Kamis, 15 Desember 2022

Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Listrik Otonom di Kawasan BSD Green Office Park BSD City

                 


Sinar Mas Land, dengan dukungan tim manajemen yang solid dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui  BSD City Development)

Sebagai pengembang properti, Sinar Mas Land berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya.  Hal ini diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan 'The Breeze',  jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun.

BSD City, sebuah kota yang dijuluki Smart City yang menarik minat pengunjung untuk selalu datang lagi ini dapat menjadi contoh bagi kawasan lain untuk mulai menanamkan konsep pembangunan kota yang hijau dan ramah lingkungan.

Dengan konsep kota yang ramah lingkungan, di tahun 2022 ini Sinar Mas Land semakin menegaskan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan berbagai inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan lewat pengoperasian Autonomous Electric Vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City.


Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Listrik Otonom di Kawasan BSD Green Office Park BSD City

               

Navya Autonom

Sinar Mas Land terus melakukan terobosan demi terobosan untuk mentransformasikan BSD City menjadi sebuah kota pintar terintegrasi, salah satu yang sudah dilakukan adalah kendaraan dengan menghadirkan fasilitas listrik otonom sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup, sesuai peran teknologi yang menjadi salah satu ciri Smart City.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu. 

Untuk selanjutnya uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada tanggal 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.  Perkembangan ekosistem kendaraan listrik otonom ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon.

Kehadiran teknologi ini sejalan dengan visi hijau kawasan GOP yang telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Selain itu, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). 

Sangat membanggakan karena upaya ini pun mendapat perhatian dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  Beliau menilai bahwa dengan kendaraan listrik otonom ini dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air.  

                 

Navya Autonom 

Navya Autonom memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dimana formasi 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.  Navya dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. 

Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

                

Navya Autonom 

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan bahwa perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan.

"Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.” ujar bapak Irawan Harahap.

Pada tahap kedua, AV tetap beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun.  Namun perlu diperhatikan bagaimana syarat dan ketentuan bagi masyarakat umum atau calon penumpang yang ingin mencoba Navya Autonomus Electric Vehicles (AV) ini seperti :

  • Calon penumpang perlu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di aplikasi Apple App Store maupun Google Playstore.
  • Memiliki tinggi badan minimal 120cm

Jadi bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan memiliki tinggi badan anak minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua. 

                


Bagi saya pribadi sangat ingin bisa merasakan langsung kecanggihan teknologi berupa kendaraan listrik autopilot ini.  Kapan-kapan saat weekend atau liburan sekolah bisa ajak anak-anak juga.  Apalagi sekarang sudah dibuka Jalan bebas hambatan (Tol) Serbaraja (Serpong -Balajara yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo yang pastinya semakin memudahkan akses perjalanan saya dari Cibubur.

Semoga pemerintah dapat segera merealisasikan regulasi terkait kendaraan listrik otonom ini, sehingga teknologi tersebut dapat digunakan untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat yang tinggi tapi tetap ramah lingkungan.


2 komentar:

hendro mengatakan...

Wah keren bang nih, kapan2 pengen coba naik juga

Rayhaan Alfaro mengatakan...

Seru banget nih kalau bisa nyobain kendaraan listrik otomatis
Kapan2 kalau mau kesana pengen nyobain