Jumat, 08 November 2019

Nivea #SentuhanIbu 2019: Melalui Mendongeng, Menstimulasi Imaginasi Anak



                       
mendongeng  nivea  #sentuhanibu

               
"Mah,  aku  mau dibacakan  dongeng  dong?  kata  Naufal  menjelang  tidurnya".

Ya  permintaan  seperti  itu  sudah  rutin  dan  seperti  wajib  setiap  Naufal  mau  tidur.   Karena  sejak  dari  dalam  kandungan,  aku  sudah  terbiasa  mengajak  bicara  janinku. Aku  percaya  setiap  apa yang  kuceritakan,  janinku  pun  ikut  mendengarkan,  dengan  aktifnya  dia  bergerak-gerak  di dalam rahim.

Dengan  mendengarkan dongeng,  Naufal  belajar berimajinasi  dari  tokoh-tokoh  yang  kubacakan /kuceritakan, sambil  sesekali  bertanya.   Keingintahuanya  begitu  besar,  inilah  yang  buat  stimulasi  anak.  Hadiah  pelukan  dan  ciuman  setelah  selesai  dongeng,  makin  mempererat  hubungan  ibu  anak.

Dunia dongeng merupakan dunia yang menakjubkan terutama bagi anak-anak. Lewat sebuah dongeng sebuah komunikasi dan kedekatan emosional dapat tercapai. Transfer nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah dongengan dapat lebih mudah dimengerti.

Bagi orang tua, mendongeng untuk anak dapat mempererat komunikasi dengan si buah hati dan meningkatkan kedekatan batin emosional antara orang tua dan anak. Banyak orangtua terlalu sibuk dengan urusannya sehingga tidak mempunyai waktu untuk mendongeng atau kalaupun ada, tidak tahu bagaimana mendongeng yang baik.  Sangatlah  disayangkan hal  ini.

Nivea mengerti  sekali  bahwa Sentuhan  Ibu yang  melalui  salah satunya  mendongeng,  menciptakan bonding  ibu  anak dan  menstimulasi  imaginasi  anak.

Untuk  itu  Nivea  menggelar  acara  yang  bertajuk  " Sentuhan  Ibu , Kelas Dongeng  bersama  Nivea  dan  Ayo Dongeng  Indonesia.

Acara  yang  berlangsung pada hari Jumat tanggal 1 November 2019 di D.Lab CoHive
Jl. Riau No.1, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, semakin  menambah  ilmu  parenting bagi para  orangtua  yang  hadir.   Dan senangnya  saya  menjadi  salah  satu  yang  berkesempatan  ikut  acara  ini.   Menghadirkan  narasumber :
• Brigitta Dewi Pricillia ( Brand Executive NIVEA Body and Creme)
• Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi. ( Psikolog)
• Mochamad Ariyo  Faridh Zuni ( Kak  Aio  ) , Pendiri  Komunitas  Ayo Dongeng  Indonesia


                     
kelas  mendongeng  persembahan  nivea  #sentuhanibu  bersama  ayo  dongeng  indonesia 


Brand Executive NIVEA Body and Creme, Brigitta Dewi Pricillia menyampaikan  bahwa saat ini kegiatan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan oleh para ibu. Menariknya, meskipun mengaku mengetahui bahwa mendongeng baik untuk tumbuh kembang anak, namun para ibu masih belum percaya diri untuk mendongeng karena merasa kurang imajinatif dan kreatif, sebagai kelanjutan dari kampanye #SentuhanIbu 2018, di tahun 2019 ini  Nivea pun mengajak para ibu dan anak untuk saling menstimulasi daya imajinasi masing-masing melalui kegiatan mendongeng.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M.Psi. menyampaikan  bahwa mendongeng tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan kemampuan otak, namun juga dapat memperat ikatan emosi yang hangat dan menyenangkan.  Disini ibu memainkan peran penting sebagai pendamping yang membantu anak meningkatkan daya imajinasinya. Dengan berimajinasi bersama anak saat mendongeng, ibu dapat membangun komunikasi dan kedekatan dengan anak. Selain itu, ibu juga bisa memanfaatkan kegiatan mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai positif sehingga dapat membantu membentuk karakter anak di masa depan. Anak yang memiliki daya imajinasi tinggi dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru,tumbuh menjadi ekspresif, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, memiliki banyak ide, serta memiliki konsep diri yang positif.

Dikatakan ibu Vera, saat anak memasuki masa eksplorasi dan imajinasi, anak-anak akan selalu tertarik dengan dongeng. Khususnya jika disampaikan dengan cara yang tepat. Menurut Vera, usia paling efektif untuk membiasakan membacakan dongeng memang perlu dimulai sejak dini, mulai 0 hingga 5 tahun.

Tidak perlu menjadi pendongeng yang profesional bila ingin dongengan bunda dapat diterima oleh anak , cukup mengetahui beberapa teknik mendongeng yang baik agar sebuah komunikasi dan kedekatan emosional dapat tercapai lewat dongengan kita.

Lebih  lanjut  Kak  Aio mengatakan  bahwa banyak manfaat mendongeng, dan banyak juga cara mendongeng yang menyenangkan tidak hanya dengan sekedar membacakan buku cerita tetapi bisa dipadu padan dengan alat musik yang juga bisa melatih audi visual sang anak dan menjadi lebih menyenangkan.

Berikut beberapa tip yang harus bunda ketahui:

•Ada banyak buku atau artikel tentang cerita rakyat atau sumber berita yang kita lihat dan dengar di media masa, cukup dipahami inti atau topik cerita (pakem) kemudian kita kembangkan sendiri. Jikalau tidak mampu, dapat membacakan sebuah buku cerita dongeng.

•Rangkaian kata dan efek suara yang disampaikan hendaknya kreatif agar tidak membosankan

•Gerak tubuh dapat mempengaruhi cara mendongeng yang baik.  Pilih jenis cerita sesuai dengan umur anak-anak.  Buatlah cerita dongeng tidak perlu terlalu panjang

• paling  penting  yaitu  jangan membandingkan diri kita dengan pendongeng profesional, tetap percaya diri saat mendongeng.

Tidak  ada  cerita yang  salah  dan  benar saat  kita  berimaginasi.  Disitulah  letak  kekuatan  imaginasi ( Kak Aio) 

Untuk  lebih  memahami  pentingnya bonding  time  ibu  dan  anak,  NIVEA menghadirkan program Sentuhan Ibu. Pada tahun 2019 ini NIVEA melalui NIVEA Creme Tin - krim perawatan tubuh bagi seluruh anggota keluarga yang telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi, kembali mengukuhkan komitmennya dalam membantu menghadirkan bonding time antara ibu dan anak di Indonesia mendongeng dengan menghadirkan program NIVEA Sentuhan Ibu 2019.


                     
nivea  creme


NIVEA Creme Tin  adalah merupakan pelembab ikonik dari NIVEA yang diperkaya dengan Eucerit® yang berfungsi melindungi kulit, menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu. Sebagai pelembab harian untuk kulit wajah dan tubuh, NIVEA Creme Tin telah diuji secara dermatologis aman untuk orang dewasa serta anak-anak.

Melalui  #SentuhanIbu 2019, Nivea  sudah  berpartisipasi dalam  acara  Festival Dongeng Internasional Indonesia  2019 yang  diadakan  tanggal 2-3 November  2019 lalu DIY Museum  Nasional Indonesia, Jakarta.

Rangkaian  program  ini  akan  semakin  seru  bagi para ibu dan anak yang berikan  oleh  NIVEA yang akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Ibu di bulan Desember mendatang,  yaitu sebuah acara seru hasil kolaborasi Wahana Interaktif dengan teknologi video  mapping dan juga beberapa misi yang bisa dilakukan oleh ibu dan anak dengan usia 6-9 tahun di Allianz Ecopark Ancol.

Bunda  bisa  lihat informasi selengkapnya di akun instagram @nivea_id untuk menjadikan momen mendongeng lebih menyenangkan dengan Sentuhan Ibu.

Selamat  mendongeng  Bunda!

   

Nivea  #SentuhanIbu 2019

Tidak ada komentar: