Sabtu, 16 Oktober 2021

Memanfaatkan Sosial Media Di Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga Dengan Menjadi Influencer

             


Halo,

Assalamualaikum...

Di masa Pandemi seperti sekarang ini, memberikan dampak yang besar pada perekonomian.  Termasuk mempengaruhi ekonomi perorangan dan keluarga. Oleh sebab itu, penting sekali bagi kita sebagai seorang ibu rumah tangga,  Manager keuangan keluarga untuk merancang keuangan untuk memenuhi kebutuhan tambahan tanpa mengganggu keuangan pribadi maupun keluarga.

Menambah penghasilan untuk membantu keuangan rumah tangga menjadi pilihan dimasa Pandemi.  Berselancar di  sosial, mencari ilmu dan peluang.

Tidak menyangka di masa Pandemi, malah mendapatkan amanah lagi seorang baby

                  

bareng Baby Almira

Bersyukur selalu, kehamilan adalah anugerah dan hal yang menyenangkan.

Saat hamil walaupun masih lemah dan lesu, tidak jauh berbeda seperti kehamilan pertama dan kedua,  aku mencoba tetap berolahraga, membaca buku serta pikiran positif agar mental tidak terganggu di masa pandemi ini. 

Aku mempunyai hobi menulis di platform pribadi ataupun yang lainnya,  jadi saya tetap menulis dan menjalankan kegiatan seperti biasa.  Karena 11 tahun silam waktu terakhir hamil kedua memiliki kandungan yang kuat walaupun tetap ada mual serta lemas, jadi aku masih rutin menulis dan bersyukur diberikan kesehatan untuk menjalankan kegiatan seperti biasa.

                    

saat hamil Baby Almira

Dengan bertambahnya anggota keluarga, tentunya bertambah pula pengeluaran. Namun yakin bahwa setiap anak memiliki rejekinya masing- masing. 

Dulu aku tuh orangnya acuh gitu. Dalam menjalani aktivitas mengalir aja tanpa ada planning, soalnya kedua anak sudah besar dan punya kesibukan masing-masing.  Jadi aku mengisi waktu luang dengan nge-blog, nge-buzzer, menjadi Influencer.

                

salah satu aktivitas saat jadi influencer

Aku benar- benar Memanfaatkan Sosial Media Di Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga Dengan Menjadi  Influencer

Banyak job campaign yang didapatkan dari sosial media.  Klien/brand/agency sering menawarkan kerjasama melalui platform sosial media.

Karena memang tidak dipungkiri, di kondisi Pandemi sekarang ini, dari sosial media, bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah walaupun masih dirumah saja.  Pintar-pintar kita sebagai ibu rumah tangga dalam memanfaatkan sosial media ini.


Ibu Rumah Tangga Memanfaatkan Sosial Media 

Dalam mengelola rumah tangga, wanita memainkan peran yang sangat penting untuk menyeimbangkan tanggung jawab kaum adam.  Tidak hanya mengurus keperluan rumah, perempuan juga berperan sebagai ibu yang mengurus kebutuhan suami dan anak-anak.

Para ibu masa kini harus lebih pintar mengatur strategi agar sukses memberikan yang terbaik untuk keluarga seperti memperhatikan asupan gizi, kesehatan hingga keperluan pribadi dan pada saat yang sama mereka juga harus merasa bahagia.

Nah para ibu dirumah seperti aku,  menambah penghasilan, dengan cara menjadi seorang Influencer

                

bareng baby Almira saat promosi salah satu produk brand

Ibu- ibu sudah pada tahu apa itu Influencer? Jadi  Influencer adalah salah satu strategi pemasaran yang tengah booming beberapa tahun terakhir, terutama sejak melonjaknya pengguna sosial media. Karena media sosial sekarang bukan hanya sebagai hiburan semata, namun bisa menjadi ladang yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Influencer adalah banyak berasal dari kalangan artis, youtuber, blogger, penulis buku, dan mereka yang dianggap punya peran penting dalam komunitas tertentu.

Kita, para ibu rumah tangga semua bisa kok jadi seorang Influencer.  Untuk menjadi seorang Influencer, tidak mengenal batasan usia maupun gender dan atau  status.  Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer jika memiliki pengaruh yang baik.

Walaupun sudah sibuk dengan segudang urusan rumah tangga, ibu bisa banget menjadi Influencer dan pastinya bisa menambah penghasilan dengan memanfaatkan sosial media.

Memanfaatkan sosial media Di Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga Dengan Menjadi  Influencer sudah menjadi pilihan yang tepat.

Jarak yang lumayan jauh antara anak ke-2 dengan yang ke-3 membuatku harus pintar-pintar mengatur waktu agar tetap produktif dan keluarga pun tetap terjaga dengan baik.  Apalagi diusia yang sudah tidak muda lagi tapi tetap ingin eksis namun tetap bisa membantu keuangan keluarga.

Berikut beberapa hal yang aku jalankan sehari-hari mengikuti perkembangan si baby Almira dengan memanage waktu  supaya tetap bisa produktif dalam memanfaatkan sosial media dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

1. Aku membuat jadwal harian.  Jadwal ini berlaku dari mulai bangun tidur hingga malam tidur lagi. Masak, beberes, hingga mengerjakan job buzzer campaign dari Instagram, Facebook , Twitter, menjadi Influencer.

2. Aku juga memiliki ruang kerja tersendiri, sebenarnya ini sih cuma kayak meja kecil tempat laptop dan lain-lain yang ada dikamar.  Ini biasanya di jam 9 pagi dan 2 siang saat baby tidur, saya mengerjakan job-job buzzer campaign, Influencer.

3. Sesekali mengikuti webinar / live Instagram untuk bisa update ilmu dan wawasan ( dilakukan juga jika jadwal pas dengan jadwal tidur baby ).

4. Istirahat yang cukup penting banget, saat baby tidur, aku pun ikutan tidur walaupun cuma 10 menit sangat berguna.  Nah dengan istirahat ini pun saat malam hari aku bisa memanfaatkan waktu untuk menulis blog.  Sebisa mungkin saat menulis jangan mepet waktu nya jadi jika tiba-tiba baby bangun, bisa dikerjakan nanti lagi.

5. Olahraga tidak boleh terlewatkan jugae berjemur setiap pagi, ini aku lakukan juga bersama baby.


Bagaimana Cara Memanfaatkan Sosial Media Dengan Baik ?

                

berselancar di media sosial

Sebagai pengguna sosial media, kita harus bijak dalam memanfaatkannya.   Sosial media memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi.  Hanya dalam satu genggaman, kita bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah.

Beberapa media sosial yang bisa kita gunakan karena kemudahannya adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.  Saking mudahnya, kita jadi sering lupa diri dan malah menghabiskan waktu dengan berselancar di sosial media

Tentunya bagi ibu rumah tangga harus tahu batasan nya dong

Manfaatkan Sosial Media Di Masa Pandemi Bagi Ibu Rumah Tangga Dengan Menjadi  Influencer dengan memperhatikan hal-hal seperti:

1. Jangan asal posting konten.

Jangan hanya karena mengejar rupiah, kita jadi lupa.  Akun sosial media kita bisa dilihat secara publik, termasuk semua postingan di dalamnya.  Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di sosial media

2. Tidak perlu detail dalam mencantumkan informasi pribadi.  Di era digital yang semakin canggih, semakin canggih pula kejahatan siber.

3. Menjaga etika, sopan santun dan selalu menjaga hubungan yang baik kepada teman atau orang-orang yang terhubung dengan akun sosial media kita.  Apalagi misal tiba-tiba ada orang yang mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas.  Menjadi Influencer harus cerdas memilah. Waspada dan jangan langsung percaya

4. Memfilter akun-akun yang diikuti.  Kita ikuti akun-akun bermanfaat, menghibur, atau kredibel yang justru bisa menambah wawasan seperti Indozone nih. Memberikan banyak informasi kepada masyarakat dengan berita-berita yang aktual dan kredibel.  Jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memiliki kegunaan apapun.

Mau jadi Influencer dan bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dan tentunya hanya dari rumah, sehingga Ibu tetap bisa menemani si Kecil dari rumah? Bisa banget!!

Masa pandemi tidak menjadi halangan bagiku walaupun hanya ibu rumah tangga untuk bisa menambah penghasilan.

Aku bisa!!

Ibu-ibu sekalian juga bisa dong! Semangat memanfaatkan sosial media di masa Pandemi dengan menjadi Influencer.

                  


Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan selalu.  Aamiin 🤗


Wassalamu'alaikum...


----

Tulisan ini diikutsertakan dalam Indozone Blog competition 🙏🙏


12 komentar:

Farida Pane mengatakan...

Alhamdulillah tiap anak ada rezekinya, ya. Ibu2 pun bisa Jadi influencer di medsos, deh

Han mengatakan...

Setuju bangettt, medsos bisa datangkan cuan meskipun recehan. tapi kalo dikelola dengan baik dan profesional bisa lebih lebih lagi tuh cuannya ya kka wkwkwk

hani mengatakan...

Alhamdulillah...sekarang ibu-ibu walaupun dari rumah tetap bisa berkarya, bahkan menghasilkan. Berkat menjagi influencer yah. Semoga lancar nih dan makin banyak job deh..

Arif Tukang Review mengatakan...

Manfaatkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan memang menyenangkan ya kak, ditambah lagi prosesnya juga seru

Agustina Dwi Jayanti mengatakan...

Kadang kalo mau posting itu emang yang bikin bingung. Udah posting. Eh malah tidak sesuai dengan yag diharapkan

Heizyi mengatakan...

Pokoknya, selama pandemi apapun harus jadi cuan.

Apalagi dari pagi sampe pagi lagi. Yang dipegang hp mulu ya mbak ��

Mei Daema mengatakan...

ini lah yang saya lakukan juga mba, apalagi di amsa pandemi seperti ini menjadi content creator jadi salahs atu solusi menggunakan sosial media dengan bijak, dan sekarang jadi nyaman gitu

Nyi Penengah mengatakan...

Allhamdulillah banget ya mba Mei, sekarang meski ibu rumah tangga tetep nggak ketinggalan berita. Hepiiinya

Erin Herlina mengatakan...

Alhamdulillah ya, Mba. Media sosial memberikan dampak positif untuk penghasilan dengan menjadi influencer. Oleh sebab itu, penting untuk berhati-hati dalam menggunakan medsos. Karena, untuk dilirik brand atau sponsor perlu branding yang baik.

Damar Aisyah mengatakan...

Medsos memang merupakan salah satu cara efektif untuk memasarkan jasa juga produk. Sebagai penulis yang juga pebisnis online, saya merasakan sekali manfaat positif dari menggunakannya untuk keperluan bisnis dan pekerjaan.

Reskia Ekasari mengatakan...

Medsos bisa menjadi pedang bagi orang-orang yang benar dalam menggunakannya. Berbagi hal positif tentulah yg harus kita lakukan :D

Dian farida ismyama mengatakan...

Keren mbak aku salut sama aktivitasnya dan tampak sangat menikmati sebagai seorang influencer. Tips2 nya juga bermanfaat banget. Aku baru tahu ada akun indozone yang sangat bermanfaat buatku