Sabtu, 21 Maret 2020

Lactogrow Mendukung Si Kecil Grow Happy


                       

Halo Moms, bagaimana khabarnya? Semoga Moms dan sikecil dalam keadaan sehat dan selamat yah aamiin.  Semoga di ilrumah aja karena pandemi Covid19 tidak menyurutkan kita untuk tetap semangat beraktivitas yah .

Namun apakah aktivitas yang kita lakukan sudah membuat anak kita bahagia? Apakah malah anak merasa bosan, kecewa karena tidak bisa bermain bersama teman temannya seperti biaaa? Tentunya kita sebagai Moms yang wajib berperan menciptakan kebahagiaan itu.

Jika ditanyakan pada ibu apa arti kebahagiaan anak bagi dirinya.  Akan menjawab bahwa kebahagiaan anak adalah segalanya.  Karena anak yang bahagia akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kebahagiaan anak pasti menjadi harapan dan motivasi banyak orang tua.  Gaya  pengasuhan yang menyenangkan sangat penting dalam terciptanya kebahagiaan seorang anak.  Anak yang bahagia akan tumbuh menjadi pribadi yang positif, lebih mudah bergaul dan diajak bekerja sama, termotivasi untuk belajar, serta memiliki empati yang besar. 

Salah satu hal yang membuat anak bahagia bukan karena aktivitasnya, tetapi peran serta atau kebersamaan dengan orangtuanya lah berperan penting.

                       


Dalam rangka merayakan Hari Kebahagiaan Internasional yang jatuh setiap 20 Maret, Nestlé LACTOGROW mengajak para orang tua untuk memastikan buah hati mereka merasa bahagia dalam setiap proses tumbuh kembang agar anak mereka dapat tumbuh bahagia (Grow Happy) dengan mengadakan Live Talk bersama media dan blogger.

Menurut Ayoe P. Sutomo, Psikolog anak Ayoe P. Sutomo, M.Psi, Psikolog, CGA  dari Tiga Generasi bahwa ada beberapa ciri anak bahagia, antara lain memiliki ekspresi dan gesture yang positif, punya tumbuh kembang yang baik, aktif, rasa ingin tahunya tinggi, serta mampu menelepon dengan cara yang tepat.

                       


Lebih lanjut Psikolog anak Ayoe P. Sutomo, M.Psi,  menjelaskan,yaitu beliau  percaya bahwa anak yang merasa bahagia dalam proses tumbuh kembangnya akan mempunyai rasa percaya diri, lebih mandiri, mudah bersosialisasi, dan bekerja sama dengan lebih baik. Rasa bahagia juga membuat anak lebih termotivasi belajar sehingga lebih berprestasi, mempermudah orang tua untuk menanamkan nilai-nilai keluarga yang positif, berpikir lebih optimis dan positif, serta lebih mudah berempati dan membantu orang lain.

Namun demikian, hasil survei yang dilakukan oleh Tiga Generasi menyatakan bahwa orang tua di Indonesia ternyata belum menjadikan kebahagiaan sebagai prioritas dalam pola asuh. Survei yang dilakukan kepada lebih dari 1.400 responden orang tua yang tersebar di beberapa kota Indonesia tersebut menunjukkan bahwa :
1. 93% responden belum memprioritaskan kebahagiaan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.
2.  75% anak bahagia dengan ciri anak mudah tersenyum.
3. 66% sumber kebahagiaan anak berasal dari orang tua

Psikolog Ayoe juga menjelaskan, “Untuk mendukung si Kecil tumbuh bahagia, maka kebahagiaan perlu dibangun sejak dini oleh orang tua, di antaranya dengan menerapkan rutinitas harian sejak usia dini dan membangun hubungan yang berkualitas dengan orang tua.

Kehadiran, dukungan serta kualitas hubungan dengan orang tua terbukti menjadi faktor paling mendasar untuk kebahagiaan anak.

Faktor kebahagiaan anak :
• Happy parent
• Genetik
• Waktu bermain
• Mengelola emosi
• Lingkungan kondusif
• Gizi dan nutrisi.

Nutrisi Sebagai Dasar Bahagia

Pencernaan sering disebut sebagai " otak kedua " .  Saat anak mengkonsumsi makanan bergizi dan berserat, maka mikroba dalam pencernaan menjadi seimbang yang akan menjaga mood anak ,terhindar dari kecemasan.

Membangun interaksi berkualitas dan seimbang dengan cara mengontrol dengan anak, waktu bermain ditemani , sering memeluk anak yang membuat anak merasa bangga dan percaya diri juga merasakan disayangi.

"Terkait, meski waktu Moms panjang di rumah, belum tentu anak bahagia kalau mamanya setiap hari ada dirumah tapi sibuk sendiri atau tidak terlibat."  Beberapa aktivitas yang bisa membuat lebih banyak terlibat dengan anak, misalnya mengutamakan kontak mata, serta membuat anak merasa paling penting. "Berikan perhatian khusus.  Jika punya anak lebih dari satu, siapkan waktu khusus untuk masing-masing.

                       



Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menambahkan bahwa faktor kesehatan juga memiliki peranan penting dalam mendukung tumbuh si Kecil tumbuh bahagia, terutama kesehatan saluran cerna.  80% sistem imun ada di usus.  “Saluran cerna yang sehat akan membantu penyerapan nutrisi dengan baik dan mendukung daya tahan tubuh si Kecil sehingga tidak gampang sakit serta dapat mempengaruhi mood dan perkembangan kognitif untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan saluran cerna adalah dengan menjaga keseimbangan mikrobiota di dalamnya, yang dapat dilakukan dengan cara pemberian asupan probiotik terutama Lactobacillus reuteri yang aman dan teruji secara klinis bermanfaat bagi pencernaan.”

                         


Brand Executive Nestlé LACTOGROW Pramudita Sarastri , mengatakan bahwa bedasarkan hasil survey  yang menyatakan bahwa 93% responden belum memprioritaskan kebahagiaan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil,  ini adalah salah satu alasan Nestle Lactogrow untuk terus menjalankan kampanye Grow Happy yang sudah dilakukan sejak 2017 sebagai bentuk komitmen Nestlé LACTOGROW untuk bersama-sama dengan para orang tua mendukung anak untuk tumbuh bahagia dalam proses tumbuh kembangnya. Di tahun 2020 ini, Nestle Lactogrow juga menghadirkan Grow Happy Club, program loyalitas dari Nestlé LACTOGROW yang menyediakan ragam informasi untuk membantu orang tua memastikan tumbuh kembang optimal si Kecil serta berbagai program menarik dari Nestlé LACTOGROW.

                       


Dalam acara Live Talks tersebut,  Sandra Dewi, salah satu celebrity mom, juga berbagi pandangannya terhadap pentingnya peranan kebahagiaan dalam tumbuh kembang sang anak.  Beliau percaya bahwa anak yang bahagia dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal. Walaupun saya sering disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, saya selalu berusaha untuk memberikan asupan yang bergizi untuk anak, di samping itu, saya dan suami selalu menyisihkan waktu berkualitas bersama anak dan berusaha melakukan kegiatan bersama-sama.

                         


Sandra yang dulu senang jalan-jalan pun, kini lebih memilih di rumah jika tidak ada kegiatan.  Karena menurutnya momen saya sama anak adalah kunci kebahagiaan hidupnya sekarang. Jadi, Sandra selalu berharap anak senang yang penting bahagia.

"Jangan terlalu banyak menunggu, enggak boleh dimarahin. Harus ngomong baik-baik, agar dia tetap bahagia. Ketika dia bahagia, kita melihat banyak hal-hal positif yang bisa dia dapati," - Sandra Dewi

Jadi bagaimana Moms? Yah benar.. momen kita  bersama anak adalah kunci kebahagiaan hidup kita sekarang.
Kebahagian adalah fondasi tumbuh kembang anak. Dan orang tua adalah awal dan sumber kebahagiaan anak.

Kebahagiaan merupakan dasar perkembangan yang  penting karena menjadi faktor yang  akan memengaruhi kesehatan mental, prestasi akademik, kemampuan sosial, cara berpikir, sampai tingkat spiritualitas seseorang.

                         



15 komentar:

Indri astuti mengatakan...

Memang tak mudah ya nahan emosi kala mendidik anak walau abis marah pasti ada rasa nyesel hihi. Bonding bahagia dengan anak memang sangat penting

hendro mengatakan...

Anak adalah generasi penerus harus kita berikan yang terbaik buat mereka karena kebahagian anak adalah kebagian orangtua juga...makasih sharenya dapet ilmu baru lagi..

Nia mengatakan...

Infonya bagus banget Bun, langsung tertampar aku nih, makasih banyak yah..

Tuty Queen mengatakan...

Aku ingat banget ortu pernah bilang kalau anak bahagia berpengaruh dengan tumbuh kembang nya termasuk kecerdasannya..

steffifauziah mengatakan...

Masyaallah ilmu banget ini ilmunya mba, bagus ya diterapkan ke anak supaya kalau kasih tau itu baik-baik enggak pakai marah-marah. terima kasih mba sharingnya.

Annafi mengatakan...

Agar anak bisa semangat beraktivitas dan bermain, nutrisi dan gizinya harus terjaga ya mba. Jadi lebih tahu tentang parenting nih 😃

www.grandysofia.com mengatakan...

kalo anak-anak udah happy sih bisa terlihat karena memang sistem pencernaannya bagus ya mba, apalagi dengan Lactogrow ini

Yulinda mengatakan...

Anak bahagia pasti orang tua juga ikut bahagia ya bun, apa lagi liat tumbuh kembangnya yang makin hari makin cerdas

Nurhilmiyah - author of www.fadlimia.com mengatakan...

Waahh Hari Kebahagiaan Internasional jatuh setiap 20 Maret ya, untung saya baca artikel ini jd tau deh hehe... Keren banget deh Nestle Lactogrow ini, mendukung anak2 grow happy ya Mom

Fenni Bungsu mengatakan...

Bahagiakan si kecil yang kebahagiaannya itu ternyata dapat dilihat dari sistem cernanya yang sehat

Mutia Nurul Rahmah mengatakan...

memang udah saatnya mendukung tumbuh kembag si kecil secara seimbang. thx infonya mba

Arda Sitepu mengatakan...

Ketika orang tua bahagia maka anak pun ikut bahagia ya mbak. Jadi pertumbuhan dan perkembangannya tidak terganggu.

Hanat Futuh mengatakan...

Tumbuh kembang si kecil memang harus didukung sepenuhnya, biar optimal ya bund

Alfi Fanni mengatakan...

Untuk nutrisi anak aku gak pernah coba-coba. Mencari kelengkapan gizinya penting banget. Untung ada lactogrow yg memenuhi segalanya

Faradila Putri mengatakan...

Wah ternyata sumber kebahagiaan anak anak itu dari orang tua ya. Jadi terharu dan pengen memberikan yang terbaik buat anak :")