Rabu, 25 Juli 2018

Trio Kwek Kwek yang lucu dan ceria


                         


Jika mengenang artis cilik tahun 90an aku selalu teringat Trio Kwek Kwek . Ketauan yak aku dah tua banget hihihi

" Kwek kwek kwek goyang -goyang, menari dipantae"
"Kwek kwek kwek goyang-goyang , menari rame -rame. "

Sebait lagu itu selalu mengingatkan aku akan grup penyanyi cilik "Trio Kwek Kwek " yang beranggotakan Leony Vitria Hartanti, Dhea Ananda, dan Alfandy. Grup ini dibentuk pada tahun 1993 oleh Papa T. Bob. Seiring usia para personelnya yang beranjak dewasa, Trio Kwek-Kwek dibubarkan pada tahun 2001. 
.
Pada masa itu Trio Kwek Kwek sangat populer. Dengan lirik lagu yang mudah dicerna menjadikan anak -anak mudah mendengarkan dan menghapalnya. 
.
Masih jelas dalam ingatanku hingga sekarang seperti lagu "Rame -Rame " dengan video klip latar pantai. Mereka menggunakan baju warna -warni dan bergoyang mengikuti irama lagu. Seolah -olah seperti bebek menggoyangkan ekornya.  Jangan dibayangkan goyangannya. Karena mereka menari dengan ceria sesuai usianya. 
.
Lagu -lagu anak -anak jaman dulu memang pas dinyanyikan oleh anak -anak.  Lirik lagunya ringan,  ceria dan mudah dicerna. Pas banget dengan karakter anak - anak yang riang gembira .
.
Ketiga personel Trio Kwek-Kwek adalah para pemenang “Festival Bintang Cilik 1993″, di mana Papa T. Bob menjadi salah satu jurinya. Alfandy, satu-satunya anak laki-laki di Trio Kwek- Kwek keluar sebagai juara 1, disusul kemudian oleh Dhea yang meraih juara 2. Sedangkan Leony adalah peserta yang masuk nominasi karena keistimewaan khusus lantaran saat itu Leony baru berusia 5 tahun namun telah menunjukkan bakat vokal yang sangat potensial.
.
Trio Kwek Kwek, Albumnya berisi judul lagu : Katanya, Jangan Marah, Semua Oke, Rame-Rame, Bis Sekolah, Tanteku, Kancil
.
Nah lagu berikutnya seperti "Jangan Marah" pun sarat pesan buat anak-anak agar rajin belajar. Dan ada konsekuensinya apabila tidak menurut pada orang tua. 
Simaklah lirik lagunya :
" Kutakut papaku marah, 
Kutakut mamaku marah. 
Kutakut mereka marah, kalo terlambat sekolah.
Uang jajan musnah,  senyumpun tak ada, 
Kalo mereka marah "
.
Aku terinspirasi dengan lagu tersebut. 
Aku berusaha belajar yang rajin,  nurut kata orang tua. Dan timbal baliknya orang tua senang,  uang jajan pun lancar hahaha. Asik banget kan! 
.
Buah jerih payah Trio Kwek Kwek,  mereka juga sukses meraih banyak penghargaan, seperti :
- Nominasi HDX Award (1994) &
 HDX Award tahun (1996)
- Penyanyi kelompok terbaik AMI Award (1997 , 1999, 2000, 2001)
- Penyanyi kelompok terbaik Panasonic Award(1997)
-Penyanyi kelompok terbaik versi PWI Award(1997)
-Penyanyi kelompok terbaik VAN Award (1997,1999)
- Penghargaan dari Menpora untuk -Penyanyi Terbaik (1999)
(dari berbagai sumber) 

                         


Keren banget yah mereka. Dengan begitu banyaknya penghargaan tidak membuat mereka tinggi hati dan sombong. Dan tetap solid sebagai trio. Inilah yang mencontohkan pentingnya bersahabat dan berteman yang baik. 
.
Namun sekarang mereka sudah tidak aktif lagi sebagai grup dan memusatkan perhatian pada karier solo masing-masing sejak tahun 2001 dan kini, seiring bertambahnya usia para personilnya, Trio Kwek Kwek pun hanya tinggal kenangan.
.
Walaupun hanya kenangan tapi jaman sekarang bisa mudah mendapati lagu -lagu mereka di Youtube. Kutularkan kesukaanku dengan Trio Kwek Kwek pada anakku. Kuberharap mereka bisa belajar banyak dari lagu-lagunya. Seperti mamanya pada jaman dulu.. 
.
Inilah penyanyi cilik inspirasiku. Kalo kalian? 

Tidak ada komentar: