Sabtu, 18 Juli 2020

3 Cemilan Anak Yang Mudah Membuatnya Di Rumah


                       


Menjalani masa transisi new normal saat ini bagi anak-anak bukanlah hal yang mudah. Sudah kita ketahui dan alami bersama bahwa wabah Covid-19 yang sudah lama terjadi di Indonesia sekitar 4 bulan ini. Bagaimana yang Moms rasakan? 

Aku sendiri sudah  jenuh dan bingung untuk mencari kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan dan bisa sekaligus menstimulasi untuk anak.

Penting banget juga untuk Moms bisa  memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai dengan pedoman gizi seimbang.  Agar anak sehat dan kuat di masa Pandemi sekarang ini.

Beberapa waktu lalu , aku mengikuti Kulwap bersama dr. Juwalita Surapsari, MGizi SpGK, bahwa untuk menjaga daya tahan tubuh anak, selain pemberian makanan dengan gizi seimbang, kita bisa memberikan suplementasi vitamin dan mineral atau makanan tambahan seperti susu.

Mengonsumsi multivitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, asalkan diminum sesuai dosis atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Terkait dengan pemberian makanan yang bergizi untuk anak, tidak lepas dari cemilan atau jajanan.  Anak-anak suka banget. Namuan jajanan anak-anak yang begitu banyak, pasti bikin khawatir kita.  Nah solusinya kita bisa membuatnya sendiri lho Moms.

Cemilan anak yang mudah membuat nya dirumah dan pastinya sehat untuk anak. Nah aku ada 3 referensi cemilan anak yang enak nih Moms.  Ada nugget pisang , sempol ayam dan puding.  Dengan toping-toping yang lucu dan warna-warni, menarik minat anak buat memakannya.
Simak yuks!!

                       
nugget pisang


NUGGET PISANG 

Bahan-bahan:
• 10 buah pisang raja yang matang.
• 4 sendok makan susu kental manis.
• 6 sendok makan terigu.
• 1/2 sendok teh garam.
• 6 sendok makan gula pasir.
• 2 butir telur yang dikocok lepas.

Untuk Bahan Pelapis :
• 150 gram tepung terigu.
• 200 cc air .
• 500 gram tepung roti.

Topping : sesuai selera,
• keju , diparut.
• coklat , diparut.

Cara Membuat :
• Pisang raja dihancurkan dengan menggunakan garpu sampai halus.
• Campur dengan susu, tepung terigu, garam, gula, telur, kemudian aduk hingga tercampur rata.
• Siapkan panci kukusan yang telah diisi air, panaskanm
• Masukkan adonan kedalam cetakan.
• Kukus kurang lebih 20 menit.
• Setelan matang kemudian angkat lalu tiriskan.
• Potong-potong sesuai selera.
• Campurkan  tepung terigu dengan air agak kental.
• Masukkan potongan nugget pisang kedalam adonan terigu, kemudian gulingkan/ masukkan  ke tepung roti.
• Lakukan hal ini berulang sampai adonan habis.
• Goreng dengan menggunakan minyak panas, api sedang,  goreng sampai nugget pisang berwarna kuning
• Angkat, lalu tiriskan.
• Hias dengan topping sesuai selera.

Taraaa.. jadilah Nugget Pisang. 
Banyak kandungan manfaat yang bisa didapat  nugget pisang ini Moms.

Seperti kita ketahui, mengkonsumsi pisang raja bisa menguatkan sistem imun, menguatkan tulang, menurunkan hipertensi dan menyehatkan mata.

Gimana Moms? Mau coba buat sendiri dirumah?

Nah selanjutnya nih yang kedua adalah Sempol Ayam

                       
Sempol ayam


Bahan :
250 gr ayam giling
√ 1 btr telur
√ 100 gr sagu
√ 1 - 1,5 sdt garam halus
√ 1/4 sdt mrica bubuk
√ 1/4 sdt kaldu bubuk
√ 1/2 sdt gula pasir

Bumbu :
√ 3 siung bawang putih
√ 2 sdm bawang goreng

Pelengkap:
√ 1 wortel parut dg parutan keju
√ 1 btng daun bawang iris halus

Pencelup :
√ 1 butir telur
√ 1 sdm air
√ 1 sdm maizena
√ Minyak goreng secukup nya
√ Tusukan sate

Cara buat :
√ Haluskan bawang putih dan bawang merah goreng, campurkan ke ayam giling aduk rata.
√ Tambahkan garam, lada, gula,  kaldu bubuk, lalu aduk rata.
√ Tambahkan telur kocok lepas aduk rata
√ Tambahkan wortel daun bawang aduk rata
√ Didih kan air dalam panci
√ Olesi tangan dengan minyak goreng, ambil adonan, pipihkan, tusuk dg tusukan sate, rebus dlm air mendidih sampai mengapung kurang lebih 10 menit.  Kemudian angkat dan  dinginkan.
√ Kocok telur tambahkan air maizena
√ Celupkan sempol goreng dlm minyak panas, setelah setengah matang angkat,  celupkan lagi ke kocokan telur goreng sampai matang.

Note : pencelupan 2x supaya hasil kremesannya lebih tebal.
Bisa juga sempol pake tusuk setelah digoreng. Bahan pencelup bisa juga hanya dengan telur  yang dikocok lepas.

Sempol ayam ini, selain enak dan bergizi juga pastinya banyak sekali manfaat nya. Mengkonsumsi ayam bisa mencegah pengeroposan tulang, anti depresan alami, baik untuk jantung, kaya akan fosfor. Dan banyak lagi manfaat lainnya.

Variasi dalam mengolah ayam menjadi cemilan anak yang enak, membuat anak lahap memakannya. Moms pasti bahagia kalau anak kita sehat dan aktif.

Selanjutnya nih Moms aku ada resep lagi, yaitu Puding. Mungkin terlihat sepele dalam mengolah puding ini. Namun variasi toping yang cantik dan menarik bisa menjadi daya tarik sendiri bagi anak-anak untuk lahap makannya.

Kali ini aku membuat Puding Silky.

Puding Silky 

                       
variasi puding

                   
Bahan :
- 1 bks agar -agar  putih
- 1 bks nutrijel coklat besar
- 3 sachet milo
- 2 sdm maizena
- 12 sdm gula pasir
- 1 kaleng SKM putih
- 2200 ml air

Cara buat :
- Campur semua bahan kecuali air, lalu aduk rata.
- Tambahkan air, masak hingga mendidih.
- Tunggu uap hilang masukan ke cetakan.
- Setelah dingin beri toping seperti parutan keju/mesis/oreo.

Nah ini Moms, seperti yang kubilang, variasi toping seperti parutan keju, mesis atau oreo  yang menarik minat anak.   Seperti media pun tidak hanya berwarna coklat. Ada yang warna warni pelangi yang membuatnya terlihat semakin enak. Anak pasti ga sabar deh buat melahapnya.

Kandungan serat dari bahan agar-agar untuk membuat puding ini, bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan juga mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Moms, sebagai seorang ibu, tentunya harus pintar-pintar mengatur keuangan rumah tangga bukan? Apalagi kondisi Pandemi sekarang ini. Ekonomi sedang lesu, tapi kebutuhan rumah tangga dan lainnya terus berjalan.

Dengan Membuat cemilan anak sendiri dirumah, bisa menghemat pengeluaran lho. Malah Moms bisa membuatnya untuk membantu penghasilan rumah tangga.  Lumayanlah untuk sekedar uang jajan anak.

Moms bisa menerima pesanan nih untuk acara arisan atau pengajian. Bisa juga dititipkan diwarung - warung terdekat.

Yuk Moms mulai dengan hal sederhana.  Membuat sendiri cemilan anak yang enak dirumah.  Anak sehat, daya tahan tubuh kuat dan terjaga, Moms dan keluarga bahagia.

Terima kasih

Tidak ada komentar: