Kamis, 04 April 2019

Program Pelatihan Otak Smiling Star : Metode Mengembangkan Ketrampilan Kognitif Anak-Anak



                       
         Peluncuran program pelatihan otak
                              Smiling star


Aku ingin begini, aku ingin begitu..
Ingin ini, ingin itu banyak sekali.
Hal ini sebenarnya tanpa kita sadari, kita benar-benar memforsir kerja otak.
Sadarkah kita kalau otak itu mengalami penurunan?  Penurunan ini terjadi bahkan jauh sebelum kita merasa telah tua.

Otak manusia adalah organ utama sistem saraf manusia, dan dengan sumsum tulang belakang membentuk sistem saraf pusat. Otak terdiri dari otak besar, batang otak dan otak kecil. Ia mengendalikan sebagian besar aktivitas tubuh, memproses, mengintegrasikan, dan mengoordinasi informasi yang diterimanya dari organ-organ indera, dan membuat keputusan mengenai instruksi yang dikirim ke seluruh tubuh. Otak terkandung dalam, dan dilindungi oleh, tulang tengkorak kepala.


                       


Otak adalah organ yang sangat vital bagi kita.  Penurunan fungsi otak akan terjadi jika bekerja akan membuat otak terus beraktivitas sehingga fungsi kognitif akan tetap dalam kondisi yang baik. Namun, jika bekerja dilakukan dengan terlalu lama, maka otak juga bisa mengalami stres yang pada akhirnya akan berimbas buruk bagi fungsi kognitif otak. Jika hal ini terjadi karena sebenarnya semenjak usia 20an, manusia sudah mengalami penurunan kemampuan memproses informasi pada otaknya yang disebut sebagai fase fluid intelligence. Sementara itu, pada usia 30 tahunan, kemampuan/ skill, pengalaman, dan juga pengetahuan juga akan semakin menurun dan disebut sebagai fase crystallised intelligence, dan pada usia 40 tahun, kemampuan daya ingat, pengenalan pola, hingga ketangkasan mental juga semakin menurun.

Untuk itulah Program Pelatihan Otak untuk anak kita sangat penting dan dibutuhkan, yang sebelumnya terpikirkan olehku pun tidak.

Sampai aku ikut di acara
"Peluncuran Program Pelatihan Otak Smiling Star" yang berlokasi di Smiling Star Preschool, Pos pengumben no.40
Inside Permata Mediterania Housing.

Tentang Smiling Star dan Program Pelatihan Otak


                        
                              mr.jimmy

Mr.Jimmy New, PBM (  Managing Director Smiling Star ) menjelaskan bahwa,  sebagai penyedia pendidikan, Smiling Star selalu percaya bahwa fondasi bagi anak-anak untuk berkembang secara kognitif, emosional dan sosial adalah yang paling penting. Dengan demikian, mereka telah mengembangkan banyak kurikulum dan Program Pelatihan otak untuk membantu anak-anak mencapai hasil yang lebih baik saat mereka tumbuh.

Smiling Star telah mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan Neeuro, perusahaan kesehatan digital terkemuka, untuk menyediakan Program Pelatihan otak yang unik yang disebut Program Pelatihan Otak Smiling Star sebagai program modern dan unik untuk meningkatkan kognisi. "Dengan Program Pelatihan Otak Smiling Star , kami ingin memberi anak-anak metode dan peluang baru untuk mengembangkan keterampilan kognitif mereka: dan dengan demikian, lebih lanjut menghabiskan kapasitas mereka untuk belajar dan unggul dalam kehidupan, sejak usia sedini mungkin" kata Dr. Alvin Chan , CEO Neeuro.

Selama Hari Nasional Singapura 2017, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga menyoroti dalam pidatonya bahwa stimulasi kognitif selama prasekolah sebagai aspek penting dari perkembangan anak di tahun-tahun awal mereka untuk memberi mereka fondasi yang baik.

Kemitraan dengan Neeuro memungkinkan anak-anak prasekolah untuk memulai pelatihan otak sejak usia muda menggunakan permainan kognitif yang dirancang khusus dan sensor gelombang otak yang membantu dalam mengukur tingkat fokus dan keterlibatan anak.

                       
                          hellosehat.com

Program Pelatihan Otak Smiling Star akan memaksimalkan kemampuan anak-anak dengan peningkatan keterampilan kognitif, yang sangat penting untuk belajar, membaca, fokus, dan pemecahan masalah. "Otak yang baik membantu dalam memiliki rentang perhatian yang lebih baik, memori yang bekerja dan kemampuan belajar, serta untuk tampil lebih baik dalam tugas wawasan kreatif karena mereka berpikir lebih baik dan lebih jelas. Kemitraan kami dengan Neeuro memberi anak-anak kami sebuah awal dalam perjalanan pendidikan mereka dan mempersiapkan mereka untuk Abad ke-21 dan masa depan, "kata Mr Jimmy New, PBM, Managing Director Smiling Star.

                        


Smiling Star telah bekerja sama dengan Neeuro untuk menyediakan Program Pelatihan Otak Smiling Star untuk prasekolah dan sekolah di Singapura dan Vietnam. Tahun ini, kami akan memperkenalkan Program Pelatihan Otak Smiling Star ke Indonesia melalui semua sekolah dan taman kanak-kanak.

                     
           Peluncuran Program Pelatihan Otak
                            Smiling Star


Smiling Star  itu sendiri adalah penyedia pendidikan pemenang penghargaan yang menyediakan layanan Playgroup, anak-anak, layanan siswa dan program pengayaan. Didirikan pada tahun 2001, Smiling Star berupaya mengembangkan para pemimpin global masa depan dengan pola pikir positif, semangat ketekunan, karakter yang baik, kreativitas, linguistik yang baik, dan keterampilan kerja tim yang hebat melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek, tematik, dan pengalaman. Smiling Star telah dianugerahi Asia Pacific Brands Award pada 2012, Singapore Brain Award pada 2012/2013, Top Business Achiever Award, Spirit of Enterprise Award pada 2016 dan Kurikulum Pra Sekolah Tiga Bahasa Terpadu Pengayaan Terintegrasi Terpadu 2019 oleh Parents World Magazine.

Tentang Neeuro

Didirikan pada tahun 2013, Neeuro adalah platform teknologi otak terkemuka yang berfokus pada pemberdayaan orang untuk hidup lebih bahagia dan lebih sehat melalui teknologi neuro dan gamifikasi. Dikembangkan bekerja sama dengan lembaga penelitian nasional, produk dan layanan Neeuro fokus pada kesehatan otak digital dan teknologi pendidikan untuk membantu orang dari segala usia untuk mengoptimalkan potensi otak mereka.

Neeuro saat ini melayani lebih dari 50 negara dan juga telah mengimplementasikan program dan layanan pelatihan otak di pusat-pusat komunitas dan lembaga pendidikan, antara lain. Neeuro telah memenangkan beberapa penghargaan, dengan yang terbaru adalah Juara untuk Praktik Terbaik Regional dalam KTT Penghargaan (SEA) 2016 di bawah Kerangka Kerja PBB. Neeuro bekerja secara global dengan mitra seperti penyedia pelatihan, integrator sistem teknologi, dan sekolah untuk memberi manfaat bagi anak-anak. Menggunakan solusi modern untuk keterampilan kognitif seperti perhatian dan memori ditekankan dan diasah.

Program Pelatihan Otak Smiling Star bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan akademik setiap anak melalui hasil pembelajaran yang lebih baik.


                       


                        
Mencoba pelatihan otak
Menggunakan senze band


Sebagai salah satu peserta dalam acara " Peluncuran Program Pelatihan Otak Smiling Star" , aku berkesempatan  mencoba untuk melihat kinerja otakku dengan menggunakan alat yang disebut  Senze Band yang dipasang di kepala.

                        
                     Tablet dan Senze Band

Kemudian menggunakan Tablet, aku bisa melihat grafik kinerja otakku.  Bisa dilihat apakah mengalami kelelahan, tidak fokus, dan bagaimana kemampuan berpikir otak.

                        

                         
                hasil dari kinerja otakku
                 saat bermain games


Yang lebih menyenangkan karena aku diajak untuk bermain games.  Games ini berupa permainan yang menyenangkan namun mengasah otak.  Tak kusangka, permainan yang dengan mudah diselesaikan oleh anak usia 4 tahun,  namun sulit bagiku.  Duh ternyata di usiaku yang menjelang 40 tahun ini benar-benar mengalami penurunan otak yang berarti.  Karena dari awal memang tidak menyadari dan tidak berkeinginan untuk melatih otak.  Padahal ini adalah hal yang sangat penting.


                       
                               ms. Veni


Kata Ms.Veni yenti - Smiling Star Jakarta Reprensentative , dengan melakukan Pelatihan Otak terus menerus seperti ini, maka kemampuan kognitif pada otak akan meningkat. 

Setelah mengenal Smiling Star, aku berkeyakinan, anakku pun harus mengikuti Program Pelatihan Otak ini, karena agar bisa mengetahui kemampuan kecerdasannya sehingga mampu untuk memilih hal yang tepat untuk meraih cita-cita.

Yuk moms kenali kecerdasan otak kita dan anak-anak kita dengan Pelatihan Otak.  Jangan sampai otak kita mengalami penurunan namun hanya dibiarkan saja.

                      
                 Bersama teman blogger 
                          Di smiling star


Untuk informasi lebih lanjut tentang Program Pelatihan Otak Smiling Star atau peluang Waralaba, hubungi kami di
Smiling Star International Pte Ltd
Alamat Singapura: 3A Gambas Crescent Nordcom One Singapura 757089
Telepon: +6562571101
Email: [email protected]

Alamat Indonesia: APL Tower Lantai 7 Unit T7 Central Park
Jl. Letjen. S. Parman, Kav 28 Tanjung Duren Selatan
Grogol Petamburan Jakarta Barat 11470
Telepon: +62 0818 0759 1803
Email: [email protected]


Sumber :  
- Press release Smiling Star
- wikipedia
- hellosehat.com
- hellodokter.com

1 komentar:

Mila Kamila Rahmat mengatakan...

Wah nice info bgt mba, ternyata seiring bertambahnya usia semakin mengalami penurunan ya kinerja otak tuh, pantes aja skrg suka gampang pelupa, berarti pelatihan untuk otak juga jgn d anggap hal yg sepele ya biar kinerja otaknya tetap stabil��