Rabu, 31 Maret 2021

Cha-ching Kids at Home, Belajar Mengelola Keuangan Sejak Dini

            


Halo Moms, saat dirumah, sering ngobrol kan dengan si kecil? Pastinya si Kecil dekat dengan Moms yah. Ngobrolin apa aja Moms?

Sama sepertiku nih. Naufal senengnya ada di dekatku terus. Seperti kali ini.  Walau pun aku sibuk dengan pekerjaan rumah tanggaku. Naufal ternyata pun asik sendiri. 

Jadi penasaran dong aku. Waktu kutanya  sedang apa Naufal nya? Dia jawab sedang menabung. Dan kutanya lagi " Menurut kamu, menabung itu apa sih?"

Wah ternyata jawaban Naufal bikin bangga lho!  Naufal bilang menabung  adalah menyimpan uang sebagian. Kali ini dari sisa uang jajannya. Katanya mau buat beli sepatu bola. Yah karena Naufal bercitas-cita jadi pemain sepakbola profesional dan dia menginginkan bisa memiliki sepatu bola yang berkualitas. Tentunya harganya lumayan.  Karena mamanya belum bisa membelikan. Ternyata Naufal bisa mengerti dan malah berusaha menabung. Semoga tercapai yah Nak cita-citamu walau pun proses nya tidak mudah. Tapi salah satunya dengan menabung ini bisa menjadi salah satu penunjang.

Sejak dini anak dikenalkan dengan literasi keuangan. Hal sederhana yang dilakukan dengan si Kecil yang tidak kita duga bisa membuat bangga dan bahagia. 


Cha-ching Kids at Home

                 


Happy banget kemarin bersama PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) pada Hari Sabtu 27 Maret 2021, 

Naufal belajar kelola uang bersama Cha-ching Kids at Home.

Prudential Indonesia Dukung Global Money Week melalui  "Cha-Ching Kid$ at Home“ Guna Bantu Anak Indonesia Mencapai 

Kesejahteraan dan Ketahanan Finansial di Masa Depan. Upaya untuk memperkuat literasi keuangan anak yang berkelanjutan dan menyeluruh sangat dibutuhkan agar mereka lebih siap dalam menjalani masa depan. 

Apa itu Cha-ching? Cha-ching adalah program yang mengenalkan dan mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak berumur 7 - 12 tahun untuk dapat paham literasi keuangan. Dikemas menarik dengan video musik, anak-anak diajak untuk melihat bagaimana Cha-Ching, sebuah grup musik menjalani kegiatannya sehari-hari.

Global Money Week (GMW) 2021 diadakan mulai dari 22 hingga 28 Maret dengan tema “Take care of yourself, take care of your money”, yang menyoroti pentingnya membangun ketahanan finansial dan tetap sehat di masa pandemi ini. 


                  


Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia, dalam sambutannya mengatakan bahwa anak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial sejak usia 7 tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan sejak usia tersebut demi mengajarkan anak agar lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan di masa depan. Dengan sistem pembelajaran daring, yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, serta modul pembelajaran yang menarik dan interaktif, berharap program Cha-Ching Kid$ at Home dapat mengajarkan literasi keuangan ke lebih banyak anak di Indonesia sehingga tercipta komunitas yang tangguh secara finansial dan sejahtera di masa depan.

Cha-Ching merupakan program literasi keuangan pemenang penghargaan yang 

diluncurkan oleh Prudence Foundation pada 2011, bekerja sama dengan Cartoon Network serta Dr. Alice Wilder, pakar edukasi dan psikologi anak ternama, dan telah diimplementasikan di 13 negara di Asia dan Afrika. 

Program ini mengajarkan empat konsep dasar pengelolaan uang yaitu Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate) kepada anak usia 7-12 tahun. Cha-Ching Kid$ at Home, memungkinkan orang tua untuk mengajarkan dasar-dasar pengelolaan uang kepada anak di rumah.

                


Alan J. Tangkas Darmawan, CEO Eastspring Indonesia, mengatakan, 

“Kami senang dapat menjadi bagian dari program Cha-Ching Kid$ at Home karena program ini sejalan dengan inisiatif #MoneyParenting kami yang bertujuan memberdayakan orang tua dengan kepercayaan diri dan tahu bagaimana melatih anak dalam mengelola keuangan yang sukses. 

Melalui inisiatif #MoneyParenting, membantu para orang tua memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang kepada anak-anak, karena percaya orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk keyakinan dan sikap anak sehari–hari. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu anak-anak membuat keputusan finansial yang lebih baik saat mereka dewasa nanti. 

Prudential Indonesia berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk pelaksanaan program Cha-Ching Kid$ at Home di Indonesia. Prudential Indonesia bersama PJI telah melaksanakan program Cha-Ching sejak 2012.


Keseruan Di Break-Out Room Bersama Cha-ching

               


Well, bagaimana keseruan belajar kelola uang bagi anak usia 7-12 tahun dengan kurikulum Cha-ching?

Anak-anak diperkenalkan pada sebuah grup Band bernama Cha-Ching. Ada Bobby dan Pepper yang hobi berbelanja, Justin yang hobi mencari uang dengan cara berbisnis, Zul yang suka menabung, Prudence yang pintar mengelola uang dan Charity yang suka menyumbang.

Naufal jadi mengenal konsep dasar pengelolaan uang yaitu:

• Memperoleh ( earn )

• Menyimpan ( save )

• Membelanjakan ( spend )

• Menyumbangkan ( donate )

dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak diajak menyelesaikan lembaran-lembaran tugas yang ada dalam kurikulum seperti perencanaan keuangan, catatan belanja, pengeluaran, pemasukan hingga catatan tabungan. Sambil mendengarkan lagu-lagu yang dibawakan oleh band Cha-ching, anak-anak gak terasa belajar literasi keuangan yang amat berharga.

Bangganya, ternyata pun Naufal cukup mengerti konsep uang dibuat dimana, bagaimana cara memperolehnya, membelanjakan uang dengan bijak sesuai kebutuhan bukan keinginan, menyimpan uang dimana, serta berbagi pada yang berhak dengan menyumbangkan uang, tenaga, waktu ataupun uang.

Oh iya, kemarin ikutan main Kahoot juga lho di acara ini, walaupun gak menang tapi tetap buat aku  bangga sekali, artinya Naufal cukup memahami konsep mengelola uang sesuai yang dibahas dalam break room di acara ini.

Terimakasih Prudential sudah memberikan kesempatan buat anak-anak bisa belajar dan mengenali literasi keuangan dengan lebih gembira. Agar kelak dewasa bisa mengambil keputusan keuangan dengan bijak.



Tidak ada komentar: