Selasa, 16 November 2021

Cara SOVLO Mendukung Peran Ilustrator dalam Pemulihan Ekonomi

                  


Berpenampilan rapi dan menarik adalah hak semua orang. Tidak hanya wanita, pria juga harus memperhatikan penampilannya.  Penampilan yang rapi, bersih dan menarik akan menimbulkan kesan positif bagi kamu yang memakainya. 

Bila kita membicarakan hal tentang fashion,  yang paling cepat merespon dan melirik tentunya kaum wanita khususnya para remaja, karena biasanya yang paling dominan dalam mengikuti trend yang ada saat ini ialah remaja atau anak muda.  

Berbeda dengan wanita, pria cenderung lebih cuek terhadap fashion. Pria lebih suka memakai item fashion yang simpel dan tidak terlalu ribet

Fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.

Fashion saat ini tidak bergantung pada kehidupan sehari-hari saja, namun lebih dari itu fashion merupakan salah satu gaya hidup.  Hal karena tidak lepas dari posisi wanita pada zaman sekarang yang mempunyai peranan yang kompleks dalam kehidupan masyarakat.

Dahulu aktivitas wanita hanya dikehidupan sehari-hari saja dan tidak banyak yang tau apa itu fashion.  Sedangkan wanita sekarang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan keluarga maupun sosial.

Ada beberapa manfaat fashion dalam kehidupan sehari-hari :

1. Memberikan Rasa Percaya Diri

setiap wanita yang penampilannya menarik sera enak dilihat lebih mempunyai percaya diri dibanding dengan wanita yang penampilannya tidak menarik. Rasa percaya diri inilah yang mempengaruhi semangat dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan serta kegiatan.

2. Memberikan Daya Tarik Tersendiri

Menggunakan pakaian dan berpenampilan menarik dapat memberikan daya tarik yang luar biasa. jika digabungkan dengan sifat sopan dan santun maka akan memunculkan aura yang menarik membuat orang merasa nyaman didekatkan.

3. Membuat Bahagia

Memanjakan diri sendiri tidak hanya dengan belanja pakaian serta barang-barang baru. Namun rasa kepuasan menggunakan fashion yang menjadi perhatian dapat membuat perasaan bahagia.


SOVLO

Bangganya melihat Industri ekonomi kreatif di Indonesia makin maju dikondisi Pandemi seperti sekarang ini, salah satunya fashion.  Seperti SOVLO, brand fesyen terbaru karya anak bangsa dari Lotus Group yang lahir di masa pandemi.

SOVLO (Souvenir Lokal) lahir di bulan Juni 2020.  SOVLO merupakan 'surviving mode' yang diluncurkan karena perusahaan mengalami penurunan omset cukup drastis, sehingga harus melahirkan karya lain agar roda tetap berjalan dan tetap dapat menjadi sumber mata pencaharian lebih dari 40 orang penjahit dan 30 orang staff kantor. 

Semua produksi  SOVLO  dikerjakan oleh parent company bernama Lotus Group yang spesialis berkarya di bidang Souvenir Jahitan (souvenir pernikahan dan barang promosi perusahaan), dan berdiri sejak tahun 2010.

Sejak berdiri, SOVLO kerap mengangkat tema-tema positif dan pemberdayaan, seperti misalnya Strong Woman, Indonesian Strong Woman, Kembang Nusantara, Grateful Indonesia, Colourful Indonesia, Indonesian Brave Kids, Indonesian Strong Woman & Her Pets, Tanaman Hias, dan Indonesia Maju.

Perjalanan dan ilustrasi SOVLO telah menarik perhatian dan kepercayaan sejumlah brand, yang kemudian mempercayakan rancangan ilustrasi eksklusif untuk brandnya. Di pasar retail sendiri, sejak Juni 2020 telah 50.000 items produk SOVLO telah dibeli masyarakat Indonesia.


Bangga Ilustrator Lokal

                

Pada 9 November 2022 yang lalu, SOVLO meluncurkan kampanye Bangga Ilustrator Lokal sebagai tema marketingnya di kuartal terakhir 2021. 

Dengan narasumber :

1. DR. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.   -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) 

2. Lidya Valencia - CEO & Founder of SOVLO

3. Popomangun - Ilustrator Fashion            

Melalui kampanye yang rencananya berlangsung hingga penghujung 2022 ini, SOVLO berharap bisa berkolaborasi dengan setidaknya 500 ilustrator berbakat dari seluruh negeri.

Melalui kolaborasi ini, para ilustrator diajak mengajukan karya-karya terbaiknya untuk direalisasikan menjadi produk fesyen terkini produksi SOVLO dan kemudian dipasarkan ke masyarakat, serta memberi penghasilan bagi para ilustrator tersebut. 

Kampanye ini merupakan upaya SOVLO untuk mendukung kreativitas para ilustrator lokal, sambil sama-sama berkontribusi dalam pemulihan ekonomi yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

                 


Salah satu ilustrator fesyen yang siap berkolaborasi dengan SOVLO di kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini adalah Popomangun, yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan brand-brand fesyen sebelumnya.

Popomangun mengungkap harapannya terhadap kampanye ini. 

"Setiap seniman pasti ingin karyanya bisa diapresiasi khalayak lewat medium-medium yang berkualitas dan tentunya berharap juga ekspresi seninya ini bisa memberi pemasukan yang substansial, sehingga dia bisa terus berkarya. Kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini adalah kesempatan untuk menyiapkan karya-karya terbaik dan direalisasikan melalui produk-produk berkualitas yang dimiliki SOVLO. ”

Untuk kampanye Bangga Ilustrator Lokal,  Popomangun telah menyiapkan sejumlah karya ilustrasinya dan bisa didapatkan masyarakat mulai 13 November 2021 di toko-toko online terkemuka Indonesia atau di toko luring SOVLO di Pos Bloc, Pasar Baru Jakarta.

                  

Instagram @sovlo.id

Popomangun mengajak rekan-rekan ilustrator di seluruh tanah air untuk segera menghubungi dan berkolaborasi dengan SOVLO. Dengan cara ini, passion dan bakatnya dapat mencapai konsumen dengan cara-cara yang baik, bermartabat dan mendatangkan hasil yang menguntungkan juga                

Lidya Valensia ( CEO & Founder of SOVLO ), menjelaskan bahwa  langkah kolaborasi dengan ilustrator ini sebenarnya sudah dilakukan SOVLO sejak Februari 2021 dan menunjukan hasil menggembirakan. Oleh karena itulah, SOVLO berusaha membawa strategi ini ke level selanjutnya. 

“Setelah berkolaborasi dengan sejumlah ilustrator, kami menemukan kualitas karya ilustrator lokal ini sangat baik dan disukai konsumen. Sayangnya di situasi krisis, karya-karya mereka sering hanya berakhir di atas kertas atau disimpan di komputer, tanpa mampu menghasilkan pendapatan bagi mereka. Mereka pun terhambat menjadikan passion dan bakat mereka sebagai sumber penghidupan,”  ( Lidya Valensia ).


Peluang Ekonomi Kreatif

Bagaikan dua sisi koin, pandemi membawa dua dampak signifikan bagi ekonomi kreatif tanah air. Selain pukulan hebat, pandemi juga memberi dorongan positif bagi perkembangan ekonomi kreatif. Setiap profesi di industri fesyen, mulai dari desainer, ilustrator, penjahit, pemilik brand-brand fesyen lokal, penenun, pembatik, hingga pengusaha UMKM kreatif di subsektor fesyen menjadi kelompok masyarakat yang aktif berjuang mengambil bagian dalam momentum pemulihan ekonomi.             

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. - 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia 

 “Peluang ekonomi kreatif masih sangat terbuka di Indonesia.  Terlebih, pemerintah juga telah menetapkan bahwa industri kreatif menjadi tulang punggung ekonomi negara. Para pelaku industri kreatif pun harus terus berkreasi dengan inovasi-inovasi baru agar produk mereka bisa bersaing. Selain inovatif, pelaku industri kreatif, termasuk dari kategori UMKM harus juga adaptif dengan situasi dan memiliki mental tangguh untuk tetap bisa bertahan. Jika itu semua bisa dimiliki pelaku industri kreatif maka ekonomi kreatif akan bisa bertumbuh dan bersaing.”               

Lebih lanjut Menparekraf pun mengungkapkan salut dan hormatnya bagi pengusaha-pengusaha kreatif di subsektor fesyen yang berhasil mengubah situasi krisis menjadi peluang, bahkan hingga mampu menolong atau mendukung sebanyak-banyaknya bakat dan tenaga kerja untuk bertahan dan berjaya di tengah krisis.

Hingga Juni 2021, sektor ekonomi kreatif sudah menyumbangkan produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp 1.100 triliun dari 17 subsektor ekraf, yang didominasi fesyen, kuliner, dan kriya. 

Sumbangsih PDB sektor ekonomi kreatif (ekraf) bagi Indonesia ini menjadi nomor tiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-POP

Sebanyak 33,4 persen pelaku ekraf di Indonesia berasal dari subsektor fesyen, termasuk dari industri kecil dan menengah, dimana totalnya mencapai 2,5 juta orang.

Nilai ekspor subsektor fesyen juga yang terbesar, total mencapai 15 juta dolar AS pada 2019. Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang fesyen sendiri sejak 2019 telah mencatatkan kontribusi besar pada (PDB) yakni sebesar 19,5 persen, sebuah peningkatan dari sebelumnya yang bernilai 5,4%.

Menparekraf menyatakan apresiasi dan dukungan penuh terhadap rencana SOVLO merangkul sebanyak-banyaknya ilustrator untuk melahirkan karya-karya unik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan sehingga bernilai di pasar fesyen domestik bahkan jika perlu ekspor.

Kemenparekraf juga melakukan pendampingan melalui fasilitas-fasilitas yang bisa mendorong subsektor ini menjadi semakin besar, dengan optimisme bahwa industri fesyen bisa bersaing di kancah ekonomi global,

Kemenparekraf akan mengeluarkan kebijakan untuk mendorong penggunaan karya fashion di dalam negeri, melancarkan ketersediaan bahan baku, sampai pada promosi dan dukungan terhadap produk-produk fashion dalam negeri di pasar domestik dan global.


Kampanye Bangga Ilustrator Lokal Untuk SOVLO

Bagi SOVLO sendiri, kampanye Bangga Ilustrator Lokal menjadi langkah penting bagi upaya melebarkan sayap di era pemulihan ekonomi ini.  

SOVLO telah mencatat pertumbuhan menggembirakan lewat kiprahnya di online marketplace.  Melihat besarnya minat masyarakat terhadap produk-produk fesyen lokal, SOVLO mulai menggandeng ilustrator lokal sejak Februari 2021 untuk melahirkan karya-karya fesyen yang bisa dinikmati masyarakat lewat produk-produk seperti tas (sling bag, tote bag, waist bag, laptop sleeve), pouch, masker wajah, card case, dan baru-baru ini mulai diaplikasikan juga di lini pakaian (clothing line). 

                

SOVLO

Ilustrasi produk-produk SOVLO selama ini identik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan yang diharap bisa menguatkan masyarakat di masa pemulihan ekonomi ini.

Kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini adalah kesempatan untuk menyiapkan karya-karya terbaik dan direalisasikan melalui produk-produk berkualitas yang dimiliki SOVLO.

Sebagian besar produk SOVLO dipasarkan dengan jaminan garansi seumur hidup. Ini bisa dilakukan SOVLO karena didukung penjahit-penjahit berbakat yang mampu menjaga kualitas material dan jahitan produk-produknya. 

Oleh karena itu, jika ilustrator memilih untuk berkolaborasi dengan SOVLO, maka karya-karya mereka akan hadir di produk-produk berkualitas yang bisa diapresiasi dan dimanfaatkan masyarakat.

Ilustrator-ilustrator dari seluruh tanah air yang berminat untuk berkolaborasi dengan SOVLO dapat  mendaftar  di  https://tinyurl.com/ilustratorSOVLO  atau  mendapatkan  informasi melalui akun instagram SOVLO di @sovlo.id.

Selanjutnya, SOVLO akan melakukan kurasi dan jika lolos akan dihubungi untuk proses selanjutnya.  Setelah sepakat berkolaborasi, SOVLO akan memproduksi karya ilustrator lokal tersebut dan menjadwalkan distribusinya dengan skema bagi hasil, artinya keuntungan yang diraih ilustrator akan berbanding lurus dengan hasil penjualan karya mereka.

Lewat kolaborasi di kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini SOVLO dan ilustrator akan bersama-sama menggagas dan melahirkan produk berkualitas dengan ilustrasi beraneka ragam.  Tentunya dengan begini konsumen memiliki beragam opsi desain yang tepat mengekspresikan kepribadiannya dan untuk berbagai kebutuhan. 

Melalui kampanye ini, SOVLO menargetkan berkolaborasi dengan sekitar 400-500 ilustrator lokal hingga akhir tahun 2022.

Kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini diharapkan bisa diterima masyarakat, sehingga mereka bisa mendapatkan karya-karya terbaik ilustrator lokal, mendukung kehidupan ilustrator dan pekerja kreatif bidang fesyen, sambil berkontribusi juga bagi pemulihan ekonomi.

Mau punya produk SOVLO? mudah kok, Kita bisa memesan secara online maupun offline, dan sekarang SOVLO punya 2 offline store, ada di Pos Bloc dan Urban Farm, Cabin 18, Pantai Indah Kapuk.


Instagram @sovlo.id

Untuk informasi lebih jauh bisa cek di Instagram SOVLO : https://www.instagram.com/sovlo.id/

Juga bisa meluncur ke : 

 http://www.tokopedia.com/sovlo


#banggailustratorlokal

#SOVLOindonesia

49 komentar:

Bambang Irwanto mengatakan...

Wah.. ini keren sekali, Mbak. Dengan kampanye ini, para ilustrator akan ada peluang besar menampilkan karya-karyanya. Apalagi karya-karya ilustrator Indonesia itu keren-keren. Ini akan jadi mata rantai bagus dan saling membantu.

HendraDigital mengatakan...

Kayak saya ya, suka yang simpel, cukup pake kaos polos perpaduan sama celana jeans, beres. Wah asyik juga nih bisa belanja produk lokal. Saya suka sih liat desain dan bahan yang digunakan oleh UMKM ini. Bisa beli secara online, pasti makin seru belanja online nya.

April Hatni mengatakan...

Sangat setuju sekali. Berpenampilan rapi tidak hanya untuk wanita, pria pun juga wajib. Karena selain untuk menghargai diri sendiri, juga orang lain ketika sedang berhubungan langsung (rapat, diskusi, dsb). Orang lain pun akan terkesan dengan kita.

Kanianingsih mengatakan...

Semoga makin maju dan berkembang produk lokal negeri kita ya, bangga dg rproduk negeri yuk pakai rproduk lokal!!

chairina bawazir mengatakan...

aku jadi penasaran deh pengen ngecek produknya juga. memang pandemi ini ngaruh banget ke sektor seperti ini ya. semoga bangkitnya brand baru ini bisa semakin sukses ya.

Yustrini mengatakan...

Semoga dengan kerjasama ini bisa memulihkan ekonomi para ilustrator dalam negerinya. Karyanya juga dapat dinikmati banyak orang.

Arni mengatakan...

Wah ide mendirikan Sovlo ini keren sekali
Menggandeng produk-produk lokal agar makin maju dan lebih dikenal oleh masayarakat luas
Benar-benar mendukung perekonomian ini.
Aku jadi kepo deh pengen miliki produk-produknya

dianisekaring mengatakan...

Aku udah lama kepoin produk-produknya Sovlo di marketplace.. ya ampun lucu-lucu banget kolaborasinya dengan ilustrator lokal, bikin pengen punya semuanya.

Ainhy E mengatakan...

Wah saya baru tahu nih soal SOVLO, rupanya mengangkat produk lokal yah. Bangga deh, jadi penasaran mau lihat apa aja produknya

Uut fauziah mengatakan...

Kalau ikut seminar gini daging semua isi nya banyak pengetahuan yang belum tahu termasuk banyak banget manfaat fashion & SOVLO...

Annafi mengatakan...

Baca ini sambil cek item Solvo, cakep-cakep ya.. aku mupeng sama koleksi tas nya Solvo x illustrator, nabung dulu ah~

Han mengatakan...

Ahh keren bangett kak. Berasa pengen panggilin temen2ku yang ilustrator semuanyaa biar bisaa kumpul sama orang2 keren di Solvo

Mei Daema mengatakan...

wahs ayang sekali saya ga bsia join dengan webinarnya, makin semangat rasanya mau buka usaha setelah mengetahui support besar diberikan oleh pemerintah untuk UMKM ini ya

Lintang mengatakan...

Wah keren banget, alhamdulillah semakin bangga dengan SOVLO sebagai buatan lokal peroduksi anak negeri.Semoga karya ilustrator Indonesia yang keren-keren bisa terus maju dan berkembang.

Qoty Intan Zulnida mengatakan...

waw industri kreatif saat ini terus berkembang ya. inovasi baru terus diluncurkan dan yaa semua lini pekerja kreatif dapat bersatu hingga perputaran ekonomi makin baik dan diharapkan dengan begitu pertumbuhan ekonomi di indonesia pun meningkat

Didik mengatakan...

Salut di masa pandemi kayak gini terus bertumbuhan brand lokal. Semoga makin maju dan menembus pasar luar. Minimal bisa bertahan di tengah terpaan serbuan fesyen asing. Keren jg nih nama brandnya, SOVLO. Ntar mau cek ah di Pasar Baru. Dkt dr rumah.

Fenni Bungsu mengatakan...

Kolaborasi memang dapat saling mendukung untuk berkembang, sehingga bisa sama-sama berkarya dan meningkatkan perekonomian juga ya. Dukung selalu untuk ekonomi kreatif kita

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

aihh kece banget SOVLO yang ternyata singkatan dari Souvenir Lokal. Beneran jadi cara buat UMKM lokal bangkit dan berkarya. APalagi memanfaatkan pekerja lokal yang tentu membuat mereka bangga dengan hasil karyanya

Yuni Bint Saniro mengatakan...

Kalau ilustrator lokal sudah mulai terlibat maka hasil karyanya pasti akan semakin bagus. Masing-masing pasti ciri khasnya sendiri. Hebat sih ni.

Lita Lestianti mengatakan...

Saya kira SOVLO ini brand luar ternyata brand lokal soalnya namanya ky nama2 merk luar. Inovasinya bagus nih untuk memajukan produk lokal. Yang paling penting menyelamatkan pekerja yang membutuhkan pendapatan..

Witri Prasetyo Aji mengatakan...

SOLO itu kependekan Souvenir Lokal ya Kak? Aku baru tahu sih ama ini brand, dan bagus2 yak. Ngomongin produk lokal, emang produk lokal sekarang tuh bagus2 yak.

Dee_Arif mengatakan...

Salut banget dengan apa yNg dilakukan oleh SOLO ini ya mbak
sangat mendukung para ilustrator lokal

Talif mengatakan...

Awalnya saya pikir SOVLO itu produk dari luar negeri tapi ternyata pure produk lokal. Dan menariknya lagi para desain dan ilustrator bisa bergabung ya. Ini lumayan banget sih program seperti ini.

Kak Niken - Kal mengatakan...

Industri kreatif semakin berkembang. Bahkan para ilustrator semakin mendapat tempat yang istimewa ya kak. Aku baru tahu tentang SOVLO alias Souvenir Lokal ini hihi.

Damar Aisyah mengatakan...

Saya salah satu penggemar SOVLO dong, karena produknya unik dan orisinil. SOVLO ini salah satu brand indie lokal yang menurut saya berkualitas dan sudah memiliki ciri khas.

Diah Alsa mengatakan...

jujurly, saya masih asing dengan SOVLO ini, tapi salut ya dengan dukungannya untuk para iluslator lokal kita yang juga punya potensi dan kreasi yang tak kalah keren dari ilustrator luar.
semoga ke depannya, SOVLO makin sukses.
habis mau kepoin dong tentang SOVLO :)

Helenamantra mengatakan...

Ku Punya masker Sovlo ternyata brand lokal hasil survive selama pandemi. Salut!

Sekarang malah gandeng ilustrator lokal buat aksesoris unik. Cakep deh desain-desainnya

Retno Kusuma Wardani mengatakan...

Saat pertama kali mendengar kata Sovlo aku kira produk luarnegri, tapi ternyata singkatan dari Souvenir Lokal. Semoga dengan kolaborasi ini semakin banyak yang merasakan manfaat dan keuntungannya ya...

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Ilustrator Indonesia memang ga akan kalah keren ketika bersungguh sungguh
Sovlo sudah jadi langkah tepat menjadikan ilustrator menebar inspirasi

Triani Retno A mengatakan...

Ilustrator ya, bukan product designer? Btw, bagus-bagus barang yang di SOVLO. Tadi aku lohat-lihat ke sana. Smeoga kapan-kapan bisa beli :))

lendyagassi mengatakan...

Wah, menarik sekali SOVLO ini ya...selain desainnya unik ternyata memang Souvenir Lokal yang menjadi andalan. Sukses selalu ya.. SOVLO.

Leyla Hana mengatakan...

Wah aku baru tau nih brand Sovlo. Cantik-cantik ya produknya. Bangga dengan produk lokal karena gak kalah dengan impor. Aku pun kalo belanja, ngutamain produk lokal.

Erny Note mengatakan...

Oalah aku kemana aja ya ternyata SOLVO itu Sovenir Lokal to. Makasih mba udah ksh info tentang SOLVO. Harus kita suppprt ya, cakep2 produknya...semoga makin maju dan berkembang....

Heizyi mengatakan...

Karena rasa percaya pada setiap orang, mungkin terutama pada wanita adalah kunci menarik perhatian pada pandangan pertama ya kak

Annisa P Putri mengatakan...

Aku baru tau kepanjangannya Hahaha. Semoga dengan ini hasil karya ilustrator lokal semakin berkembang dan maju.

Lina W. Sasmita mengatakan...

Keren banget ih terobosannya. Malah bisa menjadi berkembang dan semakin mengangkat tema lokal brand sehingga menyelamatkan banyak UMKM yang terpuruk saat pandemi.

Ika Gifka mengatakan...

Aku pikir sovlo apaa gitu. Ternyata souvernir lokal. Kece juga singkatan. Keluarga ada nih yang bisa ilustrasi, siapa tau bisa gabung juga.

Diah Alsa mengatakan...

produk-produk SOVLO ini kece-kece ya, naksir deh dengan sling bag juga backpacknya apalagi ada design dari ilustrator gitu ya.

Larasatinesa mengatakan...

Wow gemes banget produk kolaborasinya Solvo bareng ilustrator. Semoga makin banyak yang kolab ya, biar industri kreatif lokal makin berkembang.

Heizyi mengatakan...

Oh, jadi sovlo itu souvenir lokal. Wah, menarik sekali idenya

Hasil karya nya juga beragam. Ada tas pria dan wanita juga

Diaz Bela mengatakan...

Aku udah lama juga nih incer produk-produknya solvo soalnya koleksi mereka suka kolaborasi sama ilustrator lokal yang lucu dan ngegemesin! hehe

Andiyani Achmad mengatakan...

keren banget sovlo ini sebagai surviving mode' yang diluncurkan karena perusahaan mengalami penurunan omset cukup drastis, jadi penolong bisnis juga ya

Shyntako mengatakan...

Keren sih SOVLO mendukung ilustrator lokal yang gak kalah kok dibanding ilustrator luar, temenku juga ada beberapa ilustrator, dia sekarang jd freelance ilustrator buku, sama ada usaha bikin merchandise gitu

Renayku mengatakan...

Pas baca nama SOVLO aku pikir brand luar negeri eh tnyata itu singkatan Souvenir Lokal toh. Makin keren nih ide2 entrepreneurship di Indonesia

Mellisa mengatakan...

Baru tau tentang SOVLO dan unik juga ya ternyata konsepnya. Aku juga suka lihat contoh desain produknya itu, anak muda banget.

Fera Marentika mengatakan...

ya ampun lucu2 banget ya desain product nya.. aku baru tau juga nih kalo solvo itu singkatan souvenir local xD hihi.. kreatif ya..

Kak Niken - Kal mengatakan...

Ternyata SOLVO ini Souvenir Lokal ya. Luar biasa euy. Semoga makin berkembang dan mampu dukung ekonomi kreatif ya.

Rani Retnosari Mantriana mengatakan...

Tiap ada produk hasil kolaborasi dengan ilustrator pasti hasilnya langsung menarik perhatianku dalam sekali lirik (eaaa bahasanya, wkwk), soalnya unik-unik sih..

Eni Martini mengatakan...

Ilustraator indonesia itu keren-keren loh mba. Dengan adanya ini semua mereka semakin berkembang ya mba