Selasa, 11 Juni 2019

Tips Mudik Sehat dan Aman 2019 - Bertemu Keluarga Dan Bersilaturahmi Dengan Selamat


                       
ngabuburit sehat


Lebaran??? Mudik???

Pulang kampung merupakan agenda tahunan rutin yang ga bisa ditinggalkan bagi para perantau termasuk juga aku dan keluargaku.

Memang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tidak bisa dipisahkan dengan pulang kampung atau sering disebut dengan istilah MUDIK. Mudik pasti merupakan salah satu momen atau pengalaman yang sangat berkesan bagi sebagian besar para perantau muslim.

Jutaan umat Muslim yang berada di perantauan pasti selalu berusaha buat mudik supaya dapat berkumpul dengan keluarga, kerabat dan temen2 sekampung atau bahkan temen sekolah. Beragam cara dilakukan, asalkan  bisa pulang kampung. Berkendara dengan motor, mobil pribadi rela ditempuh meskipun berjam-jam terkena macet.  Bagi yang tidak mempunyai kendaraan pribadi, banyak yang menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kapal laut, kereta api, bus bahkan travel juga bisa dijadikan alternatif buat mudik.

                     
foto bersama di acara ngabuburit sehat


Beberapa waktu lalu, aku berkesempatan mengikuti acara Ngabuburit Sehat 
bareng Menkes dan Menhub  dengan tema :

 " mudik aman, selamat, sehat sampai tujuan"

Pada kesempatan kali ini Ibu Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) ,Menteri Kesehatan RI mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, dengan adanya perbaikan-perbaikan fasilitas yang jauh perbedaannya.  Seperti :
1.  Membeli tiket kereta  sekarang bisa secara online.
2.  Sarana dan prasarana penunjang lebih baik.
3. Bandara juga lebih bagus pelayanannya, sehingga penumpang pesawat meningkat sebesar 2 persen. 
4. Pelabuhan laut diharapkan lebih baik lagi.

Ibu Nila juga mengatakan bahwa pengawasan terhadap penjualan makanan terus dilakukan seperti melakukan pembinaan kepada penjual makanan diterminal. Menyiapkan makanan yang terjamin bersih.   Juga kamar mandi, tempat sholat di area terminal dipastikan bersih, sehingga para pemudik  merasa nyaman.

                       

                       
Beberapa tips mudik agar sehat, aman, selamat sampai tujuan :

1. Periksa kesehatan badan agar fit saat mudik.  Cek kendaraan juga biar mudik tetap aman.
2. Saat mudik pastikan ikut jaga ketertiban juga.
3. Jangan jadikan rest area sebagaitempat wisata. Nanti bisa terjadi kepadatan di rest area, dan mengganggu kenyaman pemudik lainnya.  Sebaiknya wisata kota dilakukan pada jalur mudik yang dilalui.
4. Mudik menggunakan motor dinikmati saja, jangan terburu-buru dan tetap fokus.
5. Tidak boleh mudik dengan menggunakan motor bonceng 3 atau malah 4, demi keselamatan
6. Selama perjalanan mudik, jangan mengkonsumsi sembarangan. Cek kebersihannya terlebih dahulu.  Jika membawa balita harus ekstra hati-hati.
7. Jangan main handphone saat berkendara, sangat berbahaya.

                     


Ditjen Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa saat ini terus terjadi peningkatan perbaikan sarana dan prasarana. Sehingga perjalanan mudik aman, sehat, selamat sampai tujuan.

Menteri Kesehatan, Ibu Nila Moeloek mengingatkan untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi. Tetap konsumsi buah, sayur dan air yang cukup. Bagi yang tetap puasa, tetap jaga kondisi dengan makanan sehat.

Mudik tahun 2019 ini Kemenkes RI menyediakan 6.047 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyakes) yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia. Jadi, apabila pemudik merasa tidak enak badan. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasyankes.

Bagi para pemudik menggunakan kendaraan pribadi, jalan tol akan melakukan satu arah tanggal 30 mei -9 juni 2019.
                     
Mudik bersama juga salah satu upaya dari Kemenkes RI untuk mengurangi kemacetan saat dijalan raya.

Perjalanan jauh saat mudik jangan sampai bikin kebugaran apalagi kesehatan tubuh kamu menurun! Workout ringan bisa dilakukan saat kamu berada di perjalanan, lho.

Nah jangan lupa nih, bahwa penyebab kecelakaan no. 1 saat mudik adalah mengantuk.  Jadi gunakan rest area setelah 3-4 jam menyetir.  Di rest area area ini bisa tidur sejenak,  sambil mengisi BBM, juga bisa sambil makan dan minum sambil melepas lelah.

Owh iya untuk kamu yang mudik menggunakan transportasi umum ada baiknya tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan,  karena itu akan mengundang bahaya bagi diri kita sendiri.

Tips sehat selama mudik ini juga bisa diterapkan lho! 

1. Perjalanan mudik biasanya cukup lama dan melelahkan. Istirahat dan tidur yang cukup di rest area akan memulihkan energi kita sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
2. Minum air putih yang cukup untuk imbangi cairan tubuh kita dan menghindari dehidrasi. Jaga juga asupan makanan sehat supaya badan tetap fit.
3. Lakukan olahraga ringan supaya tubuh tetap segar, bugar, dan mengurangi rasa pegal juga boleh dicoba ya,

                     


Sudah bersiap untuk bertemu keluarga di kampung halaman? 
Kuingatkan lagi ya..
Pastikan perjalanan mudikmu berjalan aman, sehat dan lancar .
Jaga kondisi kesehatan tubuhmu, pastikan dalam keadaan prima. Ingat ya, bukan hanya kesehatan kendaraan yang perlu dicek tapi kesehatan badan dan mental juga!

Selamat bertemu keluarga di rumah yah!

2 komentar:

hendro mengatakan...

mantap...makasih masukannya

hendro mengatakan...

mantap makasih masukannya