Selasa, 05 Oktober 2021

Bernyanyi Bersama Hoala & Koala Lagu Kuman

     

                 

Hoala Koala

Dunia anak adalah dunia bermain. Dan bermain pada anak merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Bermain pada anak bukanlah hanya mengisi kekosongan waktu belaka tetapi merupakan bekerja dan alat permainannya adalah alat bekerjanya pada anak.  

Dalam bermain terdapat beberapa aspek perkembangan yang dapat ditingkatkan, diantaranya adalah aspek kognitif, emosi, social dan perkembangan fisik, jadi secara umum aspek-aspek ini terstimulasi lewat kegiatan bermain. 

Bermain dan menggerakkan badan dengan menyanyikan lagu anak-anak merupakan kebahagiaan buat anak. Tidak lupa penting juga menjaga kesehatan dari kuman. Sehingga anak-anak tidak hanya bahagia tetapi juga sehat karena terbebas dari kuman penyakit.

Lagu anak-anak saat ini sangat jarang ditemukan dan didengarkan anak-anak generasi millenial.

Miris banget kadang suka mendengar anak malah menyanyikan lagu dewasa. Apalagi era sekarang yang mudah mencari dan melihat lagu lewat digital seperti YouTube. 

Indonesia memiliki sejumlah penyanyi cilik yang lagu-lagunya sering didengarkan anak-anak generasi 90-an kala itu.  Sejumlah penyanyi cilik tahun 1990-an yang mencapai masa keemasan di antaranya Trio Kwek Kwek, Joshua, Maissy, Sherina, Tasya dan lain sebagainya.

Diobok-obok airnya di obok-obok

Ikannya kecil-kecil pada mabok 

( Joshua)

.

.

.

Kwek Kwek goyang -goyang

Menari di pantai

Kwek Kwek Kwek goyang-goyang

Menari rame-rame

( Trio Kwek-kwek )


Mengenal Hoala & Koala

                  

Hoala Koala

Melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia, pada akhir tahun 2020 tercipta karakter musikal yang bernama Hoala & Koala. 

Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. 

Karakter ini harus digambarkan dengan karakter 3D,  karena  akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalam perubahan suara. 

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. 

                   

Seluruh karakter Hoala Koala
    

Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. 

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.


Lagu Anak Kuman Hoala Koala 


                   

Lagu Kuman Hoala Koala

Menjaga kebersihan tubuh akan menghindari kita dari penyakit dan juga kuman. Sebaiknya kita membersihkan tubuh kita karena ketika kita di luar rumah, karena banyak debu dan kuman berterbangan yang akhirnya menempel di tubuh kita.

Anak-anak terkadang mereka agak sulit diajak membersihkan tubuh mereka atau mandi setelah mereka bermain di luar. 

Jadi, anak-anak memang harus disegerakan mandi agar terhindar dari kuman.

Hoala & Koala mengajak anak-anak untuk rajin membersihkan diri melalui lagu anak Indonesia yang berjudul Lagu Kuman. Lagu ini bertujuan untuk mengajarkan anak Ayah Ibu agar mau membersihkan tubuh mereka, terlebih setelah mereka bermain keluar. 

Mengajarkan anak untuk tetap menjaga kebersihan cukup susah yah.  Seringkali mereka lebih suka tiduran atau melakukan hal lain seperti bermain gadget. Nah disini juga penting memberitahukan dan mengajarkan bahwa kebersihan adalah syarat tubuh yang sehat. 

Ajak anak-anak untuk menjaga kesehatan dari kuman 

Lagu Kuman ini juga mengajak anak-anak Ayah Ibu untuk menjaga kebersihan giginya dengan menyikatnya, baik setelah makan maupun sebelum tidur.


Lagu Anak Hoala & Koala Yang Istimewa


Melihat kebanyakan musik anak-anak di Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan, Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. 

Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak.


Tidak ada komentar: