Rabu, 06 Februari 2019

Beautiful Day Bersama Global Estetik


                       
                 Smile it's a beautiful day

Senyum yang sehat pasti karena adanya gigi yang sehat pula.  Nah bagaimana merawat gigi kita agar tetap sehat? Tentunya setiap orang punya kebiasaan tersendiri. 

Meski selintas terlihat sepele, kesehatan gigi ternyata perlu perhatian ekstra, lho. Karena saya sendiri cukup malas buat cek rutin ke dokter gigi, dan sudah beberapa kali mengalami sakit gigi. Usut punya usut, ternyata ada masalah dengan gigi geraham yang nggak tumbuh secara sempurna.

Coba dulu rajin cek gigi, pasti bisa diantisipasi dari jauh-jauh hari, bukan? Saya sudah terbiasa buat mengobati, sih, daripada mencegah. Lagipula, nggak ada pakem, seberapa sering harus cek rutin ke dokter gigi. Baru kalau ada keluhan, langsung lari ke dokter gigi.

Sebenarnya, berapa bulan sekali ya waktu ideal untuk cek rutin ke dokter gigi?

Bagi kamu yang memang nggak rentan mengalami keluhan pada gigi  dan gusi, datang sekali dalam setahun ke dokter gigi pun nggak masalah. Jadi, dokter bisa memeriksa kondisi gigi dan gusimu. Bisa sekalian buat membersihkan plak gigi. 

Mengapa orang yang giginya sehat tetap harus ke dokter? Karena dokter bisa melihat gejala penyakit yang mungkin nggak terlihat olehmu. Bagaimana pun, perawatan dokter gigi itu tetap diperlukan.

Ini sama banget dengan keadaanku, udah gigi bolong, tapi malas kedokter gigi.  Duh serasa kayak anak kecil ini.  Perasaan takut untuk memeriksakan gigi seperti membayangi terus.  Apa nanti mesti dibedah, apakah harus dibius, dan segala apakah-apakah pertanyaan yang terus menjadikan aku takut kedokter gigi.

Beruntung, aku bersama teman-teman blogger bisa ikut workshop/ talkshow seputar kesehatan gigi bersama Global Estetik.  Yang kali ini mengangkat tema :

"Smile'.
It's a Beautiful Day"

Talshow kali ini digagas selain untuk membahas seputar kesehatan gigi, juga dalam rangka launching Global Estetik cabang Pondok Indah, dengan Keynote Speaker :
1. drg. Arnof, ST ( Founder Global Estetik )
2. drg. Sitti Ashari ( Dokter Gigi )

                       
                         Blogger's party

Talkshow ini di selenggarakan pada hari sabtu, 26 Januari 2019, pukul 09.00 - 12.00 WIB dan bertempat di Meeting Room
Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan.

Sekilas Tentang Global Estetik

drg. Arnof, ST  selaku Founder Global Estetik, menjelaskan bahwa  Global Estetik adalah Divisi Pemasaran Digital Bagi Praktek Dokter Gigi dan Klinik Gigi yang tergabung dalam Jaringan Pemasaran bersama, serta memberikan Informasi Kesehatan kepada Masyarakat yang berkaitan dengan Kesehatan Gigi dan Mulut.

                     
                          drg. Arnof, ST

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting dimana tanpa disadari banyak kasus-kasus penyakit sistemik yang di sebabkan oleh adanya kerusakan atau kondisi gigi dan mulut yang tidak terawat.
Global Estetik berdiri sejak tahun 2007 lalu, kini Global Estetik semakin banyak dikenal masyarakat luas dengan jangkauan pelayanan yang semakin luas. Global Estetik memiliki beberapa pelayanan bagi pasien diantaranya memutihkan gigi, kawat gigi, gigi veneer, gigi palsu dan scalling.

                     
                ruangan pemeriksaan gigi
            di salah satu cabang global estetik
           Foto. global estetik

Sejak mulai berdiri di tahun 2007, untuk pertama kalinya Global Estetik memiliki Cabang Pertama yang berlokasi di Gedung Griya Buana Lantai 2 yang berada di kawasan Depok. Hingga kini terhitung sekitar 10.000 pasien sudah dilayani oleh Global Estetik. Dengan memiliki 6 cabang serta kemitraan yang berada di Jakarta Selatan,  Depok, Bandung, dan Jakarta Timur.

                       
           para dokter gigi di global estetik

Global Estetik memiliki tagline dalam pelayanannya yaitu disiplin, transparan dan bertanggung jawab.
Global Estetik adalah jawaban dari berbagai permasalahan tersebut karena sudah terbukti terpercaya, berkualitas dan didukung oleh dokter gigi profesional. Semua jadi mudah di Global Estetik.

drg. Sitti Ashari ( Dokter Gigi ), menjelaskan tentang mitos - fakta seputar kesehatan gigi.   Bahwa gigi indah dan gigi sehat bisa dilihat apakah gigi itu bersih, rapi, tidak ada pembusukan, tidak berbau, tidak ada gigi yang copot/hilang, tidak berkurang warnanya dan masih banyak yang lainnya. Dengan adanya ini, gigi yang sehat dan gigi yang indah membuat kita bisa tersenyum lebar. 

                       
                         drg. sitti ashari

Mitos - Fakta itu antara lain :

1.  Gula adalah musuh terbesar gigi? Ya ini adalah fakta bahwa gula merupakan musuh terbesar bagi gigi. Zat gula di dalam rongga mulut akan menjadi "makanan" bagi bakteri dan diubah menjadi asam. Asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

2. Semakin keras dan semangat menyikat gigi, maka gigi akan semakin bersih ?
Mitos dong!  Karena terlalu keras saat menyikat juga bisa mengakibatkan gigi sensitif. Cara yang benar menyikat gigi adalah memegang sikat dengan kemiringan 45 derajat, lalu gosok bergantian ke depan dan belakang dengan gerakan memutar.

3. Benar gak? Mencabut gigi bagian atas bisa menyebabkan kebutaan?
Kepercayaan yang berkembang di masyarakat adalah bahwa mencabut gigi, terutama gigi atas, dapat mempengaruhi mata atau menyebabkan kebutaan. Tentu saja hal itu hanya mitos belaka. Pencabutan gigi tidak menyebabkan kebutaan, dan karenanya tidak perlu dikhawatirkan.
Pencabutan gigi yang dilakukan sesuai dengan prosedur (termasuk pasien yang bersikap kooperatif dalam mematuhi larangan dokter gigi setelah pencabutan), maka tidak akan menimbulkan efek negatif atau berbahaya bagi tubuh.

4. Gigi ompong membuat wajah terlihat lebih tua?
Ompong pada gigi depan menyebabkan penciutan dan penghilangan tulang penyangga gigi depan. Saat tulang tersebut menghilang, maka wajah jadi tampak peyot. Hal ini berdampak pada tampilan wajah yang jadi lebih tua daripada umur yang sebenarnya.

5. Sariawan juga disebabkan karena stress?
Tanpa disadari, stres, perasaan cemas bisa memicu munculnya sariawan di mulut. Begitu pula saat seseorang sering emosi atau menghadapi masalah yang belum ada jalan keluarnya.

6. Kesehatan gigi dan mulut cerminan kesehatan tubuh? 
Keadaan yang tergambar dari kesehatan mulut , menyediakan berbagai data yang berhubungan dengan keadaan di dalam tubuh anda secara keseluruhan. Kesehatan mulut dan tubuh berhubungan erat lebih dari apa yang anda bayangkan.

Alasan kenapa harus sikat gigi di malam hari sebelum tidur ?
Rendahnya air liur antibakteri pada malam hari menyebabkan kita  lebih rentan terhadap zat-zat pemicu gigi berlubang dan penyakit gusi. Fluoride dalam pasta gigi dapat mencegah gigi berlubang.  Tanpa menyikat gigi sebelum tidur, plak pada gigi akan mengeras sehingga terbentuklah karang gigi yang menyebabkan masalah bau mulut serta gusi berdarah.  Zat aktif yang ada pada pasta gigi dan obat kumur dapat mengalami waktu perlekatan yang lebih baik terhadap gusi.  Bakteri berbahaya yang ada pada rongga mulut adalah bakteri anaerob, yaitu bakteri yang berkembang biak tanpa adanya oksigen. Tanpa adanya zat aktif dari pasta gigi, bakteri ini akan mengambil keuntungan dengan berkembang lebih pesat saat kita tertidur.

Karang gigi adalah penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap. Sisa makanan ini menempel pada gigi dalam jangka waktu lama hingga akhirnya mengeras membentuk karang gigi.  
Membersihkan karang gigi dilakukan dengan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Kegiatan membersihkan karang gigi ini dinamakan scalling gigi yang hanya dilakukan oleh dokter gigi. Dengan scaling gigi, karang gigi yang sangat keras sekalipun dapat hilang.
Rajin sikat gigi tidak menjamin gigi tidak bolong. Sudah menyikat gigi setiap hari, tapi gigi berlubang bertambah parah. Sepertinya ada beberapa hal yang perlu dievaluasi kembali. Untuk mengetahuinya perlu dilakukan identifikasi faktor risiko karies (gigi berubang) yang berfungsi untuk mengetahui seberapa besar risiko terjadinya gigi berlubang pada masa yang akan datang.

Bahaya memelihara sisa akar gigi.  Sisa akar gigi yang tertinggal di dalam gusi bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, misalnya pencabutan gigi yang tidak sempurna, gigi patah akibat trauma/benturan keras, ataupun karies gigi yang besar sehingga gigi menjadi rapuh. Sisa akar gigi yang tidak ditangani bisa menyebabkan keluhan bau mulut, nyeri, hingga pembengkakan di gusi, serta merupakan pencetus terbentuknya kista, bahkan keganasan.
Kebiasaan buruk yang tanpa disadari bisa membuat gigi tumbuh berantakan yaitu menghisap jari, menjulurkan lidah saat bicara, dan suka menggigit kuku.

Selain kopi, makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi menguning yaitu teh hitam, minuman manis dan soda, juice buah.

Dari berbagai mitos - fakta dan pemahaman diatas jelaslah bahwa kita harus menjaga dan merawat kesehatan gigi. Karena gigi yag sehat dan gigi indah menjadikan hari -hari kita menjadi Beautiful Day yang pada akhirnya Smile dari kita akan tercipta dengan sendirinya.
Kini kuyakinkan diriku untuk ke dokter gigi melakukan perawatan gigiku agar senyum smile ku semakin indah.

                     

             jadi pemenang post terbanyak

Apalagi saat talkshow kemarin , aku mendapatkan voucher untuk pemeriksaan gigi dan scalling di cabang yang bisa aku gunakan di cabang Global Estetik manapun.  Ditambah lagi vouchernya karena aku dinyatakan sebagai pemenang post terbanyak.  Wow senangnya!  Akan kumanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya agar gigiku bisa rapi, bersih dan sehat.  Senyum semakin menawan.
Senangnya mendapatkan gigi indah, gigi sehat, dan hariku jadi beautiful day.  Semua jadi mudah karena ada Global Estetik.

                       
             dapat voucher pemeriksaan
                        dan scalling gigi

Informasi lebih lanjut bisa kunjungi globalestetik.com Global estetik

Terima kasih

#smile
#beautifulday
#gigiindah
#gigisehat
#globalestetik
#semuajadimudah

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Ternyata sangat penting untuk cek kesehatan gigi kedokter, jadi tahu. Makasi infonya bunda

Mporatne mengatakan...

Gula memang enak dan di sukai anak kecil hingga orang dewasa. Karena penumpukan gula sehabis makan tidak di bersihkan maka terjadi tambal gigi dan tidak ada lagi kata beautiful day

Selvijua mengatakan...

Yuk ah kita scalling

Nia mengatakan...

Wah bermanfaat sekali ya infonya

Indri astuti mengatakan...

Terimakasih infonya jadi lebih banyak tahu tentang gigi yang memang jadi masalah utama dalam kesehatan