Senin, 24 September 2018

25 Tahun Dompet Dhuafa, Menjawab Panggilan Zaman


                       
                  25 Tahun Dompet Dhuafa 
                Menjawab Panggilan Zaman

Ada yang berbeda saat memasuki areal Tugu Proklamasi,  Jakarta Pusat,  pada tanggal 22 September 2018 kemarin. Orang-orang datang silih berganti,  memakai kaos dominasi warna putih dan hijau menyemarakkan suasana.  Ya benar,  Dompet Dhuafa lagi punya gawe Menuju 25 Tahun Kedua,  Dompet Dhuafa Gelorakan Semangat Menjawab Panggilan Zaman".

                 
                    ( dok. Dompet Dhuafa )

Dompet Dhuafa menggelorakan semangat LOVER ( Lombok Recovery)  mengembalikan Lombok untuk pulih kembali.  Puluhan komunitas hingga ribuan masyarakat berkumpul menjadi satu.   Dalam rangka menjawab panggilan zaman,  Dompet Dhuafa terus berkomitmen untuk bersama mitra,  donatur,  komunitas maupun elemen masyarakat untuk membangun negeri.   Pada gelaran kali ini turut digelar acara 25 pernikahan dan sunatan massal,  arena permainan tradisional,  festival mural,  skateboarding,  bazar produk pemberdayaan Dompet Dhuafa, Aksi Layan Sehat,  Pijat Gratis dari Tuna Netra,  Donor Darah,  hingga Pentas Seni dan Budaya.

                       
                         ( dok . pribadi  )

"Dompet Dhuafa menjawab panggilan zaman dan khusus rangkaian Lombok Recovery,  kita akan mensosialisasikan hingga mengomunikasikan kepada masyarakat,  inilah sinergi Dompet Dhuafa bersama dengan para mitra,  donatur,  komunitas hingga seluruh elemen masyarakat yang telah berlangsung pada respon bencana Lombok, " ucap drg. Imam Rulyawan,  selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Dompet Dhuafa sudah terjun dengan berbagai program untuk Lombok Recovery ( LOVER ) mulai membangun Masjid Sementara,  Sekolah Sementara,  Hospital Keliling (HOPING)  dan Rumah Sementara Bale Nyaman ( Rumtara Baleman)  yang ramah dikawasan bencana gempa.
Dompet Dhuafa dalam respon bencana gempa bumi Lombok,  telah menurunkan tim rescue dari Disaster Management Center ( DMC ), Psychological First Aid,  Dapur Umum,  Dapur Keliling,  Tenaga Medis seperti Dokter Spesialis Bedah dan Spesialis Penyakit Dalam,  Dokter Umum,  Perawat,  Bidan,  serta aktivis kemanusiaan lainnya.

Selain kegiatan Dapur Keliling,  terdapat Aksi Layan Sehat ( ALS),  pendirian pos pengungsian,  pendirian Dapur Umum, pembangunan MCK sementara,  pembangunan Masjid sementara,  inisiasi  pembangunan Sekolah Darurat,  Sekolah Ceria,  Layanan Dakwah,  pengadaan pipanisasi untuk pengungsi korban gempa dan distribusi tandon air,  serta Motor Kilat,  yang berkeliling melayani kebutuhan kesehatan untuk mobilitas ke sejumlah wilayah terpencil,  dan sulitnya medan karena akses terputus.

                     
                     Bpk.  Imam Rulyawan
          Sumber.  Muslimmobsession. Com

drg.  Imam Rulyawan MARS menyampaikan : " Hari ini kita memasuki fase recovery di  Lombok, tentu harapannya melibatkan masyarakat lebih banyak lagi untuk tetap memberikan perhatian.   Bukan hanya perhatian dari sisi materi dan non materi,  tapi perhatian tersebut harus berkelanjutan,  bukan hanya saat pads respon saja ramai perhatian, tetapi saat recovery-nya tidak berjalan dengan baik.  Tentunya kita melanjutkan recovery di daerah-daerah yang telah mendapatkan respon kebencanaan dari Dompet Dhuafa, " pungkasnya.


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF ( Zakat,  Infak,  Sedekah,  Wakaf ), serta dana lainnya yang halal dan legal,  dari perorangan,  kelompok,  perusahaan / lembaga.   Selama 25 tahun lebih,  Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial,  kesehatan,  ekonomi,  dan kebencanaan serta CSR.

Berawal dari realita kemiskinan yang menjerat sebagian masyarakat di negeri Indonesia, menjadi keprihatinan tersendiri bagi awak media di harian umum Republika.  Berita yang beredar mengenai kemiskinan,  mengusik nurani.   Pada akhirnya di medio 1993, Parni Hadi selaku Pemimpin Redaksi pada waktu itu,  menginisiasi dan mendirikan program Dompet Dhuafa sebagai wadah penggalangan donasi dari zakat,  infak,  sedekah,  dan wakaf dari masyarakat penderma.   Dimana  dana yang terkumpul disalurkan melalui program yang terencana dan dipertanggungjawabkan secara berkala.

Pada periode pertama donasi sebesar  Rp.  425.000,- dari para donatur mengalir melalui Dompet Dhuafa .  Nominal tersebut menjadi awal penghimpunan dan lahirnya Dompet Dhuafa yang terus berkomitmen untuk memberdayakan sesama.   Bahkan dalam jejak perjalanan 25 tahun Dompet Dhuafa,  baik dari penghimpunan, sinergi,  atau kolaborasi  mitra terus tumbuh untuk menekan kemiskinan,  dan memberdayakan masyarakat miskin,  serta dhuafa melalui lima pilar pemberdayaan yaitu  : pilar pendidikan, ekonomi, kesehatan, pengembangan sosial dan budaya, serta dakwah.

Dalam perjalanan merajut asa untuk keberdayaan sesama dari periode 1993-2018, lebih dari 16 juta jiwa penerima  manfaat dari pilar-pilar pemberdayaan serta belasan ribu relawan ( DD Volunteer) yang ikut dalam barisan membentang kebaikan Dompet Dhuafa.  Berawal dari program memberantas rentenir yang berkolaborasi dengan ICMI Bandung, kini Dompet Dhuafa terus berkhidmat memberdayakan sesama melalui pilar pendidikan, ekonomi, kesehatan, pengembangan sosial dan budaya, serta dakwah.


25 Tahun Dompet Dhuafa,  Menjawab Panggilan Zaman.

Meriah sekali acara di Tugu Proklamasi ini. Pagi-pagi sudah disambut senam/zumba bersama.  Lihatlah betapa semangat dan antusiasnya para peserta mengikutinya.   Keringat bercucuran, panas menyengat tidak mengurangi keceriaan.

       
                   Berfoto bersama sehabis                                            senam/zumba

Acara 25 pernikahan dan sunatan massal juga digelar disini.   Sungguh bahagia melihat wajah-wajah calon pengantin.   Jelas tergambar diwajah mereka rona kebahagiaan bersanding dengan pasangan,  yang mungkin sebelumnya tidak terbayangkan karena terkendala biaya untuk pernikahan dan Dompet Dhuafa membantu mewujudkannya.   Pun sama dengan anak-anak peserta sunatan massal,  tampak mereka bahagia dan senang.
                 
                  Nikah massal & Sunatan
                  Dok.  Mpo Ratna Febri

Para peserta pun dimanjakan dengan doorprize yang melimpah,   namun sayang sampai acara berakhir sore hari,  tak terdengar nomor undianku disebut.   Yah belum rejeki.   Tapi melihat pancaran kebahagiaan mereka -mereka yang mendapatkannya,   aku pun turut bergembira.  Rejeki sudah diatur Yang Maha Kuasa.

Donor Darah menjadi salah satu tujuanku.   Walaupun sudah  bertahun-tahun yang lalu terakhir kali aku melakukannya.   Namun dengan kemantapan hati,  niat sedekah darah untuk yang membutuhkan.   Yess akhirnya terlaksana.   Walau ada adegan ngeri-ngeri takut ditahan,  Alhamdulillah lancar.   Semoga berkah aamiin.

Bazar produk pemberdayaan Dompet Dhuafa juga menarik perhatian pengunjung.   Aneka sayuran segar dan buah-buahan bisa dibeli dengan harga murah.
                   
                             Donor darah

                   
                  Buah & sayur yang kubeli 

Acara ini juga dihadiri bapak Anies Baswedan  ( Gubernur DKI Jakarta).   Berdesak-desakan ingin mengabadikan foto beliau,   akhirnya mengalah dapat foto dari teman sajalah.

Siang panas terik,   dihadiahi suguhan bakso dan siomay gratis untuk para peserta.  Sungguh kami sangat dimanjakan.   Dari pukul 07.00-17.00 WIB tidak terasa karena sajian hiburan dan acara yang penuh dengan kegembiraan dan keceriaan untuk semua.   Tua-muda,  anak-anak,  laki-laki dan perempuan semua berbahagia.

Terima kasih Dompet Dhuafa,   selamat Milad ke-25 semoga semakin berjaya untuk masyarakat Indonesia.

                   
Berfoto di photoboth free



7 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Wah seru bangett ya acaranya

Selvi mengatakan...

Acaranya keren ya....sayang ga bisa ikutan

Mporatne mengatakan...

25 tahun dompet dhuafa selalu memberikan kegembiraan bagi masyarakat sekitar

Khusnul khotimah mengatakan...

Seru bgt ya acaranya..

Unknown mengatakan...

mantap

Selvi mengatakan...

DD memang selalu bersinergi dalam membangun masyarakat dhuafa...
Aku iri kalian bisa ikutan donor darah...aku ga bisa sih....

Tetty Hermawati mengatakan...

Dompet dhuafa emang keren, alhamdulillah jadi banyak kaum dhuafa terbantu dan bisa punya harapan hidup yang lebih baik yaa