Kamis, 06 Desember 2018

Nestle Nutrition Masterclass - Probiotik Untuk Anak Sehat dan Bahagia

             
                       
              Hadir di acara Nestle Nutrition
                              Masterclass

Hai moms,
Tanggal 29  November 2018 lalu , Saya hadir di acara :  Nestle Nutrition Masterclass
"Probiotics for Happy & Healthy Generation "

Acara ini merupakan bagian dari upaya Nestle dalam meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat, Nestle Indonesia mengadakan Nestle Nutrition Masterclass.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Nestle untuk berbagi informasi seputar gizi yang relevan, dengan menghadirkan narasumber  ahli dan terpercaya. Informasi yang dibagikan diharapkan dapat menjangkau orang tua dan membantu mereka dalam membuat keputusan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak.

                     
                         Para pembicara

Acara kali ini menghadirkan para Pembicara :
1. Prof. Yvan Vandenplas, Ketua Pediatri di Free University of Brussels Academic Hospital, Belgia
2. Dr. dr Ariani D. Widodo, SpA(K), Dokter Spesialis Anak
3. dr. Ray Basrowi, MKK, Head of Medical & Nutrition Services Nestlé Indonesia

Tema kali ini sangat bermanfaat sekali untuk perkembangan anak.  Bahwa seorang anak tidak hanya tumbuh dan berkembang saja.  Namun pertumbuhan mereka haruslah sehat dan anak merasa bahagia.

Anak yang sehat dan bahagia  merupakan dambaan setiap orang tua.  Namun pernahkah terpikir oleh para moms apakah yang sudah kita berikan untuk anak kita merupakan hal yang sudah baik?

Sama dengan saya pribadi.  Saya berpikir apa yang sudah saya berikan untuk anak adalah sehat dan membuat mereka bahagia.  Kenyataannya tidaklah seperti itu.

Ternyata probiotik lah yang memegang peranan penting untuk membuat anak bisa selalu sehat dan bahagia.

Apa itu probiotik?  Apakah sama dengan prebiotik?

Probiotik adalah jenis dari bakteri baik. Organisme ini hidup di dalam usus dan memiliki manfaat kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan atau susu formula yang mengandung probiotik dapat mencegah dan mengatasi diare kronis atau akut pada anak-anak, yang mungkin terkait dengan penggunaan antibiotik.

Sedangkan prebiotik adalah makanan bagi probiotik agar bisa terus berkembang biak dalam tubuh.

                   
                     dr. Ray Basrowi, MKK

dr. Ray Basrowi, MKK, Head of Medical & Nutrition Services Nestlé Indonesia

Bahwa membuat anak bertumbuh sehat dan happy dgn menjaga sistem pencernaannya.
Konsep intervensi nutrisi yaitu dengan pemberian probiotik , bakteri-bakteri baik yang ada di sistem pencernaan kita, yang jumlahnya ada banyak  milyaran bakteri baik ditubuh kita.  Konsep mutakhir adalah pemberian probiotik , lewat susu pertumbuhan,  dengan memberikan konsep happy nutri.

                       
                             Happy Nutri

Selama lebih dari 150 tahun, Nestle terus berupaya untuk menghadirkan produk-produk inovatif berbasis ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membantu mewujudkan keluarga Indonesia yang lebih sehat dan bahagia.  Inovasi tersebut tercermin dari upaya Nestle S.A yang selama lebih dari 55 tahun telah meneliti probiotik dan manfaatnya, hingga akhirnya memiliki tekhnologi untuk mengaplikasikan probiotik ke dalam produk makanan.  Nestle Nutrition Masterclass menjadi wadah untuk berbagi informasi mengenai solusi dalam menghadapi tantangan pemenuhan nutrisi untuk anak-anak Indonesia, salah satunya mengenai peran probiotik dan pentingnya menambahkan probiotik ke dalam susu pertumbuhan.

                     
                    Prof. Yvan Vandenplas


Prof. Yvan Vandenplas, Ketua Pediatri di Free University of Brussels Academic Hospital, Belgia.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa bulan-bulan pertama kehidupan merupakan masa yang sangat penting untuk perkembangan mikrobiota gastrointestinal. Mirobiota tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna, tetapi juga memiliki peran penting bagi tubuh karena dapat mempengaruhi kesehatan kita.  Para oran tua harus memahami tentang mikroorganisme hidup yang disebut probiotik, yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup, akan bermanfaat untuk kesehatan.

Bakteri baik ada 3 :
1. Lactobacillus reuteri
2. Lactobacillus rhamnosus
3. Bifidobacterium lactis

                     
                                Probiotik

Untuk membentuk happy dan healthy yaitu dengan memberikan intervensi nutrisi yaitu probiotik.

Probiotik merupakan mikrobiota baik yang terdapat di dalam usus besar dan usus kecil, yang bukan hanya berfungsi menjaga kesehatan pencernaan saja, tetapi juga mempengaruhi otak yang akan menentukan kognitif (kecerdasan) anak. Probiotik yang terdapat di usus bernama Lactobacillus reuteri.

Manfaat Lactobacillus reuteri antara lain untuk membantu mencegah infeksi , menyembuhkan kolik , memperlakukan dan mencegah diare, mendukung kesehatan gigi.

Lactobacillus rhamnosus, bakteri baik ini dimanfaatkan sebagai sumber probiotik yang ditambahkan ke dalam produk makanan atau minuman seperti yoghurt, susu bubuk, dan lainnya. Berbagai riset menyebutkan, bakteri ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah diare, menyehatkan organ hati dan saluran cerna, meningkatkan imunitas.

Moms tak perlu khawatir tentang kecukupan jumlah bakteri baik ini di saluran cerna si Kecil, utamanya bila ia sudah rutin mengonsumsi makanan dengan porsi cukup dan gizi seimbang.  Namun, untuk memastikannya, maka akan lebih baik jika ia mengonsumsi minuman dan makanan yang telah ditambahkan bakteri  Lactobacillus rhamnosus ke dalamnya.

Bifidobacterium lactis adalah salah satu genus bakteri asam laktat yang hidup di dalam usus besar manusia dan hewan. Bakteri  ini telah digunakan secara komersial sebagai probiotik dalam pembuatan yogurt dan produk olahan susu lainnya

                   
            Dr.dr. Ariani D. Widodo, SpA(K)

Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA(K), Dokter Spesialis Anak

Probiotik terbukti bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna, sehingga dapat berfungsi optimal untuk penyerapan nutriai dari makanan yang telah dicerna.
Makanan merupakan salah satu media perantara pemberian. Susu pertumbuhan salah satu contoh makanan yang menyediakan kebutuhan nutrisi dan dapat digunakan sebagai media probiotik.

Tentang Nestle Indonesia

Nestle Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A yang merupakan pelopor dalam bidang nutrisi dan kesehatan.

Sebagai perusahaan makanan dan minuman,  Nestle memiliki pusat penelitian dan pengembangan ( R& D) terbesar didunia, yang terdiri dari 40 pusat tekhnologi produk dan penelitian dan pengembangan di seluruh dunia.

                   
                            Produk Nestle

Nestle berkomitmen untuk mengembangkan produk-produk inovatif yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak untuk meningkatkan kualitas hidup, dan selama lebih dari 55 tahun Nestle secara global telah meneliti probiotik dan mengaplikasikannya kedalam produk makanan.

                     

                            Produk Nestle

Jadi peran probiotik itu sendiri tidak terhenti di saluran cerna saja, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang juga kebahagiaan anak.  Saluran cerna yang sehat, yang didukung oleh kandungan probiotik,  yang merupakan fondasi utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak termasuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak,  juga menjadi fondasi untuk suasana hati dan kebahagiaan anak.

Nah moms, mari kita berikan makanan dan susu pertumbuhan yang mengandung probiotik , untuk mendukung kesehatan dan kebahagiaan anak kita.  Untuk generasi kini dan nanti.

                   


4 komentar:

Selvijua mengatakan...

Baru tau apa itu probiotik

Unknown mengatakan...

Tq tulisan ibu meilia, jadi tahu ttg probiotik
Jadi pilih nestle saja yg jelas ada kandungan probiotiknya

Indri astuti mengatakan...

Nestle memang selalu memberikan yang terbaik ya buat para konsumennya

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat,jadi tahu ap itu probiotik