Sabtu, 20 Maret 2021

Keluarga Jempolan, Survive Di Tengah Pandemi Bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia

         


Assalamualaikum ..

Apa khabarnya? Bagaimana kondisi kalian ditengah pandemi seperti sekarang ini?

Pandemi memberikan dampak yang besar pada perekonomian. Termasuk mempengaruhi ekonomi perorangan dan keluarga. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita sebagai seorang ibu,  Manager keuangan keluarga untuk merancang keuangan untuk memenuhi kebutuhan tambahan tanpa mengganggu keuangan pribadi maupun keluarga saat wabah seperti sekarang ini.

Tak dipungkiri,  kami para ibu sering kesulitan mengelola keuangan rumah tangga. Seolah tanggal dalam kalender inginnya tanggal muda terus.  Sudah di kalkulasi sana-sini tetap saja selalu bingung diakhir bulan. 

Sebagai ibu rumah tangga,  tentunya saya  pun berkeinginan agar setiap bulan masih ada sisa dari gaji yang diberikan suami untuk bisa ditabung.  Banyaknya hal-hal tidak terduga dalam kebutuhan rumah tangga seperti undangan pernikahan / sunatan misalnya.  Inilah yang kadang melenceng dari rencana kebutuhan yang sudah diperhitungkan sebelumnya. 

Tentunya hal ini buat seorang ibu bisa menjadi pusing tujuh keliling.  Mau usaha membantu suami juga bingung terkendala modal dan lainnya. 

                


Nah berikut beberapa hal yang aku  lakukan agar keuangan keluarga tetap bisa terkendali meski di tengah pandemi, diantaranya:

1. Aku selalu mengevaluasi darimana kita mendapat penghasilan, serta berapa jumlahnya.

2. Memastikan kebutuhan pokok sudah terpenuhi tercukupi terlebih dahulu seperti makan, pakaian dan tempat tinggal. 

3. Setelah kebutuhan pokok terpenuhi, bukan berarti aku dan keluarga bisa foya-foya atau membeli berbagai barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Aku lebih mengutamakan hal-hal penting terlebih dahulu.

4. Dengan banyaknya dan mudahnya kita order foods secara online kadang membuat kita tergoda, nah disini aku menghindari atau mengurangi pembelian makanan dari luar. Sebagai gantinya, aku bisa membeli bahannya dan mengolah sendiri dirumah. Malah sekaligus bisa quality time dengan anak.

5. Meski di tengah keterbatasan akibat pandemi, sebagai manusia pasti kita juga merasa bosan dan butuh hiburan. Sesekali aku mencari hiburan, yang terjangkau atau lebih hemat, seperti bermain game tradisional di rumah bersama keluarga, membaca buku. Bonding anak dan orang tua juga semakin erat deh.

6. Mencari sumber penghasilan lain,  misalnya mulai bisnis sebagai reseller. Ini aku lakukan dengan membantu menjualkan barang/produk jualan punya teman.

7. Menyiapkan keuangan untuk keadaan yang bersifat darurat,  agar kedepannya setidaknya bisa merasa lebih tenang, dan menghindari kekacauan yang mungkin saja terjadi karena pandemi yang belum diketahui kapan berakhir ini. Jadi aku tidak panik.

Dengan menjadi seorang ibu yang cerdas finansial, bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik, tentunya aku dan keluarga berharap bisa mewujudkan impian-impian kami, memiliki tabungan yang cukup, bisa berlibur kembali ke suatu tempat ( jika Pandemi sudah berakhir ) , memiliki kendaraan, memiliki tempat tinggal yang lebih baik dan banyak lagi mimpi-mimpi yang kami sebagai #KeluargaJempolan

mengusahakan untuk mewujudkannya.

                 


Keluarga Jempolan Bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia


Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tetap survive ditengah kondisi Pandemi, semakin banyak orang yang menggunakan waktunya untuk melakukan berbagai hal kreatif dan produktif untuk mengisi waktu luang.  

Banyak waktu yang dihabiskan di tengah kondisi pandemi yang entah kapan akan berakhir, tidak seharusnya membuat kita berdiam dan berpangku tangan. Masih banyak minggu-minggu ke depan yang membutuhkan kesabaran kita untuk tetap bisa aktif dan kreatif.

Maka dari itu, keluarga adalah segalanya, apapun yang terjadi, keluarga harus tetap nomor satu. Menjadi keluarga yang jempolan adalah prioritas

Kapanpun dan dimanapun kita seharusnya tetap jadi keluarga yang utuh, keluarga yang jempolan. Tidak seharusnya kita dihalangi oleh keterbatasan ruang karena Pandemi.

Besok atau minggu depan mungkin kita, tapi seharusnya hal tersebut bukan jadi masalah.  

Ini bukan tentang corona, bukan juga tentang sekadar berkarya, lebih dari itu, ini tentang keluarga Jempolan, bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Saat ini rasa bangga dan bahagia bisa jadi bagian dari Komunitas Bloggercrony Indonesia. Menjadi salah satu BCC Squad.

Banyak hal yang sudah aku pribadi dapatkan dari Bloggercrony. Bukan hanya tentang blog saja tapi lebih dari itu.

Aku tuh bukan siapa-siapa awalnya dan bukan apa-apa, tapi ketika ingin jadi bagian sesuatu yang menjadikan kita seorang siapa? Untuk itu aku ikut di komunitas , ikut jadi BCC Squad untuk mengembangkan diri salah satunya Komunitas Bloggercrony Indonesia.  Menjadi BCC Squad tidak hanya melulu belajar ngeblog. Tapi aku mendapat banyak sekali ilmu dan manfaat. Karena Bloggercrony sering mengadakan acara secara continue seperti Edukasi dan Diskusi ( Virtual event, kelas online / workshop, remote work ).

Banyak aktivasi digital yang dilakukan oleh Bloggercrony untuk mengembangkan potensi para BCC Squad. 

✓ Komunitas Bloggercrony Indonesia menjadi fasilitator blogger anggota komunitas untuk menyebarkan pesan / konten positif di media sosial dan beraktivitas dalam program mingguan untuk mendukung BLOGGING.

✓ Membuat aktivitas / event virtual - Terlibat aktif posting twibbon kampanye publik Prokes ( protokol kesehatan ) gerakan nasional #SelaluPakaiMasker.

- Apresiasi dan fasilitasi promosi blog dan sharing blog melalui program rutin komunitas #BWTuesday dan #InspirasiKamis.

- Posting di instagram sharing kegiatan positif kreatif #dirumahaja selama PSBB.

- Kontes posting di twitter tentang pedagang pakai masker. 

- Dan masih banyak lainnya. Tentunya ini adalah program yang sangat positif sekali.

Untuk membantu korban bencana yaitu BCC Squad dan keluarganya juga para korban  diluar Bloggercrony , ada BloggerCare.

Bagi BCC Squad yang punya usaha, Bloggercrony mendukung penuh dengan adanya BloggerPreneur.


BloggerDay 2021

                


Tak terasa perjalanan Komunitas Bloggercrony Indonesia sudah memasuki usia 6 tahun. BloggerDay 2021, Bloggercrony ini merayakan 6 tahun berdiri dengan tema " Keluarga Jempolan."

Para pendukung acara BloggerDay 2021, yaitu: 

• KITATAMA EVENT @ kitatama.id 

• Virtual Family Trip: Idfi Pancani

• Narasumber BloggerHangout 50-51: Maman Suherman, Shafiq Pontoh, Ifa H. Misbach, Kania Safitri 

• Pembawa acara: Gita Siwi 

• Moderator:  Helen Simarmata 

• BLOGGERPRENEUR: 

@duorajistore @ katalensaku.photoworks @ebigsoo_fashion_ @anesacooking @geraiaksesoris2 @aykoprojects @makarame @resepdapurayah @dapursesukahati @hennahijab_collection @asiboostertea @kitatama.id @sreehandmate @photo_coffee_


                


BloggerDay 2021 yang diadakan secara virtual pada tanggal 6 Maret 2021 melalui Zoom dari jam 13.30 - 15.00 WIB. Acara selama itu tidak membuat bosan, bahkan merasa kurang. Karena memang banyak ilmu yang didapatkan.

1. Virtual Family Trip to USA .

               


Dari rumah masing-masing bisa lihat dalamnya White House, asiknya serasa kecipratan air terjun Niagara, lanjut ke Patung Liberty, dan banyak lagi lainnya. Virtual trip ini dipandu kak @idfipancani. Ah membayangkan saja sudah serasa berada disana. Seru banget!.  Anak-anak pun diajak menebak tempat, kemudian yang menjawab benar dan tercepat mendapatkan hadiah. Wow banget deh! Anak-anak antusias banget dan happy pastinya.

2. Masih nambah lagi nih 😍  

                 


Dapat ilmu yang daging banget dari @kangmaman1965 dan @shafiqpontoh yang ngebahas Senjakala Content Creator. Menjadi refleksi diri sebagai content creator supaya terus berkarya.

3. Membahas PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh )      


bareng kak @kaniasafitrii dan kak @ifa_h.misbach. Disini kita belajar merasakan posisi sebagai guru maupun anak. Guru juga bisa kehabisan kuota! Jadi jangan menge-judge guru udah dibayar kok makan gaji buta.

4. Acara bersama 100 BCC Squad ini terasa makin hangat ketika kak @wardahfajri mengajak berdonasi BloggerCare. Jadi kita sesama blogger saling mendukung untuk meringankan beban teman-teman yang sedang dilanda musibah.

Kemeriahan acara BloggerDay 2021 semakin terasa karena bertabur hadiah. Sebanyak 50 lebih doorprize dibagikan dan Alhamdulillah aku menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan saldo e-wallet 😍

Hadiah-hadiah ini memang dipersembahkan oleh para BloggerPreneur lho! Terimakasih banyak 🙏

                


✓Buat yang penasaran, kalian bisa intip nih di IG @resepdapurayah yang sambalnya pedas abis

✓Ada juga koleksi masker dan hijab dari @hennahijab_collection. 

✓Nah yang buat happy karena unik dan lucu, ada snack bucket buat hadiah ke orang spesial dari @sreehandmate. 

✓Bagi yang suka aksesoris gelang manik? Kepoin deh instagramnya @geraiaksesoris2.

✓Buat jaga Prokes ( protokol Kesehatan ) ada pilihan topi dan masker yang keren banget dengan bahan tenun asli Indonesia, tentunya ada di @ebigsoo_fashion_.

✓Yang suka kopi, boleh banget mampir di @photo_coffee_.  

✓Biar makin manis kayak aku hehehe, minumnya pakai gula batu kristal asli Jogya nya @duorajistore. Dan aku udah order beberapa kali  lho!, kalian bisa cek di Tokopedia. Eh ini promosi boleh kan? Hihihi kenyataan kok.

Nah ini pas banget buatku #eh 😃 meluncur ke @asiboostertea. 

✓Kalau buat anakku cocok nih ngemil spaghetti brulee nya @anesacooking. 

✓Masih mau lagi? Ada nih brownies nya @dapursesukahati.

✓Yang suka tanaman imut menawan

yaitu kaktus, cek deh ke @makarame 

Lha kok ini cocok lagi buatku lagi 😃, properti newborn photography @aykoprojects. Duh jadi pengen ajak babyku buat photo deh kalau kayak gini 😍

✓Yang punya usaha, ataupun yang pengen foto produknya makin kece, kalian bisa pakai jasa @katalensaku.photoworks. 

✓Kalian lagi ada rencana buat event, gandeng aja nih @kitatama.id

Nah komplit kan? Tinggal cek dan pilih deh sesuai kebutuhan kita.

Bersyukur saat punya keluarga yang saling support  dalam satu wadah Keluarga Jempolan bersama Bloggercrony.

                   


Walaupun ga bisa ketemu secara langsung tapi kita bersama satu keluarga.

Semoga Bloggercrony kedepannya makin sukses, makin menginspirasi, makin dan makin banyak lagi lainnya.

Aku bangga menjadi bagian Keluarga Jempolan  yang bisa tetap survive ditengah pandemi ini bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia 🤗

Semoga next kondisi sudah lebih baik dan kita bisa happy dan seseruan bersama lagi. 

Jaga kesehatan selalu yah BCC Squad 👍🥰


Wassalamu'alaikum


3 komentar:

hendro mengatakan...

Wuih keren..tetep produktif dimasa pandemi, setuju bdg karena pandemi bukan penghalang untuk tetap produktif..

Selvijua31 mengatakan...

Seru juga ya , bisa jadi inpirasi dimasa pandemi ini.

Indri astuti mengatakan...

Keren juga nih bertahan di masa pandemi dengan hal positif dan pastinya produktif, semangatt