Minggu, 11 Desember 2022

Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

                 


Halo Emaks,

Kebanyakan kuliner khas Indonesia identik dengan bumbunya yang kompleks dan terdiri dari banyak bahan dalam satu hidangan.  Salah satu campuran yang paling sering ditambahkan adalah kecap manis, baik saat dimasak atau sebagai kondimen sebelum disantap langsung.  Kurang nendang kalau gak ada tambahan kecap di dalamnya.

Kecap telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masakan Nusantara. Tanpa ada sentuhan manis gurih dari kecap, sebuah hidangan rasanya kurang mantap. Meski jadi bumbu penyedap yang kerap bertengger di dapur dan meja makan.

Sama seperti saat aku masak dirumah nih, ga mantap kalau belum menggunakan kecap.  Anakku suka protes '"kok gak kerasa gurihnya, Mah, pasti ga dikasih kecap yah!" Terkadang juga request kalau penggunaan kecapnya dibanyakin.

Indonesia terkenal dengan masakan yang kaya rempah, dari Sabang sampai Marauke dan  kaya rempah inilah yang membuat cita rasa kuliner Indonesia itu sangat otentik.

Kecap dibuat melalui proses fermentasi kacang kedelai, sehingga kandungan yang merugikan kesehatan jadi berkurang dan membuat nilai gizinya bertambah. Proses fermentasi juga menghasilkan berbagai macam asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh.

Tapi kalau udah bicara masakan yang menggunakan kecap, kadang cuma seputar semur aja nih!  Dulu suka bingung kalau anak request masakan dengan menggunakan kecap, selain agak ribet dan memerlukan waktu yang lama juga untuk mengolahnya.  Duh pe er banget nih!

Emaks juga kayak aku tidak? Pengennya bisa menghilangkan masakan yang enak dan lezat dirumah tapi juga mudah dalam memasaknya.  Tapi yang pasti pilihan kecapnya adalah Kecap Bango!

                

Kecap Bango 

Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah


Keragaman kuliner Indonesia identik dengan cita rasa yang khas. Namun sayangnya, dari 3.259 ragam kuliner yang ada, baru segelintir di antaranya dikenali oleh masyarakat luas. Diperlukan ajakan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan masakan Indonesia demi kelestarian kuliner Indonesia dari generasi ke generasi.

Sebagai brand yang konsisten menjalankan purpose untuk melestarikan kuliner Indonesia dengan mengajak seluruh pencinta kuliner untuk kembali ke akarnya: mengenal, mencintai, dan akhirnya ikut melestarikan kekayaan warisan kuliner kita. 

Bango yang telah hadir selama 94 tahun untuk selalu menjadi andalan ibu, keluarga dan juga para penjaja kuliner legendaris untuk menyajikan aneka hidangan Indonesia. Salah satu perwujudannya yaitu dengan kembali digelarnya Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 pada 28-30 Oktober 2022 lalu.

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan FJB 2022 yang dikunjungi puluhan ribu pecinta kuliner, Bango ingin mempertajam komitmennya dalam menyebarkan semangat pengenalan aneka kuliner nusantara dengan menyelenggarakan Media & Community Gathering dan Live Cooking Demo bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” yang menghadirkan Adisty Nilasari - Senior External & Digital Communication Manager Unilever Indonesia dan Chef Ragil Imam Wibowo.

                

Chef Ragil Imam Wibowo dan Adisty Nilasari

Acara yang mengangkat 2 (dua) hidangan otentik favorit di FJB 2022 ini yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung menginspirasi keluarga Indonesia agar terdorong untuk mengeksplorasi aneka kuliner nusantara dengan menghidangkan aneka makanan legendaris nusantara dapat dengan mudah diolah dan disajikan para ibu di rumah. 

                 

Hadir bersama teman-teman blogger

Beruntungnya aku bisa bisa ikutan Media & Community Gathering dan Live Cooking Demo bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” ini, yang bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio, Prapanca, Jakarta Selatan, pada Selasa 6 Desember 2022 lalu. 

Adisty Nilasari, Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan, “Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005. Di FJB 2022, kami mengangat tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengeksplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayaan kuliner kita.”
“Setelah dua tahun terakhir diadakan secara online, kehadiran FJB 2022 memang terbukti sangat ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner. Selama tiga hari, FJB 2022 telah dipadati oleh 97.000 masyarakat untuk mengenali dan merayakan aneka kelezatan kuliner Indonesia. Tentunya semangat pengenalan terhadap kuliner nusantara tidak boleh berakhir di pelaksanaan festival ini saja, tetapi harus terus berlanjut di tengah keluarga Indonesia.

                

ki-ka: ibu Amy ( host), ibu Adisty Nilasari, Chef Ragil

Untuk itu, berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, kami ingin menginspirasi para ibu agar mereka terdorong mencoba menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah,” lanjut Adisty.

Chef Ragil Imam Wibowo bercerita, “Di FJB 2022 lalu, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah. Akhirnya kami sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah.”


              live cooking bersama Chef Ragil


Senangnya, aku jadi bisa ikutan memasak secara langsung bersama Chef Ragil Imam Wibowo.  Ternyata mudah lho! Hehehe mudah melihat cara masaknya Sate Rembiga dan Iga Bakar, dan juga berharap bisa mempraktekkan cara memasaknya dirumah.


Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

               

Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya. Di FJB 2022, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya.

Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh
Total waktu pembuatan: 45 menit | Tingkat kesulitan: Sedang

BAHAN-BAHAN:


Saus Rembiga

  • 120 gram    Bawang putih cincang
  • 50 gram    Kecap manis Bango
  • 10   gram    Terasi Lombok
  • 100 gram    Cabe merah besar
  • 50   gram    Cabe keriting
  • 50   gram    Minyak goreng
  • 100 gram    Air
  • 250 gram    Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate
  • 100 gram    Saus Rembiga
  • 2      gram    Garam
  • 5      pcs    Tusuk sate

Cara Memasak:

Saus Rembiga

  1. Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan
  2. Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
  3. Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit
  4. Matikan api, saus siap digunakan
  5. Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate

Sate Rembiga

  1. Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
  2. Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
  3. Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
  4. Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
  5. Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
  6. Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah.

Iga Bakar Si Jangkung

               

Iga sapi bakar ala Jangkung 

Iga Sapi Bakar, hidangan andalan penjaja kuliner legendaris Iga Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat yang juga menjadi salah satu primadona di FJB 2022. Keunikan dari Iga Sapi Bakar ini terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah, disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat penikmatnya ketagihan.

Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung
Total waktu pembuatan: 30 menit | Tingkat kesulitan: Sedang


BAHAN-BAHAN:
300 gram     Iga sapi

Bumbu halus untuk merebus iga

  • 50 gram    Bawang merah
  • 50 gram    Bawang putih
  • 50 gram    Sereh
  • 10 gram    Laos
  • 10 gram    Kunyit
  • 5   butir    Cengkeh
  • 1   butir    Pala
  • 1   liter        Air
  • 3  gram    Garam

Bumbu Tumis

  • 100 ml        Kecap manis Bango
  • 80 gram    Bawang merah iris kasar
  • 10 gram    Cabe rawit dimemarkan
  • 50 gram    Cabe merah iris tipis
  • 50 gram    Cabe hijau iris tipis
  • 2   lembar    Daun salam
  • 30 ml        Air asam Jawa
  • 30 gram    Minyak samin/margarine
  • 100 gram    Tomat merah potong kasar

Cara Memasak:

  1. Potong-potong iga menjadi beberapa ruas
  2. Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering
  3. Haluskan bumbu untuk merebus
  4. Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang
  5. Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh
  6. Rebus hingga iga empuk
  7. Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya
  8. Tiriskan iga lalu bakar di atas bara
  9. Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera
  10. Panaskan pan dengan minyak samin
  11. Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam, tumis hingga harum
  12. Masukkan daging iga yang sudah dipotong
  13. Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa, aduk hingga merata
  14. Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar
  15. Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar.

“Kami harap kegiatan ini akan membangkitkan semangat para ibu untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah, sebagai bagian dari upaya bersama untuk melestarikan kuliner nusantara dari generasi ke generasi,” tutup Adisty.

Dengan kedua resep yang dibagikan Bango, nantinya kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok atau ke Bandung untuk menikmati dua hidangan ini, karena bisa diolah sendiri di rumah.  Selain itu, dua hidangan ini juga secara spesifik dipilih untuk menyambut momen tahun baru. 

                  

Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar

Umumnya, keseruan pergantian tahun sangat identik dengan kegiatan bakar-bakaran aneka jenis daging. Kebetulan juga nanti saat tahun baru saudara-saudara ngumpul dirumahku, dan aku sudah siap dengan hidangan bakaran 
Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.  Kedua hidangan bakaran yang legendaris ini tentunya bisa menjadi alternatif menarik untuk menghangatkan momen kebersamaan di penghujung tahun, sekaligus memperkenalkan ragam kelezatan hidangan otentik ke seluruh anggota keluarga ataupun kerabatku.

Sekarang gak perlu repot dan bingung lagi nih memasak hidangan yang lezat dirumah.  dengan Kecap Bango, aneka kelezatan kuliner otentik Indonesia bisa dengan mudah terhidang dirumah.

Untuk lebih lengkapnya Emaks juga bisa cek di sosial media Bango Warisan Kuliner pada  Instagram @bangowarisankulier dan website : https://www.bango.co.id

Yuk Emaks, Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu ❤️


hadir live cooking demo Kecap Bango


25 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Wah kecap favorit nih, ada resepnya juga ya, makasih info lengkapnya

Khansa carissa mengatakan...

Menunya enak2 semua, jadi pengen masak deh, kebetulan pakai Bango juga

hendro mengatakan...

Enak enak nih menu menggunakan kecap bango bisa buat nanti tahun baruan buat menu yg berbeda dari biasanya

Reyne Raea / Rey mengatakan...

Wuiihhhh, satenya enyak nih :D
Apalagi dengan sate Bango yang memang udah nggak ditanyakan ya kelezatannya, kesukaan kami semua juga nih, bikin ayam kecap masakan mami jadi enak, hehehe

Reyne Raea / Rey mengatakan...

Lah kok sate Bango, maksudnya kecap bango, hehehe

Maria G Soemitro mengatakan...

wah mauuuuu

auto ngeces nih, maklum di kampung sini gak ada yang jualan sate

besok bikin sate rembiga

bikin yang banyak pake kecap Bango, supaya puas makannya :D

laila dzuhria mengatakan...

Tau gak sih?? Kecao Bango ini favoritku sejak kecil. Nah skg anakku kalau makan harus ada kecap Bangonya dia bs nambah sampai 3 x lho mbak.

Aduh sate rembiga enak banget. Auto lgs bikin nih...

Nurul bukanbocahbiasa mengatakan...

Yum yuummm
Enak nih bisa recook d rumah
Pakai kecap BANGO super lovelyyyy

deddyhuang.com mengatakan...

kecap bango ini enaknya udah kebukti sedapnyaaaa... masak apapun ditambahi kecap bango pasti dijamin langsung pas rasanya..

Fenni Bungsu mengatakan...

Aneka hidangan legendaris jadi makin nikmat dengan Bango. Sehingga kuliner Nusantara bisa terus dilestarikan. Apalagi ini asiknya ada resep yang simple untuk bisa di-recook.

Gulalilaily mengatakan...

Pasti makin nikmat nih hidangannya, apalagi pakai kecap andalan para emak

WAHID PRIYONO mengatakan...

Dari semua jenis produk kecap yang ada di Indonesia, saya paling suka dengan kecap Bango ini karena kualitasnya menurut saya gak diragukan lagi.

Kecapnya juga kentel, dan rasanya mantappp.... Kecap Bango nomor 1.

Dee_Arif mengatakan...

Aduh, ngiler baca postingan ini
Apalagi masaknya pakai kecap Bango, pasti lebih enak lagi
Mau coba recook iga sapi bakar ah

Nanik nara mengatakan...

Iya, ada ribuan kuliner khas Indonesia, tapi yang saya bisa masak ya itu itu aja.
Seneng deh bango ngadain acara kayak gini, jadi kan kita bisa juga cobain resep menu masakan nusantara.

Yuni Bint Saniro mengatakan...

Aku nih iya. Kalau masak telor ceplok tuh rasanya kurang kalau nggak ada kecap di atasnya. Emang kerasa gurih dan manis gitu. Pastinya aku emang pilih kecap bango sih.

Mamaku juga kalau masak pake kecap juga lebih pilihnya kecap bango lebih nikmat katanya.

Ila Rizky mengatakan...

Nyummy banget masakannya mba. Bikin ngiler deh. Aku juga make kecap bango di rumah. Buat masak makanan sehari2 oke banget. bikin rasa jadi lebih enak

Lia_Lathifa mengatakan...

Apa pun masakannya paling enak kalo dikasih kecap yang sudah terkenal cita rasanya seperti Bango ini. Duh jadi ngiler liat satenya.

Enny Mamito mengatakan...

Kecap Bango memegang andalan untuk memasak. Terutama resep2 legendaris jadi lebih nikmat rasanya.

Deeva Collection mengatakan...

Boleh banget nih resep sate Rembiganya di recook ya, Kak. Secar aselam ani istri sukanya hanya sate ayam dan kalau sate kambing ga mau sama sekali. Biar ada variasi sate sapi buat dia. Langsung kebayang lezzatnya saat ditambah kecap bango

Anonim mengatakan...

Sate makanan favorit di keluarga, apalagi kalau sambalnya enak pasti pada nambah makannya.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Keren banget Mbk bisa nonton live masak-nya aku juga stok kecap Bango di rumah dan rasa makanan jadi makin lezat

Mutia Ramadhani mengatakan...

Wajar jika kuliner Indonesia bumbunya kompleks. Wong kita ini adalah sumber rempah dunia. Makanya sampai sekarang aku tu susah mencocokkan lidah dengan menu-menu western. Pilih-pilih banget lidahku ini mba. Kecap Bango kecap rumahku entah sejak tahun kapan. Lupa, saking udah lamanya. Lebih pekat kecapnya dibanding brand lain. Eh, mau lah sate rembiganya aku mba.

Nengsi mengatakan...

Bango, emang benar-benar kecap. Gitu kan ya iklannya. Hehe.. Emang spesial makanan kita kalo dimasakin make kecap bango nih. Terasa manis, lezat, dan gurih banget🤩

Nanik Kristiyaningsih mengatakan...

Duhh pingin segera eksekusi resep iga bakar nih mbak, senengnya dapat resep ala chef untuk para ibu di rumah.

Irawati Hamid mengatakan...

sate rembiganya menggoda banget euy. Kecap bango memang andalan yaa buat masakan nusantara