Minggu, 18 Desember 2022

Bahaya Ruam Popok Pada Si Kecil, Kapan Harus Konsultasi Ke Dokter?

Halo ibu,

Kalau membahas produk perawatan Si Kecil, pasti ibu akan memberikan yang terbaik untuk si buah hati bukan? Termasuk saat memilih popok yang aman dan nyaman untuknya.  Tidak heran jika ibu jadi sangat selektif saat memilih popok, agar Si Kecil terbebas dari bahaya ruam popok.

Popok merupakan kebutuhan dasar dari bayi.  Biasanya banyak ibu memilih popok sekali pakai karena lebih praktis. Meski terbilang mudah, ibu juga perlu memperhatikan bahan dan ukuran yang cocok untuk si Kecil.  Mungkin memilih popok untuk si kecil terkesan sepele.  Tapi pastinya ibu tidak ingin asal memilih popok untuk si Kecil. Salah memilih bisa menyebabkan ruam popok . Memilih popok yang tepat untuk si Kecil menjadi tantangan bagi banyak ibu.


Bahaya Ruam Popok Pada Si Kecil, Kapan Harus Konsultasi ke Dokter?

Edukasi mengenai ruam popok penting banget lho Bu buat diketahui.  Jadi apabila si Kecil terkena ruam popok kita sudah lebih aware dan tidak panik. 

Ruam popok adalah iritasi dan peradangan kulit si Kecil akibat penggunaan popok.  Ruam popok ditandai dengan kemerahan pada kulit di daerah pantat, lipat paha, dan kelamin.

Mengganti popok secara berkala merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi risiko ruam popok pada si kecil. Selain itu, pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya. Sama pentingnya dengan perawatannya,  edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan si kecil 

Jika di kecil terkena ruam popok, sebaiknya segera konsultasi ya Bu,  dan konsultasi yang paling tepat adalah dengan dokter sebagai ahlinya.

Ada kalanya Ibu perlu membawa buah hati ke dokter untuk konsultasi dan tanya dokter gratis untuk mengobati ruam popok yang parah. 

Berikut ciri-ciri yang perlu Ibu perhatikan:

  • Terlihat bercak yang berbeda dengan ruam popok biasanya.
  • Ruam popok menjadi semakin parah seiring bertambahnya waktu.
  • Kulit si Kecil mulai terkelupas dan tampak ada luka yang terbuka.
  • -Si Kecil merasa kesakitan dan menangis setiap kali buang air kecil atau air besar.
  • -Iritasi pada kulit si Kecil diikuti dengan gejala lainnya, seperti demam.

Jika satu atau lebih dari gejala tersebut Ibu temukan pada bayi, jangan tunda untuk membawanya ke dokter. Dalam beberapa kasus, ruam popok yang disebabkan oleh kulit sensitif biasanya membutuhkan penanganan khusus agar iritasi pada bayi tidak semakin parah. ( Sumber : website johnsonsbaby.co.id)

Melihat si Kecil mengalami perkembangan pesat dari ke hari tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para ibu. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Ibu selalu ingin memenuhi kebutuhan si Kecil, sekaligus memastikannya merasa nyaman dan sehat. Sayangnya, tidak jarang ada masalah yang bisa dialami bayi, salah satunya ruam popok.

Namun, aku tidak khawatir. Ada berbagai cara yang bisa kulakukan untuk membantu mengatasi ruam popok pada Si Kecil 

Agar si Kecil bisa kembali beraktivitas dengan riang, berikut cara yang ku lakukan untuk memulihkannya.

1. Jaga kulit si kecil selalu bersih dan kering. 
Salah satu hal terpenting untuk mengatasi ruam popok bayi adalah memastikan kulit di area selangkangannya selalu bersih dan kering. Ketika sedang mengganti atau memakaikan popok untuk si Kecil, usahakan untuk tidak terlalu ketat.
Biasakan juga untuk mengeringkan kulit si Kecil dengan menepuknya lembut menggunakan handuk atau kain. Hindari menggunakan tisu pembersih yang mengandung alkohol, serta menggosok area kulit bayi yang mengalami ruam terlalu keras.
2. Rutin mengganti popok
Jangan biarkan si kecil yang mengalami ruam popok tetap menggunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama, terutama jika popok sudah kotor. Bukannya cepat sembuh, membiarkan si Kecil memakai popok terlalu lama dan kotor atau penuh saat mengalami ruam justru dapat memperparah iritasi kulit.
3. Pastikan ukuran popok pas saat dipakai
Pemilihan popok juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian.  Aku  tidak memilih popok yang terlalu ketat karena dapat memperparah ruam popok pada Si kecil 

Aku juga memilih popok yang agak nyaman digunakan si Kecil. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan si Kecil, aku selalu membeli popok yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan saat membeli popok. Harga mahal bukan jaminan popok bisa nyaman dikenakan bayi. 

Memperhatikan kebutuhan bayi menjadi hal paling penting saat ibu memilih popok. Hal ini bisa menekan banyak dampak negatif yang dialami

bayi. 

MAKUKU SAP Diapers Slim 

Sekarang ada yang baru lho Bu!

Makuku SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Slim pelopor popok dengan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer dan anti gumpal pertama di Indonesia. MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki daya serap tinggi dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak. Popok super tipis untuk bayi yang aktif ini selalu mengutamakan kenyamanan agar si bayi senang seharian. Hadir dalam bentuk celana dan perekat, tersedia juga dalam berbagai ukuran mulai dari newborn, S, M, L, XL, hingga XXL.

Dengan MAKUKU SAP Diapers Slim bikin tidur si Kecil nyaman tanpa takut ruam popok. Sebelum memakai MAKUKU Diapers, tidur si Kecil Almira terganggu, bolak balik bangun gegara popok nya tembus, padahal baru beberapa jam saja dipakainya dan yang bikin khawatir ya ruam popok nya, sangat tidak nyaman.  Berbeda saat menggunakan MAKUKU, tidurnya jadi pulas.

Tidur adalah aktivitas utama otak sepanjang awal perkembangan bayi dan memegang peranan penting dalam maturasi otak. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas tidur bayi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), periode tidur bayi hingga 1 tahun yang ideal adalah 14 hingga 15 jam. Sementara itu, periode tidur bayi usia 1 hingga 3 tahun yang ideal adalah 12 jam. Dari waktu tidur ini, periode terlama tidur bayi adalah di malam hari, yaitu selama 8 jam. Namun, periode tidur di malam hari ini sering terganggu selain karena menyusu, bayi juga sering terbangun karena popok sudah penuh dan bocor. Hal ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan tidur tidak nyenyak. Tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur bayi, kualitas tidur Ibu juga terganggu karena harus mengganti popok bayi lebih sering di malam hari. Padahal, Ibu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memproduksi ASI dan mencegah masalah nifas selama periode postpartum.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Berangkat dari masalah tersebut, MAKUKU meningkatkan daya tampung dan kualitas popok MAKUKU SAP Diapers Slim.

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran. Sementara volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml sehingga daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, “Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim, tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu. Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, MAKUKU SAP Diapers Slim meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok.

Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim 

MAKUKU SAP Diapers Slim memiiki teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) pada inti strukturnya. Inti struktur SAP berbeda dengan bahan penyerap tradisional seperti tisu, kapas dan busa. Jika air ditambahkan ke partikel SAP, maka akan muncul interaksi air/polimer yang dapat menciptakan jaringan penyimpan molekul air. Oleh karena itu, penggunaan inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim lebih efektif dalam menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.

Udah pilihan tepat banget deh, Si Kecil juga cocok menggunakan MAKUKU Diapers.  Apalagi kualitas nya sudah teruji. MAKUKU berdiri sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas. 

MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok. Tekhnologi SAP MAKUKU dapat membantu ibu-ibu di Indonesia saat si Kecil  mengalami ruam popok. 

MAKUKU SAP Diapers Slim 

Fix banget pilihanku untuk si Kecil Almira yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim yang  memiliki daya serap tinggi dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak. Popok super tipis untuk si Kecil yang aktif ini selalu mengutamakan kenyamanan agar si Kecil senang seharian.

Kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim:

Anti Gumpal , Penyerapan yang cepat dan merata tidak akan membuat popok menggumpal, mengurangi kebocoran dan bayi menjadi lebih nyaman.

Mengunci Cairan, Popok generasi baru dengan struktur inti SAP dapat mengunci cairan, penyerapan cepat, mempersingkat kontak urin dengan bokong bayi dan mencegah kebocoran.

Super Tipis 1.6mm, Popok MAKUKU tetap ringan dan tipis meski sudah menampung cairan sehingga mendukung si kecil bebas bergerak seharian.

Permukaan rongga udara, Memiliki sirkulasi udara, mengurangi panas dan lembab dan mengurangi terjadi ruam merah.

Struktur 3D, Mengurangi kontak langsung dengan kulit, mengurangi gesekan dan mengurangi iritasi di pantat bayi.

Indikator urin, Sebagai pengingat untuk mengganti popok, mengurangi terjadinya ruam popok. Ketika popok penuh garis kuning akan berubah jadi biru.

Tape pembuang, Sebagai pengingat orang tua untuk membuang popok setelah dipakai agar lingkungan tetap bersih terjaga.


MAKUKU Bersama 10 Rumah Sakit Berikan Konsultasi Kesehatan Gratis Bagi Ibu Dan Bayi Di 10 Kota Besar Indonesia

Kemudahan komunikasi saat ini turut serta meningkatkan tersebarnya informasi yang belum diketahui kebenarannya, terutama dalam bidang kesehatan. Sebanyak 27% dari sekitar 1.000 hoax yang dijadikan sebagai sampel merupakan berita mengenai kesehatan. Berdasarkan data ini, MAKUKU sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia, yaitu RS St. Carolus di Jakarta, RSIA Bina Medika di Tangerang, RS Lira Medika di Karawang, RS Hermina Pasteur di Bandung, RS Hermina Pandanaran di Semarang, RSIA Putri di Surabaya, RS Mitra Medika Premiere di Medan, RSIA Azzahra di Palembang, RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung, RSIA Ananda di Makassar.  Tujuannya untuk mengurangi kekeliruan ataupun hoax mengenai kesehatan bayi. 

Kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi kesehatan gratis. Program ini diperuntukkan untuk mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Para Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. 

CEO MAKUKU, Jason Lee mengatakan bahwa melalui komitmen yang telah dibangun oleh MAKUKU sejak awal, MAKUKU akan selalu mengupayakan untuk mendampingi para Ibu di Indonesia dalam memberikan yang terbaik bagi bayi. Melakukan konsultasi dengan ahlinya penting bagi Ibu untuk memastikan pencegahan dan penanganan yang tepat bagi bayi, khususnya dengan masalah ruam popok. Faktanya, lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok iritan selama fase pemakaian popok.

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan bahwa MAKUKU telah mengadakan konsultasi gratis bagi para Ibu di Indonesia sejak Agustus 2022. Hingga saat ini, konsultasi masih terus dilakukan bersama dr. Scorpicanrus Tumpal Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A dan dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG (K) Onk. Keduanya memiliki komitmen yang sama dengan MAKUKU sehingga berkenan mengedukasi perihal kesehatan ibu dan anak melalui MAKUKU Private Consultation. Untuk menjangkau seluruh Ibu di Indonesia, MAKUKU menciptakan langkah baru, yaitu bekerja sama dengan 10 rumah sakit di 10 kota berbeda.

Sekarang aku gak khawatir lagi dengan aktivitas keseharian si kecil, MAKUKU SAP Diapers Slim udah buat aku juga nyaman memakaikan popoknya.   Tidur si Kecil Almira nyenyak, terhindar dari ruam popok, dan apabila memang terjadi ruam popok yang parah, aku akan segera konsultasi dan tanya dokter gratis.  Karena setelah melakukan konsultasi ibu dan anak, aku jadi tahu bagaimana menjaga dan merawat si Kecil agar tumbuh kembangnya jadi optimal.


Dimana bisa beli MAKUKU

Mudah banget lho Bu untuk bisa mendapatkan MAKUKU SAP Diapers Slim ini, ibu bisa beli secara online di official store MAKUKU seperti di Shopee, Lazada juga Tokopedia. Bisa juga ibu dapatkan secara offline di Supermarket langganan terdekat.

Untuk informasi lebih lanjut, Ibu juga bisa kunjungi akun Instagram MAKUKU di @makuku.indonesia.official

Si Kecil happy, ibu juga happy dengan MAKUKU SAP Diapers Slim

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Slim banget ya Bun popoknya.

Nia mengatakan...

Slim banget ya Bun popoknya, sikecil jadi makin nyaman deg

Anonim mengatakan...

Makuku inovasinya makin keren aja ya jadi yakin pilihan terbaik ibu

jagatmaheswari mengatakan...

Penting nih pendampingan untuk mom apalagi yang punya bayi pertama kali supaya nggak percaya sama hoax2 diluaran.

Gulalilaily mengatakan...

Solusi cerdas nih untuk para ibu, si kecil makin nyaman bergerak tanpa masalah ruam popok lagi.

Indri astuti mengatakan...

Makuku makin keren deh inovasinya

Sapa Dunia mengatakan...

Ruam popok bikin bayi tidak nyaman, sebelum memutuskan diapers baiknya konsultasi dokter ya kak