Rabu, 20 Februari 2019

Meriahnya Barongsai Festival Di One Parc Puri



                       
                           Barongsai Festival



Tahun Baru Imlek !  Kalian pasti  tahu dong? Ya, Tahun Baru Imlek adalah merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh. Malam tahun baru imlek dikenal sebagai malam pergantian tahun

Di Indonesia, perayaan tahun baru Imlek dilarang dirayakan di rezim Orde Baru di bawah pemerintahan Presiden Soeharto. 
Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia kembali mendapatkan kebebasan merayakan tahun baru Imlek pada tahun 2000 pada masa Presiden Abdurrahman.  Kemudian pada tahun  2001  diresmikan Imlek sebagai hari libur fakultatif (hanya berlaku bagi mereka yang merayakannya). Dan Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri mulai tahun 2003.

Perayaan Imlek seperti kita ketahui sekarang tentunya tidak luput dari atraksi Barongsai dan segala pernak perniknya.

Barongsai Festival

Untuk memperingati Imlek yang jatuh pada  tanggal 5 Februari 2019 lalu, One Parc Puri mengadakan

“Barongsai Festival” -  ONE PARC PURI

Acara diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 16 -17 Februari 2019. Jam 12.00 -17.30 WIB.

Barongsai Festival ini meriah sekali , karena ada Barongsai Coaching Class , Meihua Creation dan Barongsai Perfomance.  Games menarik yang dipandu oleh  MC,   dan ada hadiah angpao juga untuk yang beruntung.

Aku berkesempatan datang pada hari Minggu , 16 Februari 2019 bersama kedua anakku.  Tentunya karena undangan dari One Parc Puri.  Karena tanpa undangan ini.  Pengunjung tidak diperkenankan untuk masuk ke area Barongsai Festival.  Undangan ini  berlaku untuk dua orang.  Undangan ini bisa didapatkan setelah melakukan pendaftaran sebelumnya.  Aku dan anakku berkempatan untuk belajar tehnik barongsai juga meihua creation.


                        
                   undangan atau tiket


1. Barongsai Coaching Class

Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun.  Pada jaman dahulu Barongsai untuk menakuti siluman. Ukuran kepala barongsai 150 cm, 140cm , 130 cm, 120cm, 100cm . Paling kecil standar pertandingan ukuran 120cm.
Anakku terlihat antusis sekali mencoba tehnik-teknik dasar barongsai.  Karena baru kali ini bisa ikut serta dalam semaraknya barongsai festival.

                       
             peserta barongsai coaching class


2. Meihua Creation

Selesai belajar tehnik barongsai, dilanjutkan dengan belajar membuat bunga meihua. Bunga IMLEK MEIHUA adalah hiasan dekorasi yang penuh suasana Musim Semi. Bahannya batangnya terbuat dari Besi Kawat yang kuat.  Untuk kreasi meihua kali ini, menggunakan kertas warna  merah, pink, kuning dan putih.  Meihua melambangkan rejeki dan kemakmuran.


                      
                             ini meihua ku 


3. Pertunjukan Barongsai

Memasuki area Barongsai Performance dengan membawa undangan.  Pengunjung yang dapat memasuki area dengan cap yang diberikan tim registrasi.

Pertunjukan barongsai kali ini dimainkan oleh :
- barongsai lantai oleh boen tek bio
- barongsai meja oleh dragon star kids
- barongsai tonggak oleh daya bersama indonesia
                        
                           barongsai lantai


Barongsai yang dimainkan di lantai atau papan disebut Barongsai Tradisional, Barongsai yang dimainkan di atas tonggak disebut Barongsai Tonggak. Tonggak yang berstandar internasional memiliki tinggi kurang lebih 80cm sampai 2m. Untuk Barongsai lantai, biasanya area dalam pertandingan dibatasi 8x8 meter - 10x10 meter.


                       
                           barongsai tonggak


Sungguh menakjubkan tarian Barongsai nya. Para pemain Barongsai  bekerjasama antara pemain musik,  dan pemain barongsai itu sendiri.  Pergerakan barongsai dengan musik serasi. Pemain barongsai juga  membuat barongsai seolah benar-benar "hidup" dengan cara membuat ekspresi dan mimik wajah barongsai seolah-olah nyata. ekspresi tersebut adalah bahagia, marah, takut, ragu-ragu, mabuk, bergerak dan diam. Barongsai  terlihat agak kaget saat melihat benda berwarna merah, dan dalam kategori Barongsai Tradisional, saat melihat air, Barongsai harus terlihat fokus saat melihat bayangannya di air, atau takut saat melihat ular. Pemain Barongsai menguasai kuda-kuda agar bentuk badan barongsai terlihat bagus.

Saat lelah dan ingin beristirahat, para pengunjung bisa menikmati kuliner di
Food Bazaar.


                       
                              spot berfoto


Suasana yang sangat meriah di barongsai festival didukung oleh Dekorasi Chinese New Year di area outdoor ataupun indoor. Tentunya ini merupakan Instagramable Spot.  Kesempatan berfoto-foto yang tidak disia-siakan.

Oh iya, dia akhir pertunjukan bisa menukarkan tiket atau undangan dengan mengambil angpao di pohon angpao.  Pengungjung atau undangan yang membawa  undangan diberikan kesempatan untuk mengambil dan memilih sendiri hadiahnya di pohon meihua atau pohon angpao.  Banyak sekali hadiah-hadiah yang bisa didapat di pohon angpao.  Ada matras, kaos, topi, tumbler, meja mewarnai, juga kalender dan hadiah lainnya.
  

                        
                   berfoto dekat pohon meihua


Tentang One Parc Puri

                        
                        

Apartemen One Parc Puri adalah hunian modern yang merupakan intergrated development dan mengusung konsep WOHO atau Work Office Home Office yang dikembangkan oleh PT Metropolitan Karyadeka Ascendas.  Pak Irwanto selaku Head of Sales and marketing mengatakan bahwa Konsep WOHO yang diterapkan oleh One Parc Puri merupakan konsep Woho pertama di Indonesia yang sebelumnya pernah diterapkan di beberapa Negara berkembang lainnya seperti Singapura.

Konsep WOHO ini menyatukan ruang bekerja dan ruang hunian dengan akses Lobby dan lift yang berbeda antara lantai hunian dan perkantoran.

Keren banget yah,  baru lihat maket nya saja sudah bikin aku terpesona sambil berkhayal suatu saat bisa memiliki satu unit di sini. 


                       



One Parc Puri berlokasi di wilayah Barat Jakarta dengan memiliki akses langsung melalui Toll Karang Tengah. Berada sekitar 15 kilometer dari pusat bisnis Jakarta, Apartemen One Parc Puri berdekatan dengan bandara internasional Soekarno-Hatta, Tol JORR dan akses langsung ke jalan tol Jakarta – Merak. Tak hanya itu One Parc Puri pun dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Puri Indah Mall dan Lippo Mall Puri.

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi :

https://www.oneparcpuriapartment.com

Sekian kunjungan ke Barongsai Festival kali ini, semoga Imlek tahun depan bisa ikut lagi merasakan kemeriahannya.

3 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Wahh asik banget ada event begini di one parc puri saat imlek, bisa jadi destinasi wisata

Selvijua mengatakan...

Seru banget deh, baru merasakan suasana imlek

Nia mengatakan...

Mantap, seru banget acaranya.
.