Selasa, 17 Agustus 2021

Belanja online dan Kirim Barang Pake TIKI Aja

           


Halo .. Assalamualaikum

Akhir- akhir ini semenjak Pandemi, aktivitas belanja online ku semakin meningkat. Yah karena seiring dengan himbauan untuk dirumah saja. Apalagi banyaknya promo yang menggoda 😍

Hampir tiap hari tidak pernah melewatkan buat cek-cek e-commerce. Cari-cari promo yang menarik, dari barang kebutuhan rumah tangga hingga kadang barang yang sebenarnya belum perlu tapi lagi diskon, alhasil jadi check out deh. 

Ongkos kirim jadi salah satu pertimbangan aku saat belanja online. Biasa setiap e-commerce menggunakan jasa kurir atau ekspedisi yang bermacam-macam.  

Salah satunya adalah TIKI.

TIKI adalah perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, berdiri pertama kali di Jakarta pada tahun 1970. Hingga saat ini, TIKI memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3700 gerai dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia.

                


Nah aktivitas belanja online ku disaat PPKM ini termudahkan dengan adanya jasa kurir TIKI ini.

Saat mengikuti Zoom KEBxTiki tanggal 14 Juli 2021 lalu tentang " Aman dan Nyaman Berbelanja Online " banyak insight yang kudapatkan. Makin tercerahkan deh dalam memilih jasa kurir yang pas.

Tokopedia dan Bukalapak merupakan e-commerce yang bekerjasama dengan TIKI untuk jasa kurirnya.

                 


Cash On Delivery

Pilihan layanan bayar ditempat untuk pembelanjaan online di beberapa E - Commerce tertentu. Pembayaran dilakukan saat kurir memberikan barang pesanan/barang saat diterima. Ini nih jadi salah satu pilihanku saat memilih TIKI, soalnya rekening sering melompong hahahhaha..dengan COD jadi nyaman deh dengan uang yang sudah dibayarkan dan gak khawatir barang gak dikirim. 

Menurut bapak Rudi Cahyadi : Marketing Communication Manager at PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) , saat ini jasa kurir TIKI semakin banyak layanan konsumennya.

                 


Ekspedisi TIKI sekarang punya jasa pengiriman barang di Android. Dengan Mobile Apps , kita bisa dengan mudah menggunakan seluruh layanan TIKI dalam genggaman.

Dengan Mobile Apps, konsumen bisa Cek Resi , Cek Ongkir , Cek Lokasi untuk mengetahui kita baiknya menggunakan service TIKI yang apa, juga bisa minta jemput paket dirumah saat kita ingin mengirimkan barang.         

                 

Instagram @tiki_id

Produk dari  layanan TIKI online itu ada bermacam-macam seperti :  

1. Same Day Service (sds ), kiriman tiba dihari yang sama.

2. One Night Service ( ons ), kirim hari ini esok tiba.

3. Two Days Service  ( tds ), kiriman tiba dalam dua hari.

4. Regular Service ( reg), kiriman estimasi tuba dalam 3-4 hari.

5. Economy Service( eco ), kiriman dengan hemat ongkir.

6. Trucking Service ( trc ), kiriman dengan berat minimal 10 kg.

7.  International Service ( int ), ongkir terjangkau ke luar negeri.

               


Selain sebagai buyer di e-commerce, terkadang aku juga mengirimkan paket untuk Kakak dan Tante di Jakarta. Dengan ongkir yang murah dari Cileungsi ke Jakarta yaitu 8 ribu saja, memudahkan banget deh buat aku. 

                  

Resi pengiriman Cileungsi-Jakarta


Owh Iyah aku biasanya memakai layanan reguler. 

PPKM tidak masalah, walaupun belum

bisa ketemu langsung, kita bisa kirim-kirim barang buat saudara. 

Apalagi sekarang ada layanan TIKI yang makin memudahkan lho!

                   





JEMPOL

Layanan berbasis aplikasi untuk memudahkan penjemputan paket secara GRATIS, dari mana dan kemana saja tanpa minimum berat. Pembayaran ongkos kirim dilakukan pada saat kurir menjemput barang.

Jemput barang (  Pickup Delivery )

juga menjadi layanan yang bikin hepi nih, 

Makin menambah kenyamanan & keamanan kiriman kita deh , TIKI menyediakan layanan penjemputan yang dapat memudahkan kita dalam pengiriman.

Ada juga layanan PUTAR

Layanan Jemput Antar (PUTAR), Layanan berbasis via whatsapp untuk memudahkan kita dalam mengirim paket dengan waktu antaran maksimal 3 jam. Namun untuk layanan PUTAR ini  tidak semua area bisa tercover. Jadi masih khusus wilayah DKI Jakarta.

Sabar deh kali aja sebentar lagi melipir ke Cileungsi, kan deketan nih hehehehe..

TIKI juga punya klub khusus untuk konsumennya yang penjual online, namanya Serlok.  Singkatan dari Seller Online Booking.  Anggota- anggota Serlok ini, selain diberi fasilitas jemput paket ke rumah gratis, juga diberi bonus sebesar 18% dari ongkos kirim yang mereka bayar kalau mengirim paket.

Nah kan buat para penjual online, manfaat banget nih. Terutama buat para UMKM nih, TIKI ngebantu banget kalau kayak gini 😍

Sales Counter 24 Jam

Untuk kebutuhan pengiriman barang tanpa mengenal waktu, TIKI memiliki gerai-gerai yang buka selama 24 jam di kota-kota besar di Indonesia.

SMS Resi

Pengirim / Penerima akan mendapatkan sms pemberitahuan saat barang akan dikirimkan dan sms pemberitahuan ke pengirim ketika barang telah diterima

Semua fitur- fitur dari TIKI ini menarik dan menggoda. Aku bisa kirim barang dengan minta layanan jemput paket. Gak perlu keluar rumah. Meminimalisir penyebaran virus. PPKM bisa dijalani dengan hepi.

Gimana enggak, sampai kemarin aku masih menggunakan jasa TIKI tapi dengan mendatangi counternya nih. Kirim paket ke Jakarta buat kakak.  Aku nitip sama suami sekalian berangkat kerja.

                  




Ah jadi nyesel deh kenapa gak pake layanan Pickup Delivery aja. Buat next paket deh, aku pasti menggunakan layanan-layanan yang memudahkan ini dari TIKI

So, belanja online, kirim barang jadi nyaman pake TIKI aja 


5 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Sudah lama langganan TIKI dan ga pernah kecewa, maju terusss yaa

Meilia Wuryantati mengatakan...

Alhamdulillah yah Bun..selalu pake tiki aja

hendro mengatakan...

dari dulu kalo kirim barang aku juga slalu pake TIKI, ga pake yang laen2...lebih murah, estimasi waktu nya tepat, kurir sama adm nya juga ramah.

Andrie K. mengatakan...

Pake tiki emang tergolong cepet, bahkan ada yang bisa sampe satu hari aja.. Andalan banget sih

Riza Firli mengatakan...

selalu jadi andalan sejak dulu TIKI. dan cepat sampe