Kamis, 07 Mei 2020

Sakatonik ABC Mengajak Anak Indonesia #BerjemurAsyik Melalui Eksplorasi Virtual Gym


                       



Halo Ayah, Bunda...

Masih semangat dirumah aja kan? Ya kita harus mendukung usaha Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran wabah ini.

Di kondisi yang mengharuskan kita buat stay di rumah seperti sekarang ini,
kita harus menggunakan waktu untuk melakukan berbagai hal kreatif dan produktif untuk mengisi waktu luang. 
Karena banyak waktu yang dihabiskan di dalam ruangan tidak seharusnya membuat kita berdiam dan berpangku tangan.

Yang penting juga nih, bahwa di tengah penyebaran pandemi global virus Covid-19 yang juga sudah merebak luas di Indonesia, kita dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai proteksi awal untuk meminimalisir virus yang masuk ke tubuh. Termasuk bagi anak-anak juga.  Sinar matahari pagi merupakan salah satu yang bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat daya tahan tubuh anak. Lewat berjemur anak-anak dapat merasakan manfaat sekaligus untuk kesehatannya.

Menurut dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, fM.Sc, Dokter Spesialis Anak, bahwa aktivitas berjemur anak dibawah pukul 10.00 banyak  manfaatnya. Karena kandungan sinar ultraviolet B (UVB) yang kemudian akan membentuk provitamin D dalam jumlah besar akan langsung disalurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, fM.Sc, menambahkan, kalau kadar UVB semakin tinggi diatas pukul 10.00 dan dapat berpotensi pada paparan kanker kulit pada anak. Untuk durasi berjemurnya dibawah pukul 10.00 dapat dinaikkan bertahap dari 5 menit sampai 15 menit. Aktivitas berjemur dapat dilakukan dalam frekuensi 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Anak-anak perlu memaksimalkan berjemur pada bagian lengan dan tungkai mereka, serta waktu berjemur ini berlaku untuk semua wilayah di Indonesia.


                         


Sinar matahari tidak hanya mengandung provitamin D saja, berjemur sambil beraktivitas yang menyenangkan dibawah pukul 10.00 melatih ketahanan fisik anak. Pengkoordinasian tubuh disaat beraktivitas diluar ruangan ini bagus juga untuk pengembangan keterampilan motorik pada anak. Sehingga bila saat bulan Ramadhan tiba, anak-anak dapat merasa nyaman dengan aktivitas berjemur ini dan tidak merasa terbebani.

Lebih lanjut dijelaskan oleh dr. Zeth Boroh, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga. Beliau  yang juga ikut berkontribusi menciptakan aktivitas dalam #BerjemurAsyik ini mendukung aktivitas fisik yang dikemas menyenangkan, agar anak kedepannya dapat rutin berjemur setiap hari walaupun ditengah sedang menjalankan ibadah puasa.


                        


#BerjemurAsyik Dengan Virtual Gym Bersama Sakatonik ABC

Aktivitas #BerjemurAsyik dibagi dalam 3 bagian, dengan bagian utamanya adalah Virtual Gym yaitu gerak tubuh virtual sehingga anak dapat sekaligus membayangkan sambil bereksplorasi melatih motoriknya saat memvisualisasikan gerakan tersebut. Sehingga walaupun saat ini mereka melakukan berjemur di rumah karena ada pembatasan kegiatan di masa Covid-19, mereka dapat berimajinasi seperti
sedang bersepeda, bermain skating, mendayung ataupun berenang.

Ergocycle /Bersepeda:  anak melakukan gerak seperti sedang bersepeda bersama teman-temannya.
Skating / Bermain skating:  anak melakukan gerakan sambil membayangkan seolah sedang berselancar  diatas dinginnya es.
Canoeing/ Mendayung:  anak membayangkan seoalah ada di danau sambil mengayuh perahu.
Swimming / Berenang:  anak melakukan gaya renang yang disuka.

Adek Naufal sudah ikutan lho mengeksplorasi Virtual Gym , bisa ditonton disini yah :


dr. Zeth Boroh, Sp.KO, lebih lanjut menjelaskan bahwa gerakan virtual ini dapat membantu struktur tubuh anak menjadi lebih kuat serta terhindar dari cedera otot saat mereka sedang aktif beraktivitas #BerjemurAsyik.


                          


Disamping gerak tubuh virtual ada gerak tubuh pendukung lain yaitu pemanasan (dynamic stretching) dengan intensitas sedang yang berfokus pada fleksibilitas tubuh anak.  Lalu juga ada gerak tubuh pendukung lainnya yaitu anak melakukan gerakan untuk latihan kardio seperti berjalan, berlari dan melompat yang dikemas dengan menyenangkan seperti anak sedang dance atau menari.

Aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi Virtual Gym yang didukung dengan gerak tubuh lainnya dapat ikut membentuk sistem daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat dan maksimal. Disamping bagus untuk keterampilan motorik anak. Ketiga bagian gerak tubuh yaitu aktivitas Virtual Gym dan pendukungnya dapat dilakukan 1 hingga 2 set saja atau sekitar 5 sampai 10 menit sambil berjemur.

Berjemur Perlu Didukung Asupan Nutrisi dan Vitamin Lengkap untuk Daya Tahan Tubuh Maksimal

Sakatonik ABC sebagai vitamin anak Indonesia untuk mendukung daya tahan tubuh anak- anak Indonesia di masa Covid-19 ini dengan ikut mengajak dan memfasilitasi aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi dengan Virtual gym.

dr. Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager dari Kalbe Consumer Health, menjelaskan bahwa dimasa pembatasan beraktivitas diluar rumah ini para orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam bereksplorasi untuk kebutuhan anaknya. Harapannya,  aktivitas ini juga dapat membantu anak-anak untuk beraktivitas yang menyenangkan dan juga menyehatkan.


                       


Sejalan dengan misi Sakatonik ABC.  Menurut Kustanto Pramono, Head of Commercial Kalbe Consumer Health, Kalbe berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan mendorong anak- anak Indonesia untuk tumbuh sehat dan berkembang menjadi anak berdaya tahan tubuh kuat sehingga mereka terus semangat bereksplorasi mempelajari hal-hal baru dalam aktivitas kesehariannya.

Dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, Dokter Spesialis Anak, menambahkan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal apalagi dimasa Covid-19 ini selain dari vitamin D yang bersumber dari sinar matahari perlu didukung juga dengan vitamin B kompleks lain, yang dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi yang mengandung vitamin A, B, C, dan E serta kandungan nutrisi pendukung lainnya.

Hal ini seperti yang di ungkapkan oleh dr. Helmin Agustina Silalahi, bahwa di bulan Ramadhan ini, asupan vitamin perlu untuk mendukung aktivitas kegiatan mereka sehari-hari sehingga anak-anak dapat secara maksimal beraktivitas seperti biasa walaupun sedang ikut berpuasa.  
Sakatonik ABC hadir untuk melengkapi asupan multivitamin pelengkap bagi anak disamping makanan yang bergizi. 

Sakatonik ABC berfungsi untuk memenuhi kebutuhan multivitamin harian. Mengandung vitamin lengkap dari Vit A sampai Vit. E, dan mengandung juga Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, apalagi pada saat Bulan Puasa.

Tentang Sakatonik ABC

              
                           


Sakatonik ABC merupakan multivitamin anak untuk tumbuh sehat yang memiliki dua varian dalam bentuk tablet dan juga gummy. Sakatonik ABC tablet sebagai multivitamin dengan kandungan vitamin lengkap yang disukai anak dengan bentuk alfabet dan benda langit yang edukatif serta memiliki 4 varian rasa enak seperti anggur, jeruk, stroberi, dan antariksa (rasa tutty fruity). Sakatonik ABC tablet ini berfungsi untuk menjaga kesehatan anak, menjaga daya tahan tubuh anak, serta membantu pemulihan kondisi anak setelah sakit. Sakatonik ABC tablet ini dapat dikonsumsi anak setiap hari dengan dosis 3 kali sehari 1 tablet hisap.


                        
dok. Sakatonik ABC


Varian kedua, Sakatonik ABC Gummy sebagai multivitamin anak gummy yang mengandung kandungan buah dan sayur dengan bentuk beruang dan memiliki 4 varian rasa dalam 1 kemasan, seperti rasa apel, stroberi, anggur, dan jeruk. Dalam satu kemasan, Sakatonik ABC Gummy mengandung sumber serat dan tinggi Vitamin C sehingga varian dari Sakatonik ABC Gummy ini sangat cocok diberikan untuk anak-anak, apalagi jika mereka tidak suka makan buah dan sayur. Sakatonik ABC Gummy berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh anak. Sakatonik ABC Gummy ini dapat dikonsumsi anak setiap harinya dengan dosis 1 sachet per hari.


                           
dok. Sakatonik ABC


Yuk #BerjemurAsyik dengan Virtual Gym bersama Sakatonik ABC.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai #BerjemurAsyik dengan Virtual Gym, dapat dilihat langsung melalui https://bit.ly/3ctIfTt.


                       


#BerjemurAsyik
#EksplorasiVirtualGym
#VirtualGym
#SakatonikABC
#BerjemurAsyikdenganEksplorasiVirtualGym
#Multivitamin
                                                                         








66 komentar:

hendro mengatakan...

Wah bener nih harus olah raga harus tetep jalan meskipun dirumah aja, agar kesehatan tetep terjaga...

hendro mengatakan...

Bener banged nih meskipun dirumah aja, olah raga harus tetep jalan supaya kesehatan tetep terjaga..

Indri astuti mengatakan...

Musim pandemic kaya gini emang kudu banget berjemur dan olahraga, keren ya Sakatonik inovasinya buat keseruan anak selama dirumah aja

Haryati mengatakan...

Sekarang ini berjemur dan berolah raga sangat penting biar tetap sehat walau harus di rumah, dan Sakatonik vitamin yang di sukai oleh anak²

Khusnul khotimah mengatakan...

Bia ajaa suka banget sama vitamin sakatonik abc ini. Kandungannya lengkap tuk anak

Dyah (Author roemahaura.com) mengatakan...

Asyik banget bisa tetap sehat dengan berjemur dan virtual gym. Anakku juga makan sakatonik loh mbak. Madang yang bentuk ABC, kadang edisi antariksanya.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Anakku hepi banget ini...Bisa #BerjemurAsyik dengan Virtual Gym bersama Sakatonik ABC.Gerakannya unik dan bikin tertarik anak-anak. Sehat bergerak dan konsumsi vitaminnya pun manfaat.

Maria G Soemitro mengatakan...

Walau ada ahli yang menyarankan berjemur pukul 11.00, saya ga mau
Jam segitu kan panas banget
Yang pas ya Jam 10.00 kurang, sambil Urban farming :)

Mutia Ramadhani mengatakan...

Bahkan berjemur saja menjadi aktivitas yang selalu ditunggu saya dan anak-anak sekarang mba. Hahaha. Setiap pagi, minimal sekali dua hari, saya bersama tiga bocah saya yang balita jemuran di luar rumah. Kadang si kakak sambil sepedaan, sementara adik kembarnya yang baru pintar jalan seliweran ke sana kemari, sesekali main bola. Sakatonik ABC ini legend banget nih jingle-nya saya juga masih hapal. Hahahaha.

Triani Retno A mengatakan...

Paling sering sih berjemur sambil sekalian menjemur pakaian atau mengurus tanaman :D

Dee_Arif mengatakan...

Biasanya saat berjemur anak anak sekalian berolahraga...
Main sepeda ataupun main bola

Indah Julianti br Sibarani mengatakan...

Dari anak pertama sampai ketiga, multivitamin anak-anakku ya sakatonik ini.
Sering gonta ganti juga, tapi tetep balik ke sakatonik.
Kemarin cobain berjemur sambil ngegym virtual ala #BerjemurAsyik

Lia Yuliani mengatakan...

Pernah coba sakatonik ABC dari rasa anggur, strawbery juga jeruk. Multivitamin yang disukai anakku. Memang bagus ya membiasakan diri berjemur, banyak manfaatnya juga.

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Asik nih berjemur sambil bergerak ya, bisa sepedaan atau gerakan lainnya.
Anak-anakku juga dulu konsumsi multivitamin sakatonik yang ada rasa macam-macam ini, rajin bener minumnya tanpa disuruh

Nanik nara mengatakan...

Sakatonik ABC.... bacanya sambil nyanyi ya...
Asyik nih ya berjemur tapi nggak duduk diam aja, sambil senam bisa membakar kalori nih

ginanelwan mengatakan...

Walaupun di rumah aja...gak da alasan utk ga aktif y. Untung ada sakazonic ABC

Titis Ayuningsih mengatakan...

Olahraga harus tetap dilakukan ya biar badan tetap sehat, berjemur salah satunya.

Utie Adnu mengatakan...

Iya selalu menyenangkan y mba aktivitas barengan anak aplg yg mnyehatkan olah raga sambil berjermur

Intan Daswan mengatakan...

Kalau saya sih mewajibkan anak-anak untuk berjemur sambail bermain di luar rumah tiap hari. Selain badan jadi sehat dan segar, mereka pun jadi bisa lebih ceria, loh.

tantiamelia.com mengatakan...

Yeay bunda jadi berjemur dan berolahraga bersama si kecil ya, aktivitas fisik gini emang susah, anak sekarang maunya main gadget terus, kudu diseret keluar rumah ya

Anggraeni Septi mengatakan...

Anakku kalo pagi juga hobby berjemur dengan sepeda mbak hehe. Dia suka banget sepedaan, kadang siang2 aja masih bawa sepeda. Buat aku sih gpp buat nyalurin energinya yang besar. Bonusnya dapat juara pas ikut kompetisi Balance Bike di usia 3 tahun. Wah Sakatonic ABC ini lengkap ya, bs memenuhi vitamin si kecil. Rasanya juga disukai sama anak2.

Melina Sekarsari mengatakan...

Dezig! Aduh, aku jadi tersenggol nih karena udah beberapa hari ini belum bawa anak-anak berjemur. Duh ya, padahal sinar matahari pagi itu penting banget. Mumpung besok libur (kan sehari-hari sekolah #Alesan) jadi memulai pagi di luar rumah dulu, deh. Biar tetap sehaaat.

Eh kalau lihat bentuk sakatonik ABC, kayaknya anak-anakku rada nggak tega ngunyahnya. Lah, lucu-lucu bangeeet, hahaha ...

Maria G Soemitro mengatakan...

Saya juga nih, kok males banget berjemur, padahal manfaatnya banyak ya?

Okti Li mengatakan...

Virtual gym nya seru. Gerakannya tidak susah dan tidak bikin anak kelelahan saat melakukan puasa seperti sekarang ini

Emma Malika mengatakan...

Kita memang harus selalu berjemur, klo aku sama anak-anak sambil main hehee

Nurhilmiyah - author of www.fadlimia.com mengatakan...

Anak² penting banget diberikan Sakatonik ini ya Mbak,, apalagi sedang latihan berpuasa, perlu banget asupan gizi yg seimbang ditambah vitamin ya

Susi Susindra mengatakan...

Dari istilahnya, saya sempat salfok mengira virtual gym itu pura-puranya nge-gym. Ternyata senam yang dibuat videonya. Hihihi

EMAk yang satu ini kadang lemot mikirnya, kalau berkaitan dengan istilah kekinian.

Mutia Ramadhani mengatakan...

Pagi-pagi udah ngakak nih baca komentar Mba Tria yang aku bangetttttttt. Wkwkwk. Biar cepat kering sekarang saya jemur pakaian ke halaman kompleks. Soalnya jalan kompleks udah ditutup 1 arah selama PSBB. Jadinya kendaraan, khususnya motor udah bisa dibilang langka berseliweran. Cucian dalam sehari langsung kering ya Mba Tria.

Triani Retno mengatakan...

Kita kan multitasking woman, Muuut.... Bosen atuh berjemur badan doang kalo nggak sambil ngapa-ngapain :D

Fenni Bungsu mengatakan...

Sehat dari dalam dengan vitamin dan dari luarnya dengan berjemur. Berjemur asyik kuy, tapi di sini Matahari nya masih malu-malu.

Anggi Restiana Dewi mengatakan...

Vitaminku dulu juga ini, makannya selalu hepi inget banget jaman SD xD

Muyassaroh mengatakan...

Lucu banget sih ada virtual gym-nya segala. Anak-anak juga suka nih konsumsi sakatonik ABC, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, lumayan banget buat meningatkan imunitas ya, Mbak.

Yelli Sustarina mengatakan...

Sekarang sudah banyak variannya sakatonik ABC, jadi bisa memilih sesuai dengan kesukaan anak.

Hairun Nisa mengatakan...

ya ampun lucu banget yang gummy itu kak. Cocok nih buat dibeliin ke keponakan aku yang addicted sama gum hehe..

Diaz Bela mengatakan...

Dulu waktu aku kecil ini salah satu vitamin favorit aku! Pengen juga ngasih ke anakku tapi belum bisa mengunyah maksimal karena belum 2 tahun hehe

trlitha11 (lithaetr) mengatakan...

Ini termasuk vitamin favoritnya anak-anak mba. Suka yang strawberry kalau si sulung. Kalau yang kedua suka jeruk sama anggur. Kalau enggak diingetin, vitamin ini masih suka disangka kayak permen yang dimakan bolak balik, hehehe

Uwien Budi mengatakan...

Udah sejak lama anakku juga minum Sakatonik ABC, rasanya enak disukai anak-anak

faizahjafar.com mengatakan...

Selama pandemi ini saya rajin berjemur bawa baby keluar selagi wfh, sakatonik abc ini banyak disukai anak anak karena keponakan saya konsumsi ini

Lia Yuliani mengatakan...

Pernah cobain sakatonik ABC yang rasa jeruk dan anggur. Anak saya suka. Yang Gummy belum cobain. Memang berjemur banyak manfaatnya, ya. Seru juga virtual Gymnya, jadi ngebayangin lakuin olah raga gitu, ya.

catatanatiqoh mengatakan...

waaah boleh nih ikutan ah ajakin si kecil pasti seru yaaa hehehe

Dede Ariyanto mengatakan...

Wih berjemur jadi asyik yah bareng Sakatonik ABC. 🙃

Farichatuljannah mengatakan...

cara asyik buat ajak anak berjemur dan olah raga ini mah yaaaa...

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Anak-anak saya juga pernah minum sakatonik ABC loh, terlebih di zaman sekarang, yang namanya multivitamin itu penting banget ya, semoga anak-anak selalu sehat, aamiin :)

Maria G Soemitro mengatakan...

wah saya ketemu temen nih, berjemur mah ngga, tapi berkebun sambil bolak balikin jemuran :D

Titis Ayuningsih mengatakan...

Nah, berjemur itu selain menghangatkan badan, agar badan kita tetap sehat yaaa

Siti Nurjanah mengatakan...

Musim dan iklim sedang tidak menentu, ditambah dengan penyebaran virus yang sedang marak akhir-akhir ini, pastinya perlu ya untuk lebih peduli pada kesehatan. Misalnya dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi multivitamin

Dee_Arif mengatakan...

Ini vitamin favorit anak-anakku..
Aku selalu sedia sakatonik abc di rumah

dianisekaring mengatakan...

Memang penting ya berjemur untuk anak-anak demi kesehatan mereka. Alhamdulillah setiap pagi anakku pasti berjemur dengan sendirinya di kebun, sambil main dan lari-larian. Semoga daya tahan tubuhnya semakin oke :)

Artha Amalia mengatakan...

jd berjemurnya gak hanya berdiri diam ajah ya. tp ada kegiatan yg dilakukan, dg bergerak mencontek beberapa gerakan biar seru

Melina Sekarsari mengatakan...

Iya. Ini sih emaknya juga suka dan semangat buat ngulang-ngulang. Apalagi kalau udah diiringi gerakan musik, sarana hiburan yang menyehatkan banget ya, Teh.

Joko Yugiyanto mengatakan...

Wah ini selain bikin sehat bikin seneng anak ini. Apalagi kl tetap seru

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Disaat seperti sekarang ini, selain menjaga kesehatan juga anak-anak butuh asupan vitamin untuk daya tahan tubuhnya. Nah aku baru tau juga nih kalau sekarang ada Sakatonik untuk anak-anak.

Mei mengatakan...

kalau vitaminnya lucu kayak gini kemasannya anak-anak pasti suka banget ya minumnya mungkin bakalan nagih lagi heheh karena enak dan lucu gambarnya. samaan aku juga suka bawa keponakan aku berjemur, mereka suka banget sambil main-main lari-lari

Jeanette Agatha mengatakan...

Saya baru tau nih kalau Sakatonik sudah ada yang versi gummy nya. Pasti anak2 makin suka deh.
Btw, kegiatan gym bersama anak seru juga ya mbak

Andiyani Achmad mengatakan...

Jaga kesehatan tubutubuh anak sangatlah penting di masa pandemi ini, harus ekstra juga

Dian Safitri mengatakan...

aku sempet liat videonya. bener banget kalau cuma berjemur doang tuh kadang akhirnya malas. sekalian olahraga ringan malah rasanya jadi ada 2 manfaat yang didapatkan ya. selain manfaat dari berjemurnya yang bagus untuk tulang, juga manfaat dari olahraganya, badan lebih seger.

Iva C Wicha mengatakan...

Berasa diingatkan lgi dah lama ga jemur selama Ramadhan, anak saya jga klo diajak berjemur juga ga betah,diajak berjemur slalu mlipir ke tempat teduh

Fazirotul Firdaus mengatakan...

Eh sakatonic abc ternyata masih eksis ya, aku kira udah gak ada dong. Aku dulu suka banget sama ini karena rasanya enak, apalagi yang gummy. Mirip yupi tapi lebih kenyal🤭

Diah Alsa mengatakan...

Anak2 juga biasa kuajak berjemur, emaknya jemur pakaian, anaknya berkeliaran di sekitar. Waah boleh juga nih kegiatan virtualnya, besok mau coba ajak mereka juga ahh. Pasti makin asyik berjemurnya nih.

Alfa Kurnia mengatakan...

Seru banget berjemur sambil beraktivitas dengan virtual gym dari Sakatonik ini. Selain dapat vitamin D dari sinar matahari juga badan lebih bugar karena berolahraga.

Rodhiyatum Mardhiyah mengatakan...

Pasti senang banget kalo berjemur sambil bermain. Apalagi ditemani keluarga 🧡 btw sakatonik ini rasanya enaaaak.. hehe..

Yuniari Nukti mengatakan...

Memang sebaiknya berjemur itu sambil melalukan sesuatu. Sambil ngolah keringat, sinarnya turut meresap ke pori-pori. Tapi yang saya lakukan berjemur sambil melamun, haha..

Elliza Efina - www.rajnikala.com mengatakan...

At least badan tetap aktif bergerak ya mbak sekalipun kita sedang berada di masa quarantine.

diane mengatakan...

Berjemurnya makin asik nih... Sakatonik ini kesukaan anakku juga.. karena rasanya enak dan konsumsi nya juga gampang

jagatmaheswari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
jagatmaheswari mengatakan...

Wah seru banget ya. Anak bisa tetap beraktivitas meskipun di rumah aja