Terima kasih infonya bun.. Luar biasa bermanfaat loh

Irena Faisal mengatakan...

Aku kasih stimuno buat anakku yang bungsu, berharap imun tubuhnya meningkat :)

Unknown mengatakan...

stimuno memang bagus buat menjaga sistem kekebalan tubuh

Dyah (Author roemahaura.com) mengatakan...

Asyik acaranya ya kak. Stimuno memeng andalan untuk menjaga daya tahan anak-anak biar gak gampang sakit

Fionaz mengatakan...

Keren acaranya bunda, tentu sangat bermanfaat sekali..

Gioveny mengatakan...

Rร sanya kalau anak sakit tuh nelangsa banget. Pengen gitu dipindahin aja rasa sakitnya ke saya. Tapi sebagai ibu kita harus jaga stamina juga ya kan mom

Dian Restu Agustina mengatakan...

Selamat Mbak, bentonya memang unik dan cantik..pantesan menang.
Yang kutahu dulu jaman kecilku Ibuku bikinin tumbukan daun meniran saat sakit, biar tambah kuat lawan penyakitnya katanya.
Nah, kalau sekarang udah ada Stimuno yang praktis begini lebih mudah,kan...

Pringadi mengatakan...

makanya kadang keras kusuruh anakanak tidur siang karena kalau mereka sudah kelelahan ga bobok siang mudah banget jadi pilek atau batuk

Alia Arifin mengatakan...

Seru ya acaranya
Stimuno bagus tuh buat imun anak, aman pula :)

Auda Zaschkya mengatakan...

Acaranya bagus buat dedek2 kayak aku yg gak tau apa-apa.

Bambang Irwanto mengatakan...

Betul sekali, Mbak. Sekaranh cuaca kurang bersahabat. Orang dewasa saja mudah sakit, apalagi anak-anak. Makanya sangat perlu anak mendapat perhatian, termasuk ditambah daya kekebalan tubuhnga ya, Mbak.
Dan acaranya sangat bagus nih, Mbak. Jadi semakin tau, menjaga buah hati dengan maksimal.

Rani Provitasari mengatakan...

jika anak sakit memang membuat hati tersayat banget sih.
sudah ngga tega liat dia sakit, kitanya pun lebih capek karena anak tentunya minta perhatian ekstra dari orang tua nya.

nenglisma mengatakan...

stomuno aku pikir hanya buat anak-anak aja, tapi ada yang untuk dewasa juga ya moms, jadi aku skrg juga stock buat keluarga di rumah

LinRaNa Mom mengatakan...

wahhh ini tulisan ketiga nih yang saya baca mengenai stimuno dan acaranya.
berharap acara serupa mampir di Medan.

Fenni Bungsu mengatakan...

Tidur memang sangat baik untuk dewasa apalagi anak-anak ya, dengan istirahat yang cukup bisa memperkuat imun tubuh

Indrifairy mengatakan...

wah kalau Stimuno aku selalu stok untuk anak-anakku dirumah karena cuaca juga sih jadi aman kalau ada stimuno

Ria Nugroho mengatakan...

Stimuno ini memang bagus untuk daya tahan tubuh anak, anak saya pun minum mereka suka sama rasanya :D

Monica Anggen mengatakan...

Mengajarkan anak untuk selalu jaga kebersihan dan memenuhi asupan nutrisi yang sehat jadi salah satu cara biar anak tak mudah sakit ya. Lalu tambahannya ya kasi Stimuno. Audiku waktu kecil dulu juga udah minum stimuno. Bagus ini memang dan bikin daya tahan tubuh anak jadi bagus

Intan Daswan mengatakan...

Boleh juga prepare stimuno di rumah. Apalagi punya dua anak yang jarak usianya nggak jauh, daya tahan tubuh keduanya mesti diperhatikan, karena biasanya kalau sakit suka barengan hehehe....

Visya Al Biruni mengatakan...

Yaps, balita emang masih rentan sakit ya Mom. Ternyata semua ini bersemangat dari daya tahan tubuh. Stimuno ngebatik para Moms dalam mempertahankan daya tahan tubuh anak agar ngga mudah sakit.

Dwi Puspita mengatakan...

Harus sedia stimuno nih sepertinya di rumah agar kalau kenapa si anak bisa langsung teratasi. Anak saya biasanya batuk pilek, jadi sangat membantu sekali ya stimuno ini agar imun anak saya tetap baik.

Yanti Alif mengatakan...

Stimuno memang perlu di stok di rumah apalagi menjelang pergantian musim yang sbntar lagi anak2 perlu daya tahan tubuh yang kuat agar gak gampang sakit

Qoty Intan Zulnida mengatakan...

Stimuno ni memang oke yaa mom buat meningkatkan stamina anak. BTW, aku juga belum pernah nih bikin kreasi bento. Jadi pengen nyobain juga deh. Kira-kira bisa gak yaa??

kartika mengatakan...

Penting banget buat nyetok stimuno di rmh. Buat jaga2 dan pertolongan pertama kan..

Nurhilmiyah - author of www.fadlimia.com mengatakan...

Yeayy, Stimuno top banget deh, bantu ibu menjaga imunitas anak²nya. Anak sehat insyaallah bisa tumbuh optimal dan berprestasi. Tfs Mba Meilia

kartika mengatakan...

Paling baik emang pencegahan ya. Aku setuju buat jaga2 daripada ngobatin.

Dewi Adikara mengatakan...

Wah, anakku juga pakai ini. Bagus untuk daya tahan tubuh anak:)

Melina Sekarsari mengatakan...

PR banget deh aku tuh mengajak sulung rajin berolahraga. PR banget mengajak bungsu makan buah-buahan. Huaaa ... Padahal keduanya bagus ya untuk menjaga daya tahan tubuh. Kalau sudah kadung sakit, sedih jadinya.

Stimuno ini dosis yang diberikan saat anak sakit dan saat lingkungan anak sakit, gimana sih perbandingannya, ya? Mau dong diberikan pencerahan.

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Dulu ak juga minum stimuno yg untuk orang dewasa. Ternyata ada juga yang buat anak kecil ya. Huwaa keren

jendelamamak mengatakan...

Seru ya mbak event nya. Ada Prof. Zaki juga, pasti menarik ilmu yg disampaikan beliau. Semoga Ada acara yg sama di medan, pengen dateng.. hehe..

Nike Antonio mengatakan...

Seru banget nih, banyak banget pasti ya kak ilmu tentang kesehatan anak...

Keke Naima mengatakan...

Kemarau panjang ini mulai berasa deh imbasnya ke kesehatan.Sistem imun harus semakin ditingkatkan lagi. Bila perlu dibantu dengan Stimuno

@blogger_eksis mengatakan...

Amin. Semoga anak-anaknya dari Moms Ray selalu sehat yah setelah mengonsumsi produk Stimuno ini..

yulia rahmawati mengatakan...

awalnya ku fikir ini vitamin loh mbak . ternyata aku salah
untung gak langsung beli
beruntung banget bisa ikutan acara kemarin . pulang pulang aku kasih ke duo H yg lg pada bapil yg stimuno pack nya itu

Dee_Arif mengatakan...

Sistem kekebalan tubuh anak itu kunci agar anak selalu sehat ya

Klo kekebalannya bagus, pasti anak tidak mudah sakit

Antin Aprianti mengatakan...

Waaahh bisa aku rekomendasikan untuk ponakan nih biar konsumsi stimuno juga, thanks sharingnya mbak. Memang penting banget jaga kesehatan anak, apalagi sekarang polusi dan cuaca tak menentu.

Echi Mustika mengatakan...

Harus ikutan nih sedia nih untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit

Irra Octaviany mengatakan...

Olahraga ringan bener bener bisa menjaga kesehatan anak ya moms. Ditambah stimuno, lengkap deh.

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku ada stok Stimuno banyak dirumah nih mba. Hahhaa. Iyap aku pun melakukan berbagai cara agar anak juga tak mudah sakit mba.S Syedih soalnya kalau sampai kejadian ya

Nabila Haqi mengatakan...

Waaah, PR banget nih buatku, biar anak gak mudah sakit. Btw, meniran itu jamu yang biasanya dipakai kakek buat jamu. Ternyata bagus juga ya buat anak-anak. Semoga anak-anak selalu terjaga dari keburukan dan selalu diberi kesehatan. Aamiiiin.

Grandys mengatakan...

Makasi mbaaa untuk tipsnya nih agar si kecil ga mudah terserang penyakit yaa karena tubuh anak-anak itu rentan. Dan baru tau nih kalo Stimuno ini adalah obat yg pemakaiannya sesuai anjuran dokter

@blogger_eksis mengatakan...

Mohon maaf!!

Tulisan yang ikut BW yang mana ya?
Kok aku nggak menemukan postingannya lagi??

Nike Antonio mengatakan...

Stimuno ini beneran bagus...waktu keponakanku sakit aku kasih minum ini dan dia suka...