Rabu, 26 Juli 2023

Yuk Moms Ajak Si Kecil Wisata Rasa MPASI dengan Royco Kaldu Spesial

                                   


                     

Moms,
Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan salah satu fase penting dalam 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil. Melalui fase ini, Si Kecil akan banyak belajar mengenai rasa, tekstur dan varian makanan serta cara mengunyah dan menelan.

Idealnya, MPASI diberikan ketika Si Kecil menginjak usia 6 bulan. Lewat usia ini, ASI ekslusif sudah tak lagi mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi yang kian bertambah seiring pertumbuhannya, seperti zat besi dan seng. Organ pencernaan Si Kecil pun berkembang, sehingga sudah siap menerima makanan padat secara perlahan dan bertahap.

Saat mulai MPASI, Si Kecil Almira lahap menelan apa pun yang aku suapkan. Tapi, semakin ia bertumbuh besar, kenapa malah sering menolak makan?  Duh apalagi pengalaman MPASI ku yang minim banget nih!

Anak pertama dan kedua, waktu itu aku masih bekerja, dan segala hal tentang mulai MPASI aku serahkan sama Tanteku yang waktu itu memgasuh kedua anakku.  Inilah salahnya, akhirnya saat punya si Kecil Almira, rasanya rumit banget memikirkan MPASI-nya. 

Minimnya pengetahuan berimbas pada menu MPASI yang itu-itu saja, tidak menarik apalagi tidak ada rasa.  Yah waktu itu yang kutahu kalau untuk MPASI gak boleh pakai garam dan micin.  Pokoknya gak boleh pakai rasa-rasa yang gak sehat.

Apalagi mengingat riwayat Si Kecil ku Almira yang lahir prematur dengan beberapa sakit yang menyertai, membuat aku ekstra hati-hati dan waspada, gak mau kasih sembarangan, ga pakai ini itu, yang akhirnya malah terasa hambar, gimana Almira gak GTM ? Aku aja sebagai ibunya ngerasa ' duh kok gini rasanya?" Pantesan aja Almira gak mau makan. 

Sebagai ibu jadi ngerasa gagal banget deh, urusan makan Si Kecil  Almira yang terlihat sepele namun malah jadi bikin khawatir dan panik.  Bagaimana dengan tumbuh kembangnya?

Wisata Rasa MPASI Royco

                      

Wisata Rasa Royco MPASI 

Senengnya kemarin tanggal 21 Juli 2023 bertempat di Balroom Hotel Intercontinental, Pondok Indah,Jakarta,
aku bisa ikutan jalan-jalan ber- Wisata Rasa dan mendapatkan pengetahuan tentang mitos dan fakta tentang MPASI

Hadir dalam Acara Wisata Rasa MPASI Royco  sebagai Pembicara, yaitu:
• Amaryllis Esti Wijono – Direktur Nutrition Unilever Indonesia
• Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN – Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas
Ekologi Manusia IPB University
• dr. Miza Afrizal, SpA – Dokter Spesialis Anak
• Nikita Willy – Celebrity Mom

Banyak mitos yang menganggap bahwa MPASI itu tidak perlu memiliki rasa, sehingga penggunaan gula, garam atau bumbu lainnya harus dihindari. Faktanya, penambahan gula, garam dan bumbu diperbolehkan selama masih dalam batasan rekomendasi.

• MITOS :
MPASI tidak boleh memiliki rasa
• MITOS  : .MPASI tidak boleh menggunakan bumbu
• MITOS : MPASI sebaiknya hanya sayur dan buah

• FAKTA : Lemak dan protein hewani boleh diperkenalkan sejak usia MPASI 6 bulan

                    


Mengenai MPASI, khususnya dalam hal rasa, penting untuk mengedepankan “Wisata Rasa”: memperkenalkan ragam rasa sesuai dengan batasan rekomendasi, serta aneka bahan makanan sejak dini guna mendukung tumbuh kembang anak dan mencegah Gerakan Tutup Mulut (GTM).

Untuk melengkapi “Wisata Rasa”, Royco mempersembahkan Royco Kaldu Spesial yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam, dan tanpa pengawet sehingga cocok untuk MPASI.

Inovasi Royco Kaldu Spesial Beri Edukasi dan Inspirasi Menu MPASI dalam Kampanye “Wisata Rasa”  Untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2023, Royco menegaskan komitmennya dalam mendampingi para Ibu di Indonesia memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan balita pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dengan meluncurkan kampanye “Wisata Rasa MPASI Royco”.

Kampanye ini bertujuan mendorong para ibu untuk terus memperkaya pengetahuan seputar Makanan Pendamping ASI (MPASI) – termasuk mitos dan faktanya – serta menghadirkan buku resep yang siap menjadi panduan ibu dalam mengkreasikan aneka menu MPASI sesuai pedoman “Isi Piringku”.

                                  


Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition Unilever Indonesia menyampaikan,
“Selama puluhan tahun, Royco selalu menjadi andalan ibu dalam menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi bagi keluarga. Dengan purpose Gerakan Pangan untuk Masa Depan, Royco memiliki komitmen berkelanjutan untuk berperan mencegah berbagai permasalahan malnutrisi di tengah keluarga Indonesia, tak terkecuali dalam periode MPASI.”

Periode MPASI adalah usia emas dimana anak mulai belajar dan mengenal makan, namun nyatanya banyak bayi mengalami gagal tumbuh atau stunting karena pemberian MPASI yang kurang baik.

“Sebagai bagian dari program Royco Nutrimenu, kami menghadirkan kampanye ‘Wisata Rasa MPASI Royco’ melalui inovasi Royco Kaldu Spesial Hijau Rasa Jamur dan Rasa Ayam yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam, dan tanpa pengawet – sehingga cocok dipergunakan dalam aneka menu MPASI.

Di kampanye ini, kami ingin membantu para ibu menghadirkan aneka sajian MPASI dengan nutrisi terbaik dan rasa yang disukai anak guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan di periode 1.000 HPK,” lanjut Amaryllis.

Kampanye ini berangkat dari fakta bahwa para ibu kini semakin gencar mencari tahu mengenai MPASI. Sayangnya, di tengah derasnya arus informasi, masih terdapat banyak mitos yang kerap membuat mereka khawatir.

                             


dr. Miza Dito Afrizal SpA, Dokter Spesialis Anak menerangkan, “Dari sekian banyak mitos yang beredar, salah satu yang paling sering muncul adalah perihal rasa. Karena indera pengecap bayi belum sempurna, MPASI dianggap tidak perlu memiliki rasa, sehingga penggunaan gula, garam atau bumbu lainnya harus dihindari. Faktanya, penambahan gula, garam dan bumbu diperbolehkan selama masih dalam batasan rekomendasi.

Moms juga perlu mengetahui bahwa sejak dalam kandungan, anak sebenarnya sudah mulai mengenal berbagai rasa dari makanan yang diasup oleh sang ibu. ASI sendiri bahkan sudah memiliki rasa manis gurih yang merangsang bayi untuk lahap mengonsumsinya. Jadi, rasa MPASI yang hambar atau tidak enak justru menjadi salah satu penyebab utama anak melakukan Gerakan Tutup Mulut atau GTM.

“Untuk itu, ibu perlu membimbing anak melakukan ‘Wisata Rasa’ di tahapan pengenalan MPASI dengan menambahkan gula, garam, atau bumbu lainnya sesuai takaran yang direkomendasikan agar membantu anak mengeksplorasi berbagai jenis bahan makanan dan rasa, sekaligus menambah nafsu makannya,” lanjut dr. Miza.
       

                               

Buku Resep “Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Spesial 


Untuk lebih menyebarluaskan pesan tersebut, kampanye “Wisata Rasa MPASI Royco” salah satunya menghadirkan buku resep “Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Spesial” berisikan 30 menu MPASI yang terdiri dari resep MPASI 6 bulan, resep MPASI 9 bulan, resep MPASI 12 bulan (yang kandungan natriumnya sudah mengikuti rekomendasi Angka Kecukupan Gizi 2019 – Kementerian Kesehatan RI), serta cara membuat MPASI lezat bernutrisi seimbang. Buku resep yang dapat diakses secara gratis melalui www.royco.co.id ini juga merupakan bagian dari program Royco Nutrimenu sehingga dikembangkan menggunakan pedoman "Isi Piringku".

Selain resep, buku ini juga memuat banyak panduan MPASI lainnya dengan informasi yang mudah dipahami.

                               


Nikita Willy, celebrity mom turut berbagi pengalaman. “Sebagai seorang new mom, aku sangat paham betapa pentingnya untuk selalu teredukasi dengan informasi yang terpercaya. Aku sendiri terus belajar di fase MPASI ini, termasuk dalam menyusun menu MPASI yang menarik, baik dari ragam rasa ataupun bahannya supaya bisa memberikan pengalaman ‘Wisata Rasa’ yang menyeluruh untuk Issa."

"Seneng banget sekarang ada pilihan rangkaian Royco Kaldu Spesial dan buku resep MPASI, aku jadi lebih percaya diri mengekplorasi variasi menu yang flavorful dan bernutrisi seimbang untuk Issa.”

Saat acara berlangsung, Mom Nikita Willy juga melakukan Cooking Demo membuat Tahu Bakso Kuah nih!

                          



Ternyata mudah dan praktis lho Moms untuk membuat menu MPASI buat si kecil, tentumya yang aman dengan rasa yang disukai si kecil

Tak hanya itu, Royco dan IPB University juga melakukan pemberdayaan kepada para kader kesehatan mengenai edukasi seputar nutrisi dan menu MPASI.

Dijelaskan oleh Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University, “Isu malnutrisi merupakan persoalan gizi yang harus dientaskan melalui edukasi secara berkelanjutan. Kami turut mendukung dengan kegiatan training of trainers (ToT) dan demo masak MPASI ke 100 orang kader kesehatan di wilayah Bogor. Di akhir training, kami telah melakukan evaluasi, dan terbukti bahwa pemahaman para kader kesehatan mengenai MPASI telah meningkat sebanyak 56,2%.

Selanjutnya, mereka akan menyebarluaskan pengetahuan yang telah didapatkan hingga menjangkau 1.000 ibu dengan bayi berusia di bawah 2 tahun.”

                              

Paling kiri : 

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN – Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas
Ekologi Manusia IPB University


kampanye “Wisata Rasa MPASI Royco” diawali melalui seminar dan demo masak Nutrimenu MPASI yang dihadiri lebih dari 800 ibu dari berbagai komunitas untuk menginspirasi mereka agar lebih kreatif menyusun menu MPASI dengan mengeksplorasi beragam rasa dan bahan makanan.

Pihak pemerintah pun turut menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap kampanye ini. Dalam sambutannya di acara peluncuran ini, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI menyatakan, “Mari kita bersama, berkolaborasi menekan prevalensi stunting di Indonesia. Kami mengapresiasi komitmen dari PT Unilever Indonesia, Tbk untuk membantu para ibu dalam mendukung program peningkatan gizi dan penurunan stunting melalui edukasi bertema ‘Wisata Rasa’ dan demonstrasi masak MPASI lezat bergizi seimbang kaya akan protein hewani.

Peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat kolaborasi yang sudah terjalin untuk meningkatkan kesadaran para orang tua terutama para Ibu Hebat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan gizi agar generasi muda Indonesia bisa tumbuh sehat dan semangat belajar.

“Semoga kampanye ini dapat membantu para ibu membedakan antara mitos dan fakta tentang MPASI, serta menggerakkan mereka untuk saling menginspirasi dalam membuat menu MPASI yang tidak hanya bernutrisi namun juga mampu melengkapi pengalaman ‘Wisata Rasa’ anak, tanpa rasa khawatir,” tutup Amaryllis.

Recook Tahu Bakso Kuah ala Royco

           


Liat Mom Nikita Willy demo masak MPASI “Tahu Bakso Kuah” untuk baby Isa kok jadi mupeng untuk recooked juga dirumah

Nah aku coba bikin Tahu Bakso Kuah nih!

Bahan-bahannya :
Tahu putih kecil belah tidak putus, wortel,  daun bawang, jahe , bawang outih, bawnag Bombay, dan juga ayam cincang
Gula pasir, tepung maizena dan Royco Kaldu Ayam S.pesial

Cara buat :
• Campur daging giling, daun bawang, tepung maizena, bawang putih bawang Bombay, gula pasir dan Royco Kaldu Ayam Spesial yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam, dan tanpa pengawet.
• Didihkan kaldu tanpa garam masukkan tahu bakso, wortel dan rebus hingga matang

Yeayy tahu bakso kuah buat Almira udah matang nih!

                     


Moms juga bisa nih coba  menu MPASI ala Royco.  Ada 30 menu yang bisa Moms coba buat si kecil dirumah.
Bisa cek juga resepnya di website : www.royco.co.id
Atau bisa juga cek di Instagram Royco : @roycoindonesia

Senengnya aku bisa ikutan " Wisata Rasa" Royco MPASI, aku pun jadi bisa membedakan antara mitos dan fakta tentang MPASI, serta mendapatkan inspirasi dalam membuat menu MPASI si kecilku  Almira yang tidak hanya bernutrisi namun juga mampu melengkapi pengalaman ‘Wisata Rasa’ anak, tanpa rasa khawatir lagi.
Almira jadi lahao makannya, dan aku gak khawatir lagi dengan tumbuh kembangnya.

                  

Momblogger 

#WisataRasaMPASIRoyco 

#RoycoKalduSpesial 

#CocokUntukMenuMPASI

24 komentar:

Cyntia Yoga mengatakan...

Lhaa sama kaya zhafira awal MPASI lahap segala di makan. Sekarang agak susah. Semenjak masak MPASI pakai royco balik lagi nafsu makannya

hendro mengatakan...

Wah ternyata klo MPASI buat bayi boleh dikasih gula, garam dan bumbu, baru tau nih. Selama ini kan dengar dari cerita orang tua dahulu, klo bayi ga boleh di kasih makanan dengan rasa. Makasih Royco dan penulis dah buka wawasan kita.

Anonim mengatakan...

Sama dunk, aku pakai Kaldu Royco Hijau 🥰, rasa nya enakk

Keke Naima mengatakan...

Setuju. Yang penting pemberian rasanya jangan berlebihan. Lagian gak enak juga kan kalau rasanya hambar. Seneng deh Royso bikin sosialisasi begini.

Sefa mengatakan...

Happy mba aku sekarang makin kemari MPAsi lebih mudah dan ga ngejelimet kaya waktu anak pertama haha

Yanti mengatakan...

Seru banget sih acaranya jadi tahu kalau Royco Kaldu Spesial cocok bngt ditambahkan kedalam menu Mpasi supaya anak juga tambah suka makanan yang disajikan

Maya Rumi mengatakan...

aku salah satu yang happy deh dengan adanya kampanye wisata rasa ini, jadi gak perlu ribut sm nenek dan orang lain yang masih blm tahu kalau penggunaan gula, garam dan bumbu dalam MPASI itu juga sudah bukan mitos lagi untuk MPASI bayi sehingga bisa menanggulangi gtm yang kerja terjadi

Indri mengatakan...

Asyik banget ya bisa wisata rasa bareng Royco Kaldu Spesial

lendyagassi mengatakan...

MPASI ini tahapan yang bikin deg-degan banget sii..kalo aku.
Karena kaya mencoba masakan A-Z dengan aneka rasa. Alhamdulillah, kini ada buku resep sekaligus Wisata Rasa MPASI Royco yang bisa bantu variasi menu MPASI si kecil agar lahap makannya.

Linda Puspita mengatakan...

Wah auto langsung kunjungi website Royco nih ma, penasaran pengen intip Buku Resep “Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Spesial

Dewi Setyowati mengatakan...

Wah tahu baksonya jadi bikin pengen nih Mbak hehehe.. MPASI homemade resepnya bisa buat dimakan orang gede jg kan ya wkwk.. Inovasi banget ini ya Royco ngadain kampanye wisata rasa.

Fenni Bungsu mengatakan...

Kita yang dewasa aja kalau mengenal rasa pada makanan tuh bikin semangat makannya ya mbak, apalagi buat si kecil yang sedang dalam masa tumbuh kembangnya hehe

Efa Butar butar mengatakan...

Ngebayangin wisata rasa MPASI pake Royco, sampe anak anak pada lahap. Wisata rasa kalau pake Royco, orang dewasa juga kayaknya pada doyan ya mba. Hihi

Bayu Fitr mengatakan...

Pemberian makanan pendamping ASI ini ternyata harus dibikin enak ya spya debaynya gak nolak tapi ya hrs perhatikan gizi dan nutrisi juga

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Seneng banget kalau melihat anak bisa lahap menikmati MPASI nya ya, apalagi pada saat pengalaman pertama kali menikmatinya, dengan ROYCO semua jadi lahap

Andiyani Achmad mengatakan...

jadi MPASI anak tuh sebenarnya harus ada rasanya ya biar anak-anak lahap makannya

Dee_Arif mengatakan...

MPASI pakai Royco kaldu ayam spesial ini bikin anak lebih lahap makannya ya mbak

Elliza mengatakan...

Lihat menu tahu bakso kuahnya aja tempting banget, mbak. Si kecil pasti suka juga dong, apalagi rasanya juga lezat.

Siti Nurjanah mengatakan...

Dalam mempersiapkan menu MPASI, orang tua harus aware juga dan memahami secara mendalam. Menarik nih Royco menghadirkan resep aneka sajian MPASI dengan nutrisi baik yg tentunya memiliki rasa dan mungkin akan disukai anak

Fenni Bungsu mengatakan...

Nah iya kita yang dewasa aja udah punya perasaan itu, apalagi si kecil ya jadi makin lahap makannya

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Aku jadi penasaran event ini ada di Surabaya (semoga) supaya makin memotivasi emak buat MPASI demi tumbuh kembang optimal anak

Sabrina mengatakan...

legend banget ya Royco ini dari zaman dulu dna di rumah juga sering banget pakai Royco, wah ada pasti banyak banget ilmu gizi yang didapat selama acara ya kak

Naqiyyah Syam mengatakan...

Ingat banget zaman anak MPASI, aku sampai ikut kelas MPASI loh dan semangat banget nyobain resepnya. Alhamdulillah kini anak sehat dan aku masak juga pakai Rocyo loh

hida mengatakan...

Bikin anak jadi makin lahap ya makannya dengan menu-menu buatan rumahan apalagi pake kaldunya kaldu royco