Sabtu, 04 Mei 2019

Ayo Naik LRT Jakarta, Budaya Baru Bertransportasi Publik



                       


Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2019, PT LRT Jakarta  mengadakan acara sosialisasi yang bertemakan :

“Edukasi Budaya Baru Bertransportasi Publik – Melaju Bersama Menuju Jakarta yang Maju Kotanya dan Bahagia Warganya.”

Acara ini sendiri berlangsung pada hari Kamis, 2 Mei 2019, dan bertempat di Stasiun Velodrome LRT Jakarta.

Acara edukasi yang diadakan PT LRT Jakarta ini mengundang peserta yang terdiri dari anak-anak sekolah dasar beserta guru pendamping dan perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi, komunitas disabilitas, blogger, dan rekan-rekan media.

                         


Aku bersama teman dari Taudariblogger berkesempatan ikut hadir pada acara ini.  Sudah dipastikan aku senang sekali bisa turut merasakan naik LRT Jakarta.

Kami mendapatkan sosialisasi pengenalan LRT Jakarta secara umum, dilanjutkan dengan edukasi budaya baru bertransportasi publik dan berkeliling stasiun untuk memperlihatkan fasilitas yang dimiliki oleh LRT Jakarta, edukasi tata cara naik LRT Jakarta secara baik dan benar.

Hal ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari serangkaian acara sosialisasi yang telah dilaksanakan sebelumnya, diantaranya Sosialisasi Naik JAK 24, Naik LRT J yang telah diselenggarakan pada 4-18 Maret 2019, Sosialisasi LRT Jakarta dan Writing Workshop Bersama Blogger yang telah dilaksanakan pada 26 April 2019.  Dari dua kegiatan tersebut, PT LRT Jakarta juga telah mengadakan Kompetisi Video Review Naik LRT Jakarta dan Lomba Menulis Artikel.

Acara ini juga sekaligus sebagai bentuk kampanye LRT Jakarta yang mengajak masyarakat untuk naik transportasi publik dengan menghargai hak sesama penumpang, menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan, sehingga masyarakat dapat turut serta berperan dalam mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya.

Kegiatan kampanye dilakukan dengan memberikan serangkaian aktivitas.  Anak-anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Komunitas Disabilitas diberikan kesempatan memposting foto di sosial media, mewarnai dan melukis untuk menuangkan harapan mereka atas LRT Jakarta untuk mewujudkan Jakarta yang maju kotanya.  Sementara itu anak-anak Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi diberikan kesempatan untuk berkampanye melalui media sosial dengan membuat foto atau video kampanye
dengan caption yang menarik dan mengajak masyarakat untuk melakukan budaya transportasi publik dan naik
LRT Jakarta.
  
                        


Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono , dalam sambutannya mengatakan, “Jadi ini gerakan bersama seluruh operator transportasi publik di bawah Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung budaya baru bertransportasi publik di Jakarta, dan bersama mewujudkan moda transportasi publik yang terintegrasi, nyaman, aman, dan handal,”

Lebih lanjut bapak Allan mengatakan pentingnya integrasi layanan, integrasi fisik dan integrasi payment, untuk memudahkan masyarakat bertransportasi publik.

Tentang LRT Jakarta

                       

                     


Proyek Lintas Rel Terpadu Jakarta atau disingkat LRT Jakarta adalah sebuah sistem angkutan cepat dengan kereta api ringan(LRT) yang direncanakan dibangun di Jakarta, Indonesia. Ada 2 penggagas LRT di Jakarta, Pemprov DKI yang akan membangun LRT dalam kota dengan nama LRT Jakarta dan PT Adhi Karya yang akan membangun LRT yang menghubungkan Jakarta dengan kota sekitarnya dengan nama LRT Jabodebek.

LRT ini dioperasikan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).  LRT ini mulai diuji coba terbatas pada 15 Agustus 2018 dan akan beroperasi pada 2018.  Pada uji coba terbatas ini, LRT hanya berhenti di 2 stasiun, yaitu Stasiun LRT Velodrome dan Stasiun LRT Boulevard Utara.

LRT Jakarta dibawah kepemilikan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan  wilayah cakupan di Jakarta.  Jenisnya adalah Angkutan cepat dan merupakan Transportasi umum dengan jumlah jalur 1 dan jumlah stasiun ada 6.


                       


Ibu Kurniati, Manager Pelayanan Publik LRT Jakarta menjelaskan, bahwa
LRT memiliki Fasilitas, seperti :
-PSD : Platform Screen Door
-Toilet bersih wangi dan selalu siap pakai ,tidak boleh becek
-Mushola
-Escalator
-CCTV
                       


Untuk perawatan sarana Light Rail Vehicle ( LRV ) meliputi Bogie dan General Warehouse Ramp Bridge, Strabling Yard, Light & Heavy Maaintenance.

Trip dan target ridership : 245-282 jumlah perjalanan kereta dalam 1 hari.
14225 penumpang per hari ( tahun 2019).

Konfigurasi LRV dapat mencapai 4 TS, kapasitas hingga 1080 penumpang.
Rencana Headway 5-15 menit baik hari normal maupun libur.
LRT ada 6.Stasiun total 5,8 KM

Tadinya aku pun bingung apa sih bedanya LRT dengan LRT? Jadi kalau :
LRT  itu lebih ringan, daya angkut besar namun berkesinambungan. Langkahnya lebih cepat, lebih lincah , sedangkan
MRT  lebih besar  dan daya angkut besar.

                         


Jadi tidak perlu diragukan lagi, LRT Jakarta dengan SDM ( Sumber Daya Manusia ) nya yang berkualitas,  siap melayani masyarakat pengguna LRT dan pastinya LRT aman untuk anak-anak, termasuk para penyandang Disabilitas juga sangat diperhatikan, agar bisa dilayani dengan baik.

                       


PT LRT Jakarta terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang keberadaan LRT Jakarta sebagai moda transportasi terbaru yang ramah lingkungan, terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti BRT Transjakarta dan moda lain melalui program Jak Lingko.

                       


Mesin tiket yang memudahkan dengan layar sentuh.

                     


Bisa cek saldo dengan mudah.

                         


Jika sampai terjadi mati listrik, LRT menggunakan listrik premium, di provide hanya untuk LRT Jakarta, dengan standarListrik 750 V DC.  Jadi jangan takut tiba-tiba LRT berhenti ditengah jalan saat beroperasi karena listrik padam.

                         

                         


Pengalaman pertama bagiku bisa naik LRT ini.  Adem, nyaman, cepat dan aman.  Pengalaman pertama yang mengesankan.

Sungguh suatu hal yang sangat membanggakan,  LRT hadir di Jakarta. 
Tidak terbayang dahulu daerah Kelapa Gading dengan segala kemacetannya.  Selama 2 tahun ( tahun 2006 - 2008 ) aku pernah tinggal disana.  

LRT Jakarta mewujudkan Jakarta tanpa macet dengan Lintas Raya Terpadu.  Menjadi solusi mobilitas publik yang nyaman dan terintegrasi.

"Ayo Naik LRT Jakarta, Budaya Baru Bertransportasi Publik"

                       


Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Santy Pradayini
Corporate Communication Officer PT LRT Jakarta
+6281246996837 ext. 125, [email protected]

PT LRT Jakarta
Jl. Pegangsaan Dua No.80, Kelapa Gading
Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Situs web: lrtjakarta.co.id

#LRTJakarta #ayonaikLRTJ #LRTJkt #EdukasiBudayaBaruBertransportasiPublik

1 komentar:

Ika mengatakan...

Wauuuwww transportasi kita semakin canggih yaa