Sabtu, 24 Desember 2022

Liburan Cara Aku Untuk Kebersamaan Keluarga

Libur tlah tiba ..libur tlah tiba, hore ..hore..hore..

Libur telah tiba.. libur tlah tiba.. yeayyyyy asiknya saat liburan.

Euforia liburan terasa banget, apalagi setelah pandemi, aktivitas untuk liburan semakin meningkat.  Begitupun dengan aku, liburan adalah cara aku untuk kebersamaan keluarga.  Yess.. liburan pasti  semua orang  menginginkannya.  Apalagi  bersama  keluarga.  Liburan merupakan aktivitas yang menyenangkan. Liburan yang menyenangkan menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap orang bukan? Banyak orang memanfaatkan waktu liburan untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh setelah melewati rutinitas sehari-hari yaitu  kerja, sekolah,  bahkan  rutinitas  ibu  rumah  tangga. Seperti  pada  anak-anak sekolah,  setelah berkutat  dengan  ujian  yang menegangkan dan  melelahkan  pikiran,  saatnya  liburan!!!!

Dan cara untuk menikmati liburan setiap orang berbeda-beda, ada yang memilih menikmati waktu liburan di rumah saja. Namun ada pula yang memilih menikmati waktu liburan dengan travelling ke luar kota atau ke tempat wisata.  Dan sudah lama aku dan keluargaku tidak liburan.  Selain masa pandemi, dua tahun terakhir alhamdulilah aku masih diberikan kesempatan untuk menikmati masa kehamilan dan melahirkan anak ketiga, Baby Almira.  Hal ini juga membuat aku menunda untuk liburan bersama keluarga.   Selain budget yang menipis, karena tabungan untuk liburan juga terpakai untuk biaya saat aku melahirkan Baby Almira secara secar, juga perawatannya di NICU yang alhamdulilah bisa terhandle.   Tapi kami yakin rejeki akan ada selalu untuk bisa berlibur sampai  menunggu Baby Almira siap untuk diajak liburan keluar kota. Tentunya banyak destinasi wisata impian aku dan keluarga yang ingin dikunjungi.  Ke Bali dan Malang menjadi destinasi wisata impian keluarga kami.  Aku juga pengen mengajak anakku naik  pesawat.   Apalagi anak bujang, hihihi ampe mimpi-mimpi pengen naik pesawat.    Sebelum-sebelumnya kalau liburan, aku dan keluargaku selalu menggunakan kendaraan pribadi, dan ini kadang dikeluhkan pak supir alias suami karena capek dan lelah menyetir sendiri.  Suami juga ingin bisa benar-benar menikmati liburan.   Semoga bisa terkabulkan dengan mamanya ikutan lomba blog Traveloka #LiveYourWay

Bismillah aamiin.

Flashback pengalaman liburan cara aku untuk kebersamaan keluarga ke Pelabuhan Ratu di  Sukabumi,Jawa Barat dan ke Pantai Suwuk, di Kebumen Jawa Tengah.

Menikmati Sunrise di Pantai Pelabuhan Ratu

Sunrise di Pantai Pelabuhan Ratu ( dokpri)

View Pantai dilihat dari Hotel Samudra Beach

Jawa Barat terkenal dengan wisata alam yang eksotis.  Udara yang sejuk dan nyaman menjadi nilai plus. Cerita Pantainya yang mempesona seperti Pelabuhan Ratu membuat aku dan keluargaku ingin segera kesana. Suasana pantai cocok untuk melepaskan kepenatan dan me-refresh pikiran.  Pantai Palabuhanratu, atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata  di Pesisir Samudera Hindia di selatan Jawa Barat,  Indonesia. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi

Ini jadi liburan cara aku untuk kebersamaan keluarga. Dan kamipun ingin melihat sunrise dari dekat.   Berbekal perjalanan darat menggunakan mobil pribadi,  dari rumah Bogor menuju Sukabumi ditempuh -+4 jam.

Sepanjang perjalanan  disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan.

Saat itu kami juga menginap, sebelumnya sudah reservasi Hotel terlebih dahulu, dan pilihannya adalah Hotel Inna Samudra Beach,  Sukabumi. Tertarik dengan Inna Samudra Beach karena misinya yaitu : " menawarkan pilihan yang sempurna untuk menginap yang membuat rasa nyaman untuk tinggal karena letaknya di Pelabuhan Ratu dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan desain interior yang nyaman dan modern. Penginapan ini cocok bagi  yang ingin berlibur bersama keluarga, teman dan kerabat.  Pas banget!! Keluar Hotel,  langsung bisa menikmati Pantai Pelabuhan Ratu.  Kami sengaja berangkat agak sore.  Agar tiba dihotel malam,  langsung istirahat tidur dan paginya bisa melihat sunrise.  Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang memiliki keindahan panorama yang khas. Udaranya sejuk.  Hamparan pasirnya luas.  Kami berada disisi Pantai Timur. Sambil menunggu Sunrise,  jalan-jalan dipinggir pantai serasa lepas beban dipundak.  Suara deburan ombak memecah keheningan suasana menjelang pagi. Dinginnya air mengusap wajah yang lelah.  Duduk Di bebatuan besar yang ada disekitar pantai sambil memandang hamparan laut luas yang masih berselimut kabut.  Perlahan kabut bergerak hilang. Matahari malu-malu muncul dari peraduan.  Siluet cahaya menyembul , sedikit demi sedikit mengganti gelap. Selarik sinar muncul menghangatkan.  Sunrise yang sangat sempurna. Beruntungnya aku bisa melihat langsung dari Pantai Pelabuhan Ratu ini.   Sejauh mata memandang,  keindahan yang tersaji. Hamparan laut berpadu dengan deburan ombak. Hamparan pasir yang melembutkan siapapun yang berpijak di pantai ini.  Puas rasanya aku dan keluargaku bisa berkunjung kesini.

Pantai Suwuk - Pesona Wisata Keluarga di Kebumen,  Jawa Tengah

Pantai Suwuk - Kebumen mempunyai daya pikat untuk dikunjungi.  Walaupun belum begitu popular namun sudah menjadi tujuan wisata.  Apalagi saat liburan tiba.  Berduyun-duyun orang datang bersama keluarga untuk berwisata di pantai ini.

Pantai Suwuk  terletak di Tambakmulyo, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54383, Indonesia ( sumber Wikipedia).

Sepanjang barat Pantai ada deretan 3 bukit yang sangat indah, bukit tersebut menjulang kokoh dan Hijau bersemi.

Hamparan pasirnya yang berwarna hitam menambah kesan eksotisnya.

Ditambah ada wisata mobil Offroad,  juga berkuda menyisiri pantai.   Namun dipantai ini tidak boleh berenang karena ombaknya yang terkenal ganas,  jadi cukup bermain-main pasir dan ombak dipinggiran pantainya saja.   Para pedagang makanan dan minuman menjajakan dagangannya silih berganti.   Namun yang kusuka yaitu "peyek undur-undur" seperti udang namun beda.  Khasnya makanan pantai.  Bila lelah,  ada persewaan tenda + tikar untuk beristirahat.  Dengan merogoh kocek sekitar Rp. 30.000,- per jamnya sudah bisa menikmati keindahan pantai sambil bercengkerama bersama keluarga.   Untuk tiket masuk kesini cukup murah,  pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga 4500 rupiah saja untuk dewasa dan 2500 rupiah untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun.   Dan karena kami datang pada hari libur maka suasananya sangat ramai.  Kami menginap di Hotel disekitaran Gombong, Kebumen.  Transportasi nya mudah dan terjangkau. Akses jalannya pun memadai dan gampang karena letaknya yang strategis.  Yaitu  ada di selatan Kota Gombong, kira-kira jaraknya 22 kilometer dari kota gombong tersebut.  Dibutuhkan sekitar 35 menit saja. Dan bila dari pusat kota kebumen, maka jaraknya sekitar 50 kilometer. Bila ditempuh bisa memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Waktu yang lumayan lama tersebut akan terbayar begitu sudah sampai di pantai.

Begitu berkesannya pengalaman liburan cara aku untuk kebersamaan keluarga ini, dan kami ingin mengulangnya lagi dengan destinasi wisata ke Malang bareng Traveloka tentunya.

Ikutin Suara Hati Jalani Hidup dengan Caramu, #LifeYourWay

Mengapa aku ingin mengajak keluargaku untuk liburan ke Malang?  Ya aku ikutin suara hati jalani hidup dengan caramu, , #LifeYourWay

Kota Malang, kota berjuta kenangan ( widiiih, udah kayak apa aja yak).  Tapi emang bener sih.  Kota Malang adalah tempat di mana suami menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) tepatnya, dan sebelum menikah, ya iyalah namanya juga masih kuliah hehehhe, kamu melakukan LDR ( Long Distance Relationship).  Sedangkan saat itu aku kuliah di Jogja.  Ya kami awalnya adalah teman satu SMA yang alhamdulilah berjodoh hingga kini mempunyai anak tiga, dan semoga sampai selamanya aamiin.  Kembali ke topik deh Kota Malang, tentunya saat LDR itu, aku beberapa kali berkunjung ke Malang ( jangan suudzon yah heheheh.. walaupun saat itu kami sudah bertunangan, masih dalam batasan yang wajar saat bertemu).   Banyak destinasi wisata di Malang yang meninggalkan kesan nostalgia seperti Selecta dan Alun-alun Kota Malang.  Kami makan tahu petis, rujak cingur, bakso Malang dan masih banyak kuliner lainnya yang menggoda selera.  Terakhir ke Malang waktu sehabis akad nikah ( ceritanya bulan madu eciyeee) dan udah tahu dong, wong sudah halal, sudah boleh ngapain aja deh  hahahaha... Kini setelah puluhan tahun berlalu, ingin mengajak anak-anak sekaligus bernostalgia ke Kota Malang.  Liburan cara aku untuk kebersamaan keluarga, aku memilih destinasi wisata yaitu : 1. Taman Rekreasi Selecta, Malang Night Paradise, 3. Museum Angkut.  Bernostalgia dengan dingin sejuknya Kota malang adalah salah satu alasan aku memilih destinasi wisata ini.  Suasana malam hari yang indah pastinya ingin kudapatkan di Malang Night Paradise, juga mengenalkan anak-anak terutama Baby Almira dengan berbagai koleksi moda transportasi yang ada di dunia sejak zaman dahulu hingga sekarang, di Museum Angkut.

Harga tiket pesawat Jakarta-Malang PP

Aku ingin menggunakan pesawat dan memilih tiket pesawat Citilink yang ada di Traveloka App dengan harga sekitar Rp. 1.345.171 org kelas economy Jakarta -Malang pulang pergi.  Dengan adanya promo yang ditawarkan di Traveloka App, tentunya aku bisa mendapatkan harga yang lebih murah.  Aku akan pesan tiket untuk 5 orang, 4 dewasa  ( usia lebih dari 12 tahun dan 1 bayi ( usia kurang dari 2 tahun ) dengan

Harga per malam/kamar di Rumah Kebun Lulu Villa

Aku juga akan pesan Homestay untuk kami istirahat selama di Kota Malang yaitu di Rumah Kebun Lulu Villa dengan harga normal Rp.500.000/kamar/malam dengan promo dari Traveloka jadi hanya Rp. 375.000/kamar/malam.  Di Traveloka App banyak promo menarik yang tentunya sayang buat dilewatkan.

Promo Hotel di Traveloka App

Berangkat ke bandara dari Cileungsi ke Soekarno-Hatta pun bisa mendapatkan promonya lho di Traveloka App.

Ada banyak cara buat berangkat ke Bandara

Dengan penerbangan pagi, sekitar 1 jam 30 menit, sudah sampai di Bandara Abdulrachman Saleh.  Kemudian langsung lanjut ke Rumah Kebun Lulu Villa untuk istirahat sejenak.  Di mulai deh liburan cara aku untuk kebersamaan keluarga dengan mengunjungi destinasi wisata impian.

Yuk simak!!

Taman Rekreasi Selecta, Surga Tersembunyi di Kota Batu, Malang

Taman Rekreasi Selecta

Menjajal beragam permainan sambil melihat pemandangan alam merupakan sesuatu yang menyenangkan. Kegiatan tersebut bisa dilakukan di Taman Rekreasi Selecta.

Uniknya, tempat ini dikelilingi oleh Gunung Arjuna, Welirang, dan Anjasmoro.

Wahana terbaik seperti:

• Kolam Renang dan Waterpark, Selecta terkenal dengan Kolam renang dengan Air yang jernih yang membuat kita berlama lama disini, Bermain bersama Keluarga Disediakan juga Water Park dan Area Anak – anak

• Sepeda Udara, Sepeda Udara Menyajikan pemandangan natural yang apik di Taman Rekreasi Selecta, Udara yang sejuk dan Bunga bunga di kiri kanan mata akan memanjakan kita.

• Sepeda Air, Ingin merasakan keseruan bersama partner / keluarga?? Aku ingin mencoba Sepeda Air, dan merasakan keseruan dan petualangan bersepeda mengayuh bersama dikolam air yang jernih dan asri

• Bahtera Ayun, Ingin Merasakan Adrenalin yang Mengalir deras?? atau menguji nyali ? Wahana ini sangat cocok!!

• Cinema 4D, Selecta menyediakan Bioskop 4 Dimensi untuk kita nikmati, Bioskop dengan teknologi terkini ini siap menjadi salah satu Andalan dari Taman rekreasi Selecta,tidak hanya Visual tapi juga Motion dihadirkan dalam Bioskop ini.

• Family Coaster,  menyajikan petualangan yang tak terlupakan, kita akan dibawa melalui rute yang rindang dan pemandangan yang segar Khas Selecta.

• Flying Fox, Selecta juga menyediakan Arena Flying Fox bagi kita  yang bernyali tinggi, tentu saja akan ada nuansa berbeda saat anda Mencobanya karena Suasana alam yang Masih natural akan membuat Flying Fox menjadi semakin Asyik dan seru

• Kiddie Ride, Untuk Adik – adik  disediakan Wahana Kiddie ride yang seru dan menantang, pastinya hanya ada di Taman rekreasi Selecta

• Bianglala, Tidak ada yang lebih asyik dari Melihat pemandangan Wisata Selecta dari ketinggian, Nikamti Alam yang masih bersih dan sejuk Di Taman Rekreasi Selecta

Harga tiket di taman Rekreasi Selecta

Dengan harga tiket yang terjangkau, aku dan keluargaku bisa menikmati wisata di Selecta ini.

Sumber : https://selectawisata.id/taman-rekreasi/

Malang Night Paradise

Malang Night Paradise ( doc. kompas.com )

Sebagai salah satu kawasan wisata di Jawa Timur, Malang juga menyediakan hiburan menarik pada malam hari, yakni tempat dengan banyak lampu dan fasilitas permainan.

Malang Night Paradise adalah tempatnya. Terdapat beragam hiburan, seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, dan Flying Car.

Bagi yang tertarik, bisa langsung datang ke Malang dan mencoba wahana yang ada. Ingat, datang saat sore sekitar pukul 17.45 WIB untuk membeli tiket, sedangkan jam tutupnya pukul 22.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya ke Malang Night Pradise per orang dibanderol dari harga Rp 55.000, dikutip dari Instagram resminya.  Dan tentunya tiket ini juga bisa dipesan di Traveloka App.

Tempat rekreasi yang hanya buka pada malam hari ini dibagi ke dalam 3 area: Dino Park di mana Anda dapat melihat replika bermacam dinosaurus; Lampion Park yang akan membuat kita merasa seperti di negeri dongeng dengan lampionnya yang berwarna-warni, dan Magic Journey yang akan membawa kita mengelilingi dunia melalui 9 sungai dan lorong tematik.

Sumber : https://malangnightparadise.com/

Museum Angkut

Museum Angkut ( doc. Kompas.com )

Pengunjung yang datang ke museum ini bisa melihat koleksi moda transportasi yang ada di dunia sejak zaman dahulu hingga sekarang, dengan jumlah sekitar ratusan.

Lokasi Museum Angkut berada di lereng Gunung Panderman, tepatnya ada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Batu, Kota Batu.

Museum Angkut punya banyak sekali permainan unik, salah satunya yakni simulasi balapan yang pastinya seru untuk Anda, yakni VR Racing Simulator.

VR Racing Simulator di Museum Angkut adalah sebuah wahana permainan balapan mobil dengan menggunakan VR (Virtual Reality).

Uniknya lagi, mobil yang akan dikendarai di dalam game tersebut bukan mobil balap biasa, melainkan ada mobil dalam kompetisi F1 alias Formula One dan mobil Rally.

Di dalam game VR Racing Simulator Museum Angkut ini, pengunjung hanya tinggal duduk, mengendalikan stir mobil, dan menancapkan gas sedalam mungkin agar bisa melaju sekencang mungkin.

Wah ini sih jadi kesukaan anak bujangku pasti!!

Kalau Baby Almira pasti suka dengan alat angkut tradisional dari Indonesia seperti cikar dari Tuban yang satu ini. Cikar merupakan salah satu alat transportasi tradisional bagi para petani di zaman dahulu sebelum kendaraan mesin muncul.

Selain digunakan sebagai alat transportasi, cikar juga biasa dimanfaatkan oleh para petani untuk mengangkut hasil panen, mengangkut pupuk, hingga rombongan.

Sumber : https://jtp.id/museumangkut/

Udah bayangin aja kalau ini jadi kenyataan, bismillah aamiin.   Tapi saat ini cukup dengan impian dulu deh, semua yang aku rencanakan liburan cara aku untuk kebersamaan keluarga masih tertulis di atas kertas seperti tiket pesawat, hotel dan beberapa destinasi wisata baru menjadi impian dikarenakan uang yang saya tabung untuk pergi liburan ke Malang bersama keluarga masih belum terkumpul.  Saat ini lagi mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit.

Tapi aku yakin untuk Ikutin Suara Hati Jalani Hidup dengan Caramu, #LifeYourWay  dengan mengikuti blog kompetisi dari Traveloka adalah salah satu cara untuk mewujudkan impianku ini.

Yuk kita liburan lagi bareng Traveloka, dan juga jangan lupa untuk rencanakan liburan di Traveloka .

Kalian pun bisa untuk ikutan, dengan cara menceritakan pengalaman travelling kita dengan cara kita sendiri yang paling berkesan dan buat itinerary perjalanan atau wishlist sekreatif mungkin dengan ikutin suara hati anda yang ingin Traveloka wujudkan, dan 3 alasan kenapa kamu pengen banget ke destinasi wisata tersebut.

Kompetisi blog #LifeYourWay

Tuliskan minimal 1.500 kata dan 3 paragraf tentang tempat – tempat yang ingin kamu kunjungi serta salah satu lebih produk yang kamu gunakan dalam itinerary baik itu pesawat, kereta, bus, hotel dan holiday stays, taman bermain, spa, atau lainnya yang ada di aplikasi Travelokas App.   Gaya penulisan bebas dan ditulis dalam bahasa Indonesia.  Jangan lupa yah, artikel kamu. mengandung kata  “Travelling Cara Aku” atau “Liburan Cara Aku”, dan atau “Bareng Traveloka”.

Gaess, jangan lupa yah untuk selalu bersyukur dan menikmati hidup kita.

Selalu ikutin suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay