Jumat, 13 Desember 2019

Sampoerna Academy : Sekolah Internasional Yang Menerapkan Sistem Pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Math).


                         


Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.   Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir.

Setiap  anak  usia  sekolah  wajib  mengenyam  pendidikan yang  layak.  Karena  pendidikan  sangatlah penting  untuk  masa  depan  mereka  kelak.   Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kekuatan spiritual, dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.

Secara umum, fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian, agar peserta didik menjadi pribadi yang bermartabat.

• Mempersiapkan setiap anggota masyarakat agar dapat mencari nafkah sendiri.
• Membangun mengembangkan minat dan bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat umum.
• Membantu melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.
• Menanamkan keterampilan yang dibutuhkan dalam keikutsertaan dalam demokrasi.

Berbicara soal pendidikan, setiap orangtua pasti akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya dalam soal materi sekolah, tapi juga fasilitas pendukung di belakangnya. Termasuk kurikulum, jasa pendidik, dan fisik bangunan yang menunjang.

Namun  terkadang  kita  sebagai  orang  tua, sebagian  besar  pasti  menyalami yang  namanya bingung  memilih  dan  mengarahkan  pendidikan  yang  baik  untuk  anak  kita.  

Terdapat tiga jenis pendidikan yang ada di Indonesia, yaitu Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal, dan Pendidikan Informal.

Pendidikan Formal  adalah jenis pendidikan yang terstruktur dan memiliki jenjang, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar (SD), pendidikan menengah (SMP), pendidikan atas (SMA), dan pendidikan tinggi (Universitas).

Pendidikan  Non  Formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang bisa dilaksanakan secara berjenjang dan terstruktur. Jenis pendidikan ini bisa disetarakan dengan hasil program pendidikan formal melalui proses penilaian dari pihak yang berwenang.

Pendidikan  informal adalah jenis pendidikan yang berasal dari keluarga dan lingkungan dimana peserta didiknya dapat belajar secara mandiri.
Semuanya  mengacu  untuk  mendidik dan  mencerdaskan anak bangsa.

SAMPOERNA ACADEMY

Nah  salah  satu  pendidikan formal  yang  bisa menjadi  pilihan  yaitu  Sampoerna  Academy.  Salah satu sekolah yang memiliki level terbaik  adalah Sampoerna Academy, Jakarta.  Salah  satunya yang  berada di  bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sampoerna Academy berwujud gedung tinggi yang memiliki keamanan berlapis.

Lorong menuju kelas berisi karya para siswa yang dipajang. Lengkap dengan tema tertentu dan bahkan disisipi pujian atas pencapaian mereka.

Fasilitas sekolah internasional

Sampoerna Academy memberikan fasilitas  sekolah  internasional.  Lingkungan belajar yang aman, penuh perhatian, dan pembelajaran kolaboratif berkualitas tinggi dan memenuhi ekspektasi global untuk prestasi siswa dan pengembangan karakter. 

Dasar pendidikannya berpusat pada siswa dengan penekanan kuat pada Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) yang memberikan ruang bagi siswa untuk menjadi warga dunia yang dewasa, percaya diri dengan tujuan hidup yang kuat.


                         


Di dalam ruang kelas 1 hingga 3 SD, terdapat dua orang guru; satu guru lokal dan satu lagi ekspatriat. Sedangkan di kelas 4 hingga 6 SD, hanya ada satu orang guru dan kelas sudah mulai dibagi berdasarkan mata pelajaran.

Jangan kira pembelajaran berupa melihat ke papan tulis dan duduk diam mendengarkan. Mereka menggunakan iPad ber-headset yang sudah berisi e-book. Ini belum termasuk sesi video edukatif, mentoring, dan forum diskusi bersama. Pelajaran dilakukan dengan cara menyenangkan, interaktif, dan memancing kreativitas

Selain ruang kelas yang berisi kurang dari 25 anak, terdapat pula perpustakaan, tempat bermain, ruang makan, ruang musik, dan ruang tari, Setiap anak yang sudah selesai sekolah, tidak diperkenankan keluar dari gedung tanpa ada wali murid/asisten yang menjemput. Pengamanan dilakukan berlapis mulai dari jam masuk sekolah hingga akhirnya anak pulang sekolah.

Tujuan akhir dari  Sampoerna Academy adalah mempersiapkan siswa untuk pendidikan tersier dan membuat mereka siap bekerja serta siap di dunia nyata.
Lulusan Sampoerna Academy bisa mengambil peran kepemimpinan dalam masyarakat global dengan menjadi pembelajar seumur hidup yang kreatif, penuh semangat, mampu menghadapi tantangan dunia yang berubah dengan cepat serta peduli terhadap sesama manusia dan lingkungan.

Filosofi pengajaran di  Sampoerna Academy memotivasi siswa untuk bertanya, bereksplorasi, berinovasi dan berkomunikasi, serta memberikan keterampilan penting yang dibutuhkan untuk   kepemimpinan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ditambah dengan kualifikasi akademik yang diakui secara internasional,  mempersiapkan siswa untuk bersaing dan berhasil di setiap tahap kehidupan.

"Dengan munculnya era informasi yang tersedia di ujung jari, tugas kita sebagai sekolah adalah mengajarkan siswa “untuk belajar bagaimana cara belajar”.

PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Dengan menerapkan sumber daya digital terbaik di dalam kelas, kami menggunakan perangkat  belajar terbaik yang memungkinkan siswa menikmati belajar baik di dalam maupun di luar kelas.

Siswa dipandu untuk menggunakan dan menerapkan teknologi lebih dari sekedar sarana sosial untuk hiburan, namun sebagai alat untuk mengakses informasi, sumber daya, dan kerja tim.

Mengadopsi kurikulum terbaik dunia dan metode berbasis STEAM – Science, Technology, Engineering, Arts, and Math yang diterapkan di Amerika, Sampoerna  Academy mempersiapkan siswa dengan landasan global dan kualifikasi akademik yang diakui secara internasional.

          
                        


STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATH)

Menurut Frida Dwiyanti selaku Primary Principal of Sampoerna Academy, institusi bimbingannya menerapkan sistem pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Math). Ini merupakan penyempurnaan dari sistem sebelummya yang meniadakan disiplin ilmu seni.

• Keahlian STEAM sangat penting untuk mempersiapkan alumni untuk karir mereka di masa depan dan keperluan tenaga kerja nasional dan global yang membutuhkan persyaratan keterampilan yang tinggi.

• Dari tingkat dasar dan seterusnya, siswa akan belajar memecahkan dan menganalisis masalah dengan menggunakan perangkat teknologi dan strategi pembelajaran kolaboratif di seluruh kurikulum.

• Project Based Learning (PBL), sebuah pendekatan instruksional konstruktivis dimana siswa terlibat dalam penyelesaian masalah yang bermakna sesuai dengan minat pribadi mereka, serta dimana kolaborasi dan pembelajaran personal ditekankan.

• PBL pada mata pelajaran STEAM terbukti mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti:
• Kreativitas dan inovasi
• Komunikasi dan kolaborasi
• Riset
• Pemikiran kritis dan pemecahan masalah
• Kewarganegaraan digital
• Keterampilan hidup dan karir

"Sampoerna Academy percaya bahwa semua anak memiliki sense of art karena memang dibutuhkan di setiap bidang pekerjaan. Kami juga menerapkan sistem pembelajaran yang lebih terintegrasi sehingga belajar jadi terasa lebih menyenangkan," 

Rekomendasi Sekolah Internasional

Menurut Ratih sebagai salah satu wali murid dari dua anak di Sampoerna Academy, ia memilih sekolah itu karena level pendidikan internasionalnya. "Sekolah di sini membuat anak jadi lebih mandiri dan aman karena orang luar ngga boleh masuk. Paling saya suka di sini ngga ada bullying (perisakan)," tutur Ratih yang tengah menunggu dua buah hatinya pulang sekolah.

Jika moms masih memilih sekolah untuk si kecil, Sampoerna Academy bisa masuk dalam salah satu pertimbangan. Institusi pendidikan ini terbagi di beberapa lokasi di antarany Sampoerna Academy Jakarta, Tangerang (BSD), dan Bogor (Sentul). 


Owh  iya  khabar  baiknya,   ada beasiswa juga loh di Sampoerna Academy.
Untuk  informasi lebih  lengkapnya  bisa  di
https://www.sampoernaacademy.sch.id

1 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Makin yakin dan mantab untuk mendaftarkan anak di Sampoerna Academy, karena sistem pembelajarannya yang menyenangkan dan taraf internasional