Senin, 05 Agustus 2019

Serba Serbi Menata Rumah Mungil Menjadi Terkesan Mewah



                       


Cita-cita dulu sebelum menikah adalah harus punya rumah.  Biarpun kecil mungil , yang penting punya rumah.  Tempat bernaung dan dan bercengkerama dengan keluarga.  Namun semakin kesini, kok terasa rumah semakin sempit.  Penataan rumah yang amburadul dan kacau menambah ruangan terasa sumpek. Pengen beli horden, beli kursi meja yang baru pun jadi mikir-mikir lagi.  Selain dana yang belum tersedia, pun berpikir apakah malah nantinya akan menambah sempit ruangan yang sudah mungil.

Maunya punya rumah mungil namun tetap terkesan mewah dengan ruangan yang lega.

Gayung pun bersambut saat tanggal  31 Juli lalu, saya berkesempatan hadir di Indonesia Properti Expo 2019 ( IPEX 2019 ).


                   


Dalam acara
Talkshow &  Blogger Gathering
      "Serba Serbi Menata Rumah "
Bersama :
1. Zata Ligouw : Tip & Trick Menata Ruang Kerja Dirumah
2. Adelya Vivin : Tip & Trick Menata Rumah Mungil


Adelia Vivin : Tip & Trik Menata Rumah Mungil

Menurut mba Adelia Vivin. Bahwa hunian mungil  ( small space living ) tetap bisa dibuat menjadi terkesan luas dan lega.  Sehingga menjadi hunian yang nyaman untuk di tempati.

                     


"Small Space Living" adalah hidup diruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan"

Untuk mendapatkan ruangan yang lega di rumah mungil, kita harus mempunyai tahap-tahap perencanaan seperti :
1. Menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga.
2. Mengenal karekter diri sendiri dan keluarga.
3. Perbanyak referensi hal-hal yang disukai.
4. Menghitung budget yang tersedia.
Dengan ini, diharapkan apa yang kita inginkan untuk rumah mungil kita bisa  terlaksana dengan baik.

Tiny House Essensial ( Solusi Rumah Mungil ) agar terlihat lega, mengandalkan seperti :
•Lighting
• Akses Udara atau sirkulasi udara
• Warna Cat
• Pengadaan Storage ( gudang )
• Ketepatan Furniture Terhadap Tema

•Lighting ( pencahayaan )

1. Untuk pencahayaan menggunaan cahaya yang natural ( Lighting Natural ) dengan lampu langit ( sky light ) yang  terang dan terdapat jendela yang besar untuk bisa masuknya cahaya ke dalam rumah.  Dengan sky light di dapur ini, kita tidak perlu menyalakan lampu lagi, karena sudah terang berasal dari cahayanya yang alami yaitu matahari.

2. Lighting buatan
Agar ruangan terlihat lebih lega, bisa kita siasati dengan pencahayaan lampu-lampu buatan seperti : Standing lamp, Pendant lamp , Perfect lighting , Wall lamp

• Akses Udara atau sirkulasi udara
Akses udara bisa dengan Cooker hood, Exhaust Fan ,Big windows.

• Warna Cat
Warna cat tembok rumh bisa disiasati dengan warna-warna netral  ( Go Neutral )

• Pengadaan Storage ( gudang )
Storage : Open Storage

Jika banyak barang yang sayang dibuang, disimpan di open storage, menggunakan kotak-kotak yang lucu.  Busa juga dengan kotak seperti  lemari, yang pada saat di tutup akan terlihat seperti lemari.  Namun saat dibuka bisa terlihat barang-barang seperti sapu pel sikat dan lainnya yang bisa ditaruh disitu.
Untuk menempatkan buku, bisa dipilih tak buku yang Open shelf.

• Ketepatan Furniture Terhadap Tema
Ketepatan furniture dan tone warna

Ketepatan furnuture sangat mempengaruhi dan disesuaikan dengan tema Rumah yang kita huni.

Tema rumah

Rustic
gaya rustic bisa diartikan sebagai gaya dalam desain arsitektur dan interior, yang menitikberatkan kesan alami, dari material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, logam, dan sebagainya.  Contohnya, rumah-rumah di lingkungan desa atau rumah adat yang dibuat dari kayu kasar. Tampilan luar rumah ini bisa dikategorikan kedalam gaya rustic karena memiliki kesan material yang cukup kuat, dengan tidak difinishing, diamplas, atau diaci.

French Country
Rumah-rumah pedesaan Prancis adalah tipe khusus arsitektur Eropa yang ditentukan oleh eksterior bata, batu, dan plesteran yang canggih, jendela multi-panel yang indah, dan atap-atap yang menonjol baik dalam gaya modern maupun modern. Didominasi warna -  warna seperti hitam, putih, biru

Bohemian
Dekorasi bohemian atau Boho adalah bagi mereka yang ingin rumahnya penuh dengan kehidupan budaya dan barang-barang menarik untuk dilihat oleh seluruh dunia. Estetika ini terlihat dihadapan sensibilitas dan merangkul ruang yang santun dan tidak biasa.
Jika kita mencari karakter yang pasti dari gaya bohemian, jawabannya adalah tidak ada. Gaya bohemian hadir karena ketidakteraturan dan ketidakpastian. Semua dibuat dengan spontan dan memanfaatkan apa saja benda yang ada. Namun, ada fitur-fitur khas pada gaya bohemian. Gaya bohemian adalah gaya yang penuh warna dan bercampur antara gaya etnik, hippies dan juga vintage.
Karakternya catnya dominan putih, banyak barang diekspos tetapi tetap enak dilihat.

Scandinavian
Pada prinsipnya desain gaya Scandinavia memprioritaskan fungsionalitas tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunannya.
Karakteristik atau ciri khas Scandinavian seperti material kayu, lantai kayu, warna natural seperti abu-abu ,  putih, hitam, coklat. Ini akan terlihat lebih teduh dan lebih nyaman dipandang. Dan disini konsep minimalisnya akan didapatkan.

Modern japanesse/Korean
Bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan ala Jepang / Korea di rumah Anda, Anda dapat memulainya dari pintu gerbang. Lebih dari sekadar pintu, gerbang atap bergaya rumah Jepang biasanya menjadi pemisah antara jalan dan tempat tinggal. Sehingga memberikan kesan lebih privasi, tenang dan juga nyaman.  Gaya Jepang / Korea ini mengedepankan kerapihan.  Yaitu barang - barang tidak akan tergeletak begitu saja tetapp dengan ditaruh di kotak-kotak penyimpanan sehingga terlihat rapi

Jadi menurut mba Aledya bahwa konsep Small living  yang terpenting adalah menitikberatkan pada sirkulasi udara dan lighting pada suatu rumah.  Sehingga menghasilkan rumah yang nyaman untuk dihuni.

"rumah ukuran 30x60 bisa lho dibuat semenarik mungkin dengan menata furniture, memilih warna yang tidak kontras seperti putih, abu-abu, cokelat bahkan hitam"


Zata Ligouw : Tip & Trick Menata Ruang Kerja Dirumah

                     


Mba Zata Ligouw dalam kesempatan kali ini membahas tentang tip dan trick menata ruang kerja dirumah.
Apa yang harus kita lakukan ?
1. Siapkan tempat khusus untuk meja kerja yaitu bisa di pojok ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dll.  Jika punya ruang lebih, boleh pakai satu ruang khusus.
2. Meja yang  pas, bisa dengan  menggunakan meja yang sudah ada, dengan membeli meja baru, ataupun dengan  membuat meja sendiri.  Meja ini harus dibuat ergonomis ( supaya tidak pegal ) saat kita mendudukinya.

Meja kerja ga semahal yang dibayangin.  Ada kok yang murah dan cocok untuk kerja kita.  Meja kerja agar terlihat menarik perlu diletakkan aksesoris. Berfungsi menunjang pekerjaan,  meningkatkan mood kerja, mempercantik ruangan.  Aksesoris juga harus disesuaikan dengan tempat / ruangan yaitu apakah perlu dengan membeli meja yang baru atau cukup dengan menggunakan meja yang sudah ada. Dan pastinya ergonomis tadi.

 Nah Jika kita mau membuat aksesoris sendiri bisa dengan membuat mood booard , kalender / jadwal kerja / to do list.

Membuat Mood Board juga klender hasil DIY ( Do It Yourself ) semakin mengasah kemampuan kreativitas kita.  Bisa dengan menempelkan gambar-gambar lucu atau kenangan-kenangan saat kita berkunjung kesuatu tempat yang berkesan sehingga semakin menambah nyaman kita saat menggunakan meja kerja. Tentunya hasil yang kita kerjakan lebih berkulitas.

Jangan lupa untuk menuliskan quotes favorit  dengan menggunakan spidol warna - warni juga dengan hiasan sepeti bunga-bunga yang pastinya juga membangkitkan semangat sesuai target yang ingin dicapai seperti quotes kita tersebut.


                     
hasil menata sendiri dirumah


Menempatkan tanaman pada ruang kerja kita, memberikan manfaat yang banyak yaitu meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mendatangkan kebahagiaan, membuat rileks dan nyaman, meningkatkan kesadaran mental.

Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja.

"Menurut penelitian di Universitas Michigan, memberi sentuhan alam di ruang kerja, sprt menaruh tanaman di meja / di sekitar ruangan, dpt menambah daya serap hingga 20%"

Untuk orang yang suka kerja tengah malam ditambah orang tersebut suka makan, Mba Zata bilang kalau kita harus mempunyai pojok untuk menaruh maka dan minum.
Jadi kita hanya meninggalkan tempat kerja hanya untuk ke kamar mandi
Rumah minimalispun bisa lebih nyaman apabila ada kreativitas dari diri kita sendiri, jika ingin merubah jangan ditunda tunda ayo mulai dari sekarang.

Acara ini sangat berguna buat kalian yang butuh inspirasi ruangan dan tataletak.  Aku pribadi jadi makin semangat buat menata ruangan, terutama ruangan kerja yang lebih enjoy.

Mau seluas rumah apapun tapi budgetnya terbatas. Lebih baik kita pergunakan untuk rumah yang nyaman

Setelah rumah ada peer banget nih untuk tatanan isi rumah. Meskipun minimalis tapi bikin nyaman dan betah.

Rumah tidak harus mahal, mewah, tetapi bagaimana kita bisa memanfaatkan dari barang yang ada.
Kita jangan sayang-sayang menaruh barang yang sudah tidak terpakai karena akan menumpuk dan membuat ruangan dirumah kita menjadi sempit.  Jika punya keinginan untuk menata rumah , dimulailah saat ini juga,  jangan menunggu-nunggu ketersediaan dana dulu.


INDONESIA PROPERTI EXPO 2019 ( IPEX 2019 )

                       


Siapa sih yang gak kepengen punya rumah? Semua orang pasti punya rumah impian.  Baik yang masih lajang apalagi yang sudah berkeluarga.  Tapi kita tahu membeli rumah tidak semudah membeli kacang goreng.  Nah yang mau tahu lebih banyak,   Indonesia Properti Expo solusinya.

Indonesia Properti Expo telah diselenggarakan dengan sukses pada tanggal 27 Juli - 4 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Pameran ini berhasil mendatangkan lebih dari 150 developer yang membawa lebih dari 650 proyek properti dari seluruh Indonesia. Optimisme bisnis properti terutama dalam penjualan rumah sebagai hunian masih berjalan positif, mengingat masih tingginya angka kebutuhan rumah yang masih belum terpenuhi.

                       


Indonesia Properti Expo ( IPEX ) ini adalah sebagai upaya menggairahkan pengembang rumah yang selama ini melakukan aksi 'wait and see' setelah Pemilu 17 April 2019

Ajang promosi proyek properti ini merupakan pameran yang digelar ke-36 kalinya. IPEX di tahun 2019 ini juga memberikan kontribusi penting dalam penyediaan hunian bagi masyarakat.

Oleh karenanya, IPEX bertujuan untuk membantu kebutuhan hunian sebagai solusi mengatasi backlog penyediaan berbagai jenis produk real estate di Indonesia. Penyelenggaraan IPEX periode Juli 2019 ini yang melibatkan 150 peserta developer/pengembang dan menampilkan 650 proyek properti dengan pilihan harga mulai dari Rp130 juta dengan jangka waktu kredit sampai dengan 30 tahun, hingga Rp5 miliar dengan lokasi tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

                     


Tidak ada komentar: